Mengenal Home Health Care merupakan artikel yang akan maimelajah.com bahas pada kesempatan kali ini. Dimana kita harus mengenal dulu pengertian dari Home Care, dimana Home care adalah pemberian layanan kesehatan yang dilakukan di rumah pasien. Home care mengacu pada keperawatan berbasis komunitas dimana fokus keperawatan berorientasi pada kondisi individu sakit tetapi melibatkan keluarga yang merawat dan menciptakan lingkungan kondusif bagi individu sakit baik dalam keluarga maupun lingkungan komunitas. Sejarah home care dan UU kelembagaan home care di Indonesia juga dibahas dalam pokok bahasan ini.

Keperawatan berbasis Komunitas

Keperawatan berbasis komunita berfokus pada perawatan yang berorientasi pada kondisi sakit individu dan keluarga mengatur kondisi akut dan kronik pada lingkungan rumah dan komunitas

Perawatan berbasis Komunitas & Perawatan Pasien Berkelanjutan

  • Tergantung pada status kesehatan individu dan perawatan yang dibutuhkan
  • Terdapat suatu perawatan yang berkelanjutan agar situasi yang berbeda dapat mengakomodasi kebutuhan pasien yang bervariasi

Home care menurut Habbs dan Perrin 1985 :

Pengertian Home Care menurut Habbs dan Perrin (1985) merupakan layanan kesehatan yang dilakukan di rumah pasien

Sejarah Home Care

The Origin Of Home Care (1885-1889)

Home care dimulai pada saat banyak orang yang sakit parah dirawat dirumah dan rumah dijadikan sebagai tempat kerja oleh kebanyakan perawat. Kedatangan perawat dirumah dapat mengurangi beban keluarga didalam merawat anggota keluarga yang sakit

1900-1905

Perawat keluarga merebut perhatian reformator awal abad ke-20 yang prihatin akan adanya imigran, industrialisasi, dan penyalit infeksi pada orang-orang miskin.

Tujuan : merawat orang sakit, mendidik anggota keluarga tentang bagaimana merawat orang sakit dan melindungi masyarakat dari penyakit menular. Selama periode ini, banyak perawat ( terlatih / tidak terlatih ) bekerja sebagai perawata sukarela atau untuk
tugas khusus dirumah ( perawat ini tetap merawat satu pasien saja selama pasien tersebut sakit )

1909

Usaha perawatan keluarga diubah dengan adanya program pendukung pertumbuhan masyarakat melalui jawatan kesehatan dan pendidikan.

Perhatian masyarakat bergeser pada perawat komunitas. Lillian Wald “ Ibu Keperawatan Komunitas “ mendorong perusahaan Metropolitan Life Insurance agar menyewa perawat keluarga untuk merawat para pemegang kebijakan perusahaan selama mereka sakit.

1911

Metropolitan Life memutuskan untuk menawari perawat keluarga agar merawat pemegang kebijakan diseluruh negara. Hal ini diatur demi eksistensi perawat keluarga dalam memberikan perawatan.

1912

Palang Merah Amerika mendirikan bentuk pelayanan dimana perawat berkunjung kedaerah pedesaan. Agen tersebut melancarkan usaha untuk membantu cabang lokal dengan melakukan kunjungan kerumah di komunitas mereka.

1914 – 1920

Rata-rata 68 palang merah dengan program kunjungan perawat kerumah di buka setiap bulan sekali. Pada puncaknya organisasi tersebut telah membangun 2100 layanan baru lintas negara.

1925 – 1929

Asuhan keperawatan dasar rumah mencapai saat yang menentukan. Angka kematian dikota berkurang dan penyakit infeksi menurun, penyakit degeneratif menjadi penyebab kematian utama.

Namun demikian perawatan dirumah masih kalah daripada sistem pelayanan dirumah sakit yang masih mendominasi sistem pelayanan Amerika.

1930 – 1954

Pemusatan pertumbuhan rumah sakit ditujukan pada pasien yang sakit dirumah dan kurang penanganan dari perawat. Pada tahun 1952, kehidupan metropolitan menghentikan program keperawatan kunjungan rumah pada para pemegang polis asuransi yang berakibat meningkatnya biaya kesehatan serta pelayanan keperawatan palang merah ditutup

1955 – 1964

Secara bertahap sistem pelayanan keperawatan dirumah mulai lahir kembali. Perkembangan perawatan dirumah ada tiga bentuk pelayanan : berbasis rumah sakit, komunitas dan keluarga.

1965

Legislasi bidang kesehatan mulai memunculkan adanya sistem keuntungan dalam perawatan dirumah dengan dibutuhkannya keahlian para perawat primer dan ahli terapi kuratif.

Pelayanan berkembang meliputi sistem terapi, pelayanan pada kecelakaan, home maker, social woker dan ahli gizi juga ikut bergabung dalam tim perawatan dirumah yang saling berkolaborasi dengan pihak medis. Munculnya program Medicaid dan OAA (Older America Act)

1980 – 1985

Diresmikannya sejumlah agensi untuk berpartisipasi dalam “ Medicare Program “ ( Program Pelayanan Kesehatan ). Pada 1982, NAHC (National Association for Home Care) didirikan untuk bekerja sebagai American Home Care Community’s Voice Misinya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan home care dan pasien rawat inap, melindungi hak-hak caregiver, secara efektif mewakili semua home care dan hospice provider, dan tempat home care di pusat pelayanan kesehahtan.

1986 – 1989

Jumlah medicare certified home care agencies sekitar 5900 merupakan hasil dari peningkatan medicare paperwork dan kebijakan pembayaran yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Medicare mengadopsi dokumentasi dan praktek penanganan tuntutan yang biasa dibuat tidak pasti diantara agencies tentang pelayanan apa yang harus diberikan sehingga timbul “ chilling effect “

1990 – 1997

Perawatan pasien dirumah diasumsikan sebagai tempat yang lebih signifikan dalam sistem pemberian asuhan kesehatan kita. Pelayanan dibayar langsung oleh pasien dan anggota keluarga atau melalui beberapa sumber publik atau pribadi. Pada 1992, NHAC didirikan oleh Lou Harris and Associates, yang mana 80 % penduduk Amerika mengetahui tentang home care dan didukung perkembangannya dengan program federal.

Pada 1997, home care berlanjut menjadi layanan industri yang meningkat cepat dan luas. Mendekati 82 % dari semua sekolah medis terakreditasi saat ini menawarkan pelatihan home health care dalam kurikulumnya.

Unduh Materi

Terima kasih sudah mampir di artikel Mengenal Home Health Care. Dan untuk materi lengkapnya tentang Mengenal Home Health Care dapat di unduh pada link berikut ini : materi homecare

Artikel SebelumnyaKonsep Dasar Askep Keluarga
Artikel SelanjutnyaAsuhan Keperawatan Keluarga Hipertensi
Salah satu Perawat di RSU yang ada di Bali dan Hobby suka Menulis

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini