Mengenal bentuk dan warna pada si kecil adalah kemampuan yang secara alami dimiliki dan kemampuan itu akan berkembang seiring dengan usia. Setiap tumbuh kembang anak berbeda begitupun usia anak dalam mengenal bentuk maupun warna juga akan berbeda. Untuk itu kita sebagai orang tua harus sabar saat mengajarinya. Secara umum di usia 1.5 tahun si kecil baru mulai mengenali persamaan dan perbedaan bentuk serta warna. Pada usia 3 tahun barulah si kecil mulai benar-benar mengenal dan menyebutkan bentuk serta warna. Kalau si kecil belum bisa melakukannya jangan khawatir bunda karena setiap anak itu unik. Tapi sudah menjadi tugas kita sebagai orang tua untuk tetap menstimulasi kemampuan anak, bagaimana caranya? Temukan Jawabannya di artikel maimelajah.com kali ini ya bunda!

#Cara mengajarkan si kecil mengenal bentuk dan warna

Ini adalah beberapa tips untuk mengenalkan bentuk dan warna pada si kecil agar lebih menyenangkan. Jangan sampai si kecil merasa terbebani saat belajar. Dan perlu kita ingat sebagai orang tua bahwa anak itu ibarat bunga, mereka akan mekar pada waktunya..

Mengenal benda sekitar

Ajaklah Si Kecil berjalan – jalan dan melihat benda-benda di sekelilingnya, misalnya mainan atau benda-benda di sekitar si kecil. Sambil melihat benda, Bunda dapat menyebutkan bentuk dan warnanya. Bunda harus melafalkan nama bentuk dan warna dengan intonasi yang jelas, sehingga Si Kecil akan tahu perbedaannya dengan lebih baik. Untuk Si Kecil yang berusia 1,5 tahun, cukup pada proses mengenal bahwa bentuk dan warna benda-benda di sekelilingnya berbeda-beda. Misalnya bentuk bola berbeda dengan mobil atau warna apel berbeda dengan warna pisang.

Melihat persamaan bentuk dan warna

Selanjutnya, ajaklah Si Kecil untuk bermain sambil mengamati persamaan bentuk dan warna benda. Bunda dapat memberi Si Kecil bola-bola warna-warni dan memintanya untuk mengelompokkan warna dengan memasukkan bola-bola yang berwarna sama ke dalam keranjang. Atau kalau di rumah tidak ada bola bunda bisa menggantinya dengan benda-benda yang lain yang mempunyai warna yang berbeda seperti tutup gelas plastik, gelas atau piring plastik yang berbeda warna tentunya. Bunda juga bisa mengajak Si Kecil ke taman bermain dan meminta Si Kecil untuk menunjuk benda yang warnanya sama dengan warna pisang, misalnya. Selain itu bila si kecil menyukai makanan bunda bisa menanyakan warna serta bentuk makanan kesukaannya.

Menyebutkan warna dan bentuk benda

Tahap berikutnya untuk si kecil yang sudah berusia 3 tahun, mintalah Si Kecil untuk mulai menyebutkan nama warna benda yang dia sukai. Misalnya menyebut bahwa warna mainannya adalah merah. Bunda juga dapat menanyakan warna benda yang sedang Bunda dan Si Kecil lihat di lingkungan sekitar.

Memperkenalkan warna melalui pensil warna

Tahap ini diperuntukkan untuk si kecil yang sudah berusia 3 tahun, dimana si kecil diberi tugas untuk mewarnai area yang kosong dan tidak diwarnai. Caranya bunda menggambar ceri warna merah tapi ada bagian ceri yang tidak diwarnai, tugas si kecil untuk mewarnai area yang kosong tersebut. Selain membantu belajar warna aktivitas ini juga membantu anak mengenal bentuk benda yang diwarnai lho. Selain itu juga bisa menghubungkan titik – titik dengan warna yang diminta. Caranya bunda buat titik – titik kemudian minta si kecil menghubungkan dengan warna ungu, disini tugas si kecil mencari pensil warna ungu dan menghubungkan garis.

#Unduh Materi

Untuk membantu anak belajar warna silakan download link ini ya bunda MATERI MEWARNAI

#Penutup

Namun perlu diingat kembali bunda semua anak unik, bila anak belum bisa jangan sampai bunda panik dan memberi punishment pada anak karena hal ini akan membuat anak trauma, teruslah beri stimulasi sampai anak bisa. Don’t compare your children and always give stimulation for their growth and development.

2 KOMENTAR

  1. What i don’t realize is actually how you are not really much more neatly-favored than you might be now. You’re very intelligent. You realize thus significantly in relation to this matter, produced me personally consider it from so many varied angles. Its like men and women don’t seem to be involved unless it is one thing to accomplish with Woman gaga! Your individual stuffs great. All the time maintain it up!

  2. I wish to express my thanks to the writer just for rescuing me from this type of instance. After exploring through the search engines and finding views which are not helpful, I figured my life was gone. Living without the approaches to the issues you’ve fixed by way of your review is a crucial case, and the kind that might have in a wrong way affected my entire career if I had not encountered your web page. Your own personal ability and kindness in handling all things was helpful. I don’t know what I would’ve done if I had not encountered such a step like this. I can at this time look forward to my future. Thanks a lot very much for this impressive and sensible guide. I will not think twice to endorse your web blog to any individual who desires guide about this matter.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini