Melahirkan adalah peristiwa lahirnya bayi dari dalam rahim ibu, peristiwa ini sangat besar artinya terutama bagi ibu. Karna dari itu maimelajah.com akan mencoba mengupas tentang Persiapan Persalinan atau Melahirkan. Dimana persalinan merupakan waktu yang sangat menyenangkan sekaligus mendebarkan buat ibu. Menyenangkan karena selama 9 bulan ibu menunggu datangnya si buah hati dan akhirnya sekarang si buah hati akan lahir ke dunia, mendebarkan karena proses persalinan merupakan perjuangan berat, pertaruhan nyawa ibu untuk kelahiran si buah hati.

Lahirnya buah hati tidak selamanya berlangsung lancar terkadang ibu harus mengalami persalinan yang sulit dan melelahkan, oleh karena itu diperlukan persiapan dalam menghadapi persalinan. Kesiapan itu meliputi kesiapan fisik, psikis dan intelektual. Persiapan fisik meliputi keadaan fisik ibu menjelang persalinan, psikis juga perlu dipersiapkan sehingga ibu tidak terkena sindrome baby blues pasca persalinan, begitu pula pengetahuan harus ibu siapkan sehingga ibu akan tenang dan tidak khawatir dengan perubahan-perubahan yang terjadi menjelang persalinan.

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai Persiapan Persalinan atau Melahirkan. Ayo kita simak penjelasan di bawah ini :

Persiapan persalinan secara bio/fisiologis

  1. Semakin meningkat umur kehamilan, ibu semakin merasakan pergerakan-pergerakan bayi. Perut ibu semakin membesar, pergerakan ibu semakin tidak bebas, ibu merasakan tidak nyaman.
  2. Kadang-kadang ibu mengalami gangguan kencing, kaki bengkak
  3. Kondisi otot panggul dan otot jalan lahir mengalami penekanan
  4. Keluarnya bayi itu sebagian besar disebabkan oleh kekuatan dan kontraksi otot-otot dan sebagian lagi oleh tekanan dari perut.
  5. Kontraksi dari otot uterus dan pelontaran bayi keluar amat dipengaruhi oleh sistem syaraf simpati, parasimpatis dan syaraf lokal pada otot uterus

Persiapan Psikologis

  1. Ada perbedaan yang dialami ibu yang satu dengan yang lain
  2. Pada minggu-minggu terakhir menjelang persalinan bayinya, ibu banyak dipengaruhi oleh perasaan/emosi dan ketegangan
  3. Ibu merasa cemas dapat lahir dengan lancar, sehat atau cacat
  4. Adanya dukungan moral daripara suami dan calon ayah
  5. Kesiapan mental untuk menghadapi proses persalinan dan meyakinkan diri sebelum proses persiapan persalinan normal adalah suatu proses yang alami dan terbaik
  6. Ibu juga amat bahagia menyonsong kelahiran bayinya yang diidam-idamkannya.
  7. Disamping itu ibu merasakan takut terhadap darah, takut sakit, takut terjadi gangguan waktu melahirkan, bahkan takut mati.
  8. Kecemasan ayah juga tidak boleh diabaikan. Kecemasan ayah hampir sama besarnya dengan kecemasan ibu yang melahirkan, hanya berbeda sang ayah tidak secara langsung merasakan efeknya kehamilan.

Persiapan Sosial

Segi sosial merupakan akar untuk tumbuh, dalam hal ini harus dipersiapkan mengenai unsur apa yang harus dikenal dari lingkungan sosial, kondisi ekonomi, taraf penghidupan dan kebudayaan yang berhubungan dengan calon ibu yang akan melahirkan. Misal : 

  • Malnutrisi akan membawa akibat bagi kehamilan, ibu maupun janin
  • Perumahan yang tidak memenuhi syarat, ini akan menimbulkan higiene yang kurang

Persiapan Kultural

Ibu harus mengetahui adat istiadat, kebiasaan, tradisi dan tingkat hidup yang kurang baik terhadap kehamilan dan berusaha unutk mencegah akibat  itu

Unduh Materi

Demikian penjelasan singkat mengenai artikel Persiapan Persalinan atau Melahirkan. Untuk materi lengkapnya dapat diunduh pada artikel berikut ini : persalinan

Artikel SebelumnyaMengenal Metode Pengukuran Antropometri
Artikel SelanjutnyaManfaat Mempelajari Senam Hipertensi
Salah satu Perawat di RSU yang ada di Bali dan Hobby suka Menulis

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini