Dalam kemajuan teknologi seperti sekarang ini, siapa yang tidak kenal dengan Flasdisk maupun Harddisk merupakan perangkat yang digunakan sebagai media penyimpan data. Tentu saja Flasdisk maupun Harddisk sendiri mempunyai ukuran/ kapasitas untuk menyimpan data. Ukurannya bisa berupa Megabyte, Gigabyte maupun Terabyte. Kali ini maimelajah.com akan membahas tentang Satuan Ukuran dalam Komputer. Antara Lain :

Bit

Singkatan dari binary digit (angka biner) merupakan satuan data terkecil. Nilainya 1 dan 0, walau keliatan sederhana, tapi kedua angka inilah yang mengalir terus di dalam PC, berpusat dari Processor, Motherboard, Chip Memory sampai ke perangkat-perangat penyimpanan data dan output lainnya atau sebaliknya.   Bit mengalir sebagai sinyal-sinyal listrik. ibarat saklar, angka 0 berartu off dan angka 1 berarti on. Begitulah rangkaian data yang jumlahnya miliaran bahkan triliunan Bit mengalir bagai orang menekan tombol off/on secara terus menerus. Akan tetapi Bit mempunyai bentuk fisik, pada sebuah CD contohnya, bit tampak sebagai bintik-bintik kecil pada permukaan Disk. Sinar optick CD-Rom Drive memungkinkan membaca dan mengubahnya menjadi sinyal listrik pada komputer.  

Bit biasanya tidak pernah berdiri sendiri, makanya baru muncul begitu  terdiri dari sejumlah Bit. Dalam perhitungan biner ada sejumlah komputer yang dipakai, yaitu sistem 8 bit, 16 bit, 32 bit, 64 bit, dan seterusnya. Dengan sistem itulah komputer membaca, menerjemahkan kembali dan mengolah data, angka, huruf, gambar dan sebagainya.

Byte

1 Byte terbentuk dari 8 Bit. Sebuah Byte merupakan kumpulan Bit terkecil yang dapat dimengerti komputer. Sebuah Byte mewakili angka desimal dari 0 sampai 255. Byte juga digunakan untuk mewakili huruf-huruf, angka-angka, simbol-simbol lain dalam bentuk ASCII (American Standart Code for Information), sebagai contoh, bila anda mengetik huruf A pada keyboard, maka komputer merekamnya sebagai kode ASCII 65 dan menerjemahkannya dalam perhitungan biner sebagai 01000001 – yang merupakan 1 Byte data.

Kilobyte

Dokumen biasanya tersimpan dalam komputer dengan ukuran kilobyte (KB). Satuan kilo biasanya berarti seribu, tetapi satu kilobyte tidak sama dengan 1.000 byte, komputer bekerja dengan sistem biner jadi 1 kilobyte = 1.024 byte. Biasanya untuk mempermudah dalam perkiraan 1 kilobyte tetap sama dengan 1.000 byte.

Megabyte

Diatas kilobyte, ada satuan Megabyte (MB). Orang biasanya menyebutkan “1 Mega”, 1 MB = 1.024 Kilobyte, dan juga berarti 1 MB = 1.048.576 byte. Memory komputer pada umumnya diukur dengan satuan ini. Misalnya, 64 MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB

Gigabyte

Ukuran penyimpanan data pada komputer saat ini tidak lagi menggunakan satuan Megabyte tetapi sudah sampai menggunakan satuan Gigabyte (GB). 1 Gigabyte sama dengan 1.024 Megabyte. Flashdisk maupun Harddisk saat ini sudah menggunakan satuan Gigabyte. Diatas Gigabyte ada Terabyte dan diatas Terabyte ada Pentabyte.

Kilobit

Satuan ini tidaklah sama dengan satuan Kilobit (Kb). Kilobit (Kb) merupakan satuan ukuran kecepatan transfer data komputer. 1 Kilobit (Kb) sama dengan 1000 bit. Contohnya ada pada kecepatan transfer pada sebuah modem, modem biasanya menawarkan kecepatan download maksimum 56 Kb/s, itu artinya modem tersebut mampu mengantarkan 56 Kilobit (56.000 bit) data per detik.

Megabit

Dalam jaringan komputer yang besar, kecepatan transfer datanya bisa mencapai satuan ukuran yang lebih besar, yaitu Megabit (Mb). Kabel yang digunakan dalam jaringan komputer dikantor contohnya, dapat mengirim dan menerima data sampai 100Mb/s atau sama dengan seratus juta bit setiap detiknya. Coba lakukan perhitungan kembali. Bahwa kecepatan transfer setinggi itu  (100 Mb/s) sama dengan kecepatan 11,9 Mb perdetik

Hertz (Hz)

Hertz sebenarnya adalah nama keluarga dari Heinrich Rudolf, ahli fisika jerman yang menemukan satuan pengukuran frekuensi radio dan listrik. 1 Hertz (Hz) berarti satu putaran gelombong radio per detik. Di dunia komputer, satuan ini juga banyak digunakan. Pada monitor-monitor CRT misalnya, satuan Hz sebenarnya menggambarkan kemampuan me-refresh layar setiap detiknya. Monitor yang menawarkan rate 85 Hz mampu me-refresh gambar pada layar sebanyak 85 kali setiap detik. Hal ini membuat tampilannya terlihat halus dan tidak berkedip.

Megahertz (MHz)

Satu Megahertz (MHz) berarti satu juta putaran tiap detik. Memang belum ada monitor yang bisa mencapai kecepatan seperti ini, namun lain halnya dengan processor komputer. Kecepatan 1 Mhz processor akan terasa sangat lambat. Kecepatan Processor diukur berdasarkan kemampuannya melakukan kalkulasi dalam sedetik. Pada generasi PC pertama, kecepatan processor masih menggunakan kecepatan MHz, yaitu 4,77 MHz.
Bandingkan dengan rata-rata PC Pentium 4 yang sudah memiliki kecepatan 3,2 GHz atau 3,2 milyar kalkulasi per detik. Tapi janganlah hanya melihat satuan ini untuk melihat kecepatan processor sesungguhnya.

Seiring perjalanannya processor sekarang memiliki satuan kecepatan yang lebih rendah dapat mengerjakan perhitungan yang sama dengan lebih cepat, ketimbang processor yang kecepatannya tinggi. Produsen processor memiliki trik-trik tersendiri untuk membuat processornya memiliki performa yang baik, tidak hanya dengan adu kecepatan

Gigahertz (GHz)

Ada dua bidang di dunia komputer yang menggunakan satuan GHz, yaitu processor dan jaringan nirkabel. Dalam jaringan nirkabel istilah ini biasa dipakai untuk menentukan tingkat spektrum radio yang digunakan. Bluetooth misalnya menggunakan freuensi 2,4 GHz. Sedangkan Wi-Fi memakai frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz

Kecepatan CD-RW Drive

Angka-angka yang tercantum dalam D-RW drive sering membingungkan orang. Apa sih arti dari 2x, 4x, 8x, 16x, 24x, 32x dan seterusnya? Patokannya sebenarnya kalikan saja angka tersebut dengan 150 KB per detik. Nilai itu merupakan kecepatan drive yang pertama kali. CD-RW Drive berkeepatan 2x mampu menulis dengan kecepatan 300 KB per detik, sedangkan drive dengan kecepatan 52x mampu menulis hingga 7.800 KB/detik. Tapi angka perkalian pada CD-RW Drive tidak hanya satu, ada tiga angka, rumusnya: Kecepatan Baca x Kecepatan Tulis (CD-R) x Kecepatan Rewrite (CD-RW). CD-RW Drive dengan kecepatan 48 x 32 x 16 misalnya, mampu membaca dengan kecepatan 48x, menulis dengan kecepatan 32x danmemiliki kemampuan rewrite 16x.

Kecepatan DVD Drive

DVD-RW drive memang lebih cepat. Angka dasar untuk mengetahui tingkat kecepatan DVD Drive adalah 1.358 KB per detik. Jadi, kalikan saja kecepatan DVD dengan angka tersebut. Drive yang beredar dipasaran kebanyakan berkecepatan 16x. Artinya, berkecepatan sekitar 22.160 KB per detik.

Kecepatan Harddisk (rpm)

Singkatan rpm (revolution per minute) pada harddisk menentukan kecepatan putar pelat magnetiknya semakin tinggi nilai rpm, semakin cepat pula putaran pelat disk. Hal ini berpengaruh pada nilai transfer data. Dengan kata lain, seberapa cepat data dapat dibaca dan ditulis pada harddisk tersebut. Biasanya sebuah harddisk PC berputar pada kecepatan 5.400 rpm, dan tingkat kecepatan ini sebenarnya lebih cukup. Walau begitu, anda bisa juga membeli harddisk dengan kecepatan 7.200 rpm. Peningkatan kecepatan ini memang memberikan sedikit peningkatan kinerja. Kalau mau, anda juga bisa membeli model 10.000 rpm, tetapi hargannya memang relatif mahal.

Kecepatan Printer (ppm)

Para vendor printer biasanya menawarkan kecepatan cetak printernya. Satuan yang biasa dipakai untuk menggambarkan hal itu adalah paper per minute (ppm). Sederhananya, semakin besar ppm, maka semain cepatlah printer tersebut dalam mencetak. Ppm sendiri hanya efektif untuk menggambarkan kecepatan text. Begitu ada unsur gambar atau grafik dalam dokumen, kecepatannya biasanya langsung turun. Apalagi bila kita mencetak foto pada printer inkjet, nilai ppm benar-benar tidak bisa diharapkan. Sebaliknya kecepatan cetak foto biasanya diukur dalam hitungan menit. Apapun printernya, keepatan penetakan sebenarnya juga berhubungan dengan kecepatan komputer itu sendiri.

Frame per detik (fps)

Apa yang penting kita perhatikan dari spesifikasi sebuah kartu grafis? Lihatlah nilai frames per second (fps) yang ditawarkannya. Makin tinggi fps atau frame-ratenya, maka semakin haluslah gerakan pada layar. Dalam sebuah games, kemampuan frame-rate kartu grafis menjadi sangat penting, mengingat games memang merupakan gambar yang terus bergerak. Kalau gamesnya sederhana, kartu grafis dengan fps biasa saja tidak akan menjadi masalah. Tapi beda dengan games 3D, kartu grafis yang tinggi akan menunjukkan keunggulannya. Saat memainkan video, nilai fps juga sangat menentukan tingkat kehalusan tampilan video. Kartu grafis dengan nilai fps rendah akan menampilkan video yang terlihat patah-patah.

Dot per inch (dpi)

Kualitas hasil cetak printer dan kemampuan scanner dalam menangkap gambar biasanya ditunjukan dengan nilai dot per inch (dpi). Nilai ini menunjukkan seberapa banyak titik pada satu inch persegi. Tapi kenyataanya istilah ini seolah-olah kehilangan arti pentingnya. Kemampuan sebuah printer untuk menghasilkan begitu banyak titik pada setiap inch sebenarnya bukan patokan kualitas hasil cetak. Ragam tinta, ukuran droplet (titik tinta), teknik semprot, serta kualitas kertas berkonstribusi langsung pada tampilan akhirnya. Begitu pula dengan scanner, sebuah scanner dengan resolusi 9.600 dpi contohnya, mungkin hanya bisa menangkap gambar sekitar 600 dpi saja.

Pixel

Pixel merupakan kependekan dari picture element. Satuan ini banyak digunakan pada monitor, baik LCD maupun CRT. Gambar-gambar yang anda lihat pada monitor terbuat dari ribuan bahkan jutaan titik-titik kecil yang berwarna, titik kecil itulah yang disebut dengan pixel. Hal ini biasanya ditentukan oleh resolusi kartu grafisnya. kartu grafis yang dapat menghasilkan resolusi layar 1..600 x 1.200 pixel, contohnya akan menghasilkan 1.920.000 pixel. Resolusi sebesar itu terbilang cukup rapat dan halus. Resolusi layar monitor CRT lebih fleksibel, sementara monitor TFT lebih terbatas.

Point

Point atau pt menunjukkan ukuran cetak suatu jenis font. Dalam pencetakan modern, tinggi satu point biasanya dengan 1/72 inch (0.0138 inch atau 0.35 mm). Karena itu, font dengan ukuran itu sudah termasuk ruang untuk tipe huruf yang menjulur keatas (seperti ‘f’), ke bawah seperti (‘p’).

Megapixel

Istilah megapixel sering dipakai dalam kamera digital. Satu megapixel sama dengan satu juta pixel, menunjukkan kemampuan kamera dalam menangkap detil obyek yang difoto. Asumsinya, sebuah kamera dengan kemampuan dua megapixel akan menangkap gambar lebih detail ketimbang kamera dengan satu megapixel. Tetapi, resolusi sebenarnya hanya salah satu faktor yang mempengaruhi kamera digital dalam menghasilkan gambar yang berkualitas. Kualitas yang sebenarnya juga sangat penting adalah kemampuan lensanya itu sendiri. 

Penutup

Demikian penjelasan singkat mengenai Satuan Ukuran dalam Komputer. Semoga artikel Satuan Ukuran dalam Komputer dapat membantu teman-teman dalam mempelajari jaringan komputer

Artikel SebelumnyaGuru Pembelajar dalam Jaringan (Moda Daring)
Artikel SelanjutnyaJenis Kabel Jaringan Komputer

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini