Mengenal Meningitis pada Anak

Mengenal Meningitis pada Anak merupakan artikel yang akan maimelajah.com bahas pada kesempatan kali ini. Penyakit Meningitis adalah suatu infeksi/ peradangan dari meninges, lapisan yang tipis/encer yang mengepung otak dan jaringan saraf dalam tulang punggung, disebabkan oleh bakteri, virus, riketsia, atau protozoa, yang dapat terjadi secara akut dan kronis. Meningitis ini ditandai dengan adanya sel darah putih pada cairan serebro spinal. Penyebab dari penyakit meningitis dikategorikan menjadi 2 yaitu penyebab infeksius dan penyebab non infeksius. Meningitis dikategorikan menjadi 2 yaitu meningitis serosa dan meningitis purulenta. Gejala dari meningitis adalah sakit kepala, kejang, kaku kuduk, mengalami foto fobia dan bahkan mengalami letargi serta penurunan kesadaran.

Mengenal Meningitis pada Anak

Definisi

  • Meningitis adalah suatu infeksi/peradangan dari meninges,lapisan yang tipis/encer yang mengepung otak dan jaringan saraf dalam tulang punggung, disebabkan oleh bakteri, virus, riketsia, atau protozoa, yang dapat terjadi secara akut dan kronis. (Harsono, 2003)
  • Meningitis adalah inflamasi akut pada meninges dan CSF (Wong, 2003)
  • Meningitis adalah suatu reaksi keradangan yang mengenai dan sebagian atau seluruh selaput otak (meningen) yang melapisi otak dan medula spinalis, yang ditandai dengan adanya sel darah putih dalam cairan serebrospinal.
  • Jadi meningitis adalah infeksi pada selaput otak yang ditandai adanya sel darah putih pada LCS

Etiologi

Penyebab dari penyakit meningitis dikategorikan menjadi 2 yaitu :

  1. Non infeksius
    • Keganasan (leukemia, limfoma, metastase)
    • SLE
    • Hipersensitifitas obat
    • Agen kimia
  2. Infeksius 
    1. Meningitis Kriptikokus, meningitis yang disebabkan oleh jamur kriptokokus. Jamur ini bisa masuk ke tubuh kita saat kita menghirup debu atau tahi burung yang kering.
    2. Viral meningitis, meningitis yang disebabkan oleh virus herpes dan virus penyebab flu perut. termasuk penyakit ringan. Gejalanya mirip dengan sakit flu biasa, dan umumnya si penderita dapat sembuh sendiri. 
    3. Bacterial meningitis (purulenta), penyebab meningitis bakteri menurut organisme penyebab dan umur  :
      • Neonatus (0 – <1 bulan)  : listeria, streptokokus grup B
      • Bayi dan prasekolah (1 – < 6 tahun) : haemofilus influenza, meningokokus
      • Dewasa muda (12 – 18 tahun)  : pneumokokus, meningokokus
      • Dewasa (> 18 tahun)  : pneumokokus, meningokokus stafilokokus, streptokokus, listeria.
    4. Meningitis Tuberkulosis Generalisata, reaksi keradangan selaput otak akibat komplikasi bakteri TBC

Klasifikasi 

Meningitis dibagi menjadi 2 golongan berdasarkan perubahan yang terjadi pada cairan otak, yaitu :

  1. Meningitis serosa, adalah radang selaput otak araknoid dan piameter yang disertai cairan otak yang jernih. Penyebab terseringnya adalah Mycobacterium tuberculosa. Penyebab lainnya lues, Virus, Toxoplasma gondhii dan Ricketsia.
  2. Meningitis purulenta, adalah radang bernanah arakhnoid dan piameter yang meliputi otak dan medula spinalis. Penyebabnya antara lain : Diplococcus pneumoniae (pneumokok), Neisseria meningitis (meningokok), Streptococus haemolyticuss, Staphylococcus aureus, Haemophilus influenzae, Escherichia coli, Klebsiella pneumoniae, Peudomonas aeruginosas

Penutup

Demikian penjelasan singkat mengenai Mengenal Meningitis pada Anak. Semoga artikel Mengenal Meningitis pada Anak dapat membantu teman-teman mempelajari penyakit Meningitis pada Anak. Dan Materi lengkap tentang artikel ini bisa di Unduh pada link dibawah ini. Terima Kasih

Unduh Materi

Materi lengkap Patofisiologi dan juga pathway meningitis dapat di unduh pada link berikut ini : Meningitis.doc

Dexta

Salah satu Perawat di RSU yang ada di Bali dan Hobby suka Menulis

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: