Salam Satu Data adalah salah satu logo dari pada Operator Sekolah. Operator Sekolah menjadi salah satu central dalam manajemen sekolah dalam mengelola aplikasi pendidikan. Maka pada kesempatan kali ini maimelajah.com akan membagikan artikel tentang Aplikasi yang lagi hangat-hangatnya dibicarakan oleh Operator Sekolah. Kenapa, karena Dikdasmen pada Tanggal 17 Agustus 2016 telah meluncurkan Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan (PMP). Aplikasi PMP ini sangat dibutuhkan oleh sekolah kenapa? karna di aplikasi ini nantinya berisi tentang standar-standar yang harus ada di sekolah tersebut. Yang nantinya akan menjadi Rapor bagi sekolah tersebut

Apa itu Aplikasi PMP

Penjamin Mutu Pendidikan (PMP) Dasar dan Menengah adalah suatu mekanisme yang sistematis, teritegrasi, dan berkelanjutan. Untuk memastikan bahwa seluruh proses penyelenggaraan pendidikan telah sesuai dengan standar mutu dan aturan yang ditetapkan. Untuk dapat melakukan penjaminan mutu pendidikan dengan baik maka diperlukannya adanya sistem Penjamin Mutu Pendidikan (PMP).

Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan (PMP)

Tujuan dikembangkannya Aplikasi PMP

Aplikasi PMP dirancang sedemikian rupa sesuai dengan kaidah-kaidah Sistem Penjamin Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. Yang bertujuan untuk menjamin pemenuhan standar pada satuan pendidikan dasar dan menengah. Secara sistemik, holistik, dan berkelanjutan, sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu pada satuan pendidikan secara mandiri.

Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan (PMP)

Secara Teknis Aplikasi PMP bersifat komponen opsional  (add ons/ pengaya/ tambahan) dari Aplikasi Dapodik. Maka aplikasi PMP akan dapat diinstall dan berjalan jika dikomputer tersebut telah ter-install Aplikasi Dapodik. Secara otomatis Aplikasi PMP akan mengambil entitas data pokok dari Aplikasi Dapodik seperti data profil sekolah, PTK, PD dan lainnya. Selanjutnya Aplikasi PMP akan menampilkan daftar pertanyaan/kuesioner untuk masing-masing entitas data tersebut.

Penutup

Demikian penjelasan singkat mengenai artikel Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan (PMP). Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman operator sekolah. Terima Kasih, Salam Satu Data

Artikel SebelumnyaPengertian Keyboard dan Fungsinya
Artikel SelanjutnyaDaftar dan Login Guru Pembelajar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini