Mengenal Buku Digital atau E-Book

Mengenal Buku Digital atau E-Book merupakan judul artikel yang akan maimelajah.com sampaikan pada kesempatan kali ini. Pada era digital pada saat ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan suatu informasi. Jika dulu kita mencari informasi lewat buku teks maka pada era digital sekarang ini peran buku teks hampir digantikan dengan e-book (buku digital). Apa itu Buku Digital atau (E-Book)? mari kita simak penjelasan berikut ini :

Pengertian E-Book

Istilah E-Book sebenarnya singkatan dari Electronic Book. Jika kita terjemahkan ke dalam bahasa indonesia mempunyai arti buku elektronik. Dalam kosa kata bahasa inggris, book memiliki arti luas, yaitu buku, kitab suci, memesan, mencatat, dan melakukan booking. Jika mengacu pada istilah buku, artinya kumpulan kertas yang disusun dari halaman ke halaman berikutnya yang mengandung informasi penting berupa tulisan teks.

Jadi istilah elektronik book atau buku digital adalah sebuah file digital berupa dokumen yang berisi informasi penting baik berupa panduan, tutorial, atau informasi lainnya yang dibuat menggunakan perangkat digital seperti, smartphone, komputer dan dapat diakses melalui internet. E-Book salah satu jenis buku elektronik yang berupa softcopy dan bisa dibuka dan dibaca dimanapun lewat berbagai perangkat elektronik.

Pengertian E-Book Menurut Para Ahli

Beberapa pengertian e-book menurut para ahli yaitu :

  1. Danang, 2009 – E-book adalah sebuah versi elektronik dari sebuah buku tercetak yang dapat dibaca pada sebuah personal komputer atau alat lain yang didesain khusus untuk membaca e-book
  2. Putu Laxman Pendit, 2008 – Buku elektronik adalah buku cetak yang diubah bentuk menjadi elektronik untuk dibaca di layar monitor
  3. Dikutip dari Oxford Kamus Bahasa Inggris – E-Book adalah versi elektronik dari buku cetak yang dapat dibaca pada komputer pribadi atau perangkat yang dirancang khusus untuk tujuan ini. E-book didedikasikan bagi mereka para pembaca elektronik atau perangkat e-book baik melalui komputer atau bisa juga melalui ponsel yang dapat digunakan untuk membaca buku elektronik ini.

Fungsi dan Manfaat E-Book

Terdapat 3 fungsi dan manfaat utama dalam penggunaan e-book, diantarannya adalah :

  1. Media Pembelajaran
  2. Media Informasi
  3. Media untuk mengungkapkan gagasan atau ide baru

Tujuan E-Book

Tujuan dari menggunakan e-book yaitu :

  1. Memudahkan proses pembelajaran
  2. Memudahkan pengajar dalam memberikan tugas pada siswa
  3. Memudahkan pengajar dalam memberikan materi kepada siswa
  4. Memudahkan siswa dalam belajar kelompok secara online

Kelebihan dan Kekurangan E-Book

Kelebihan

  1. Dapat dibaca kapanpun dan dimanapun
  2. Tidak mudah rusak karena pengaruh fisik seperti basah atau dimakan rayap
  3. Mudah dalam pembuatan
  4. Tidak memerlukan biaya yang besar dalam merancangnya
  5. Dapat dibagi kepada pengguna lainnya
  6. Tidak memakan tempat seperti Buku Teks yang masih menggunakan kertas

Kekurangan

  1. Memerlukan pengetahuan dan keterampilan yang baik untuk membuat dan memanajemennya
  2. Memerlukan perangkat digital seperti komputer atau ponsel
  3. Diperlukan software khusus dalam pembuatan e-book
  4. Harus mengenal teknik penyusunan e-book yang baik

Format E-Book

Adapun beberapa format e-book yaitu :

1. PDF

Mengenal Buku Digital atau E-Book

PDF merupakan singkatan dari Portable Document Format yang dirancang oleh perusahaan Adobe System Inc. PDF adalah format file multi-platform, file pdf menampilkan teks dokumen, font, gambar dan bahkan dokumen dari berbagai aplikasi. Sebagian besar aplikasi web browser sudah mendukung format PDF dalam pembacaan dokumennya. Untuk melihat file PDF kita memerlukan aplikasi khusus yang bernama Adobe Reader yang telah didistribusikan oleh Adobe System.

2. HTML

Mengenal Buku Digital atau E-Book

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language yaitu bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, yang nantinya dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah web browser.

Seringkali pendidik ataupun bloger sering menggunakan bahasa pemrograman HTML sebagai sarana untuk melakukan publish tulisan mereka di internet agar dapat dibaca oleh siswa maupun orang lain.

3. XML

Mengenal Buku Digital atau E-Book

Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serba guna yang direkomendasikan oleh W3C (Word Wide Web Consortium) untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja.

XML dapat menampung teks dan gambar dalam sebuah markup tag. Kelebihan XML adalah penyimpanan data yang lebih ringkas, fleksibel dan terstruktur layaknya sebuah database.

4. XHTML

XHTML merupakan generasi lanjutan dari HTML yang dikombinasikan dengan struktur XML yang pada struktur tersebut ditujukan untuk menggantikan versi HTML. XHTML merupakan perkembangan generasi semua elemen dalam HTML 4.01 yang telah mengadopsi teknologi markup XML dan mendukung format standar data file dengan tipe format EPUB

5. JPEG

Seperti halnya format gambar lainnya, format JPEG memiliki ukuran yang besar dibandingkan teks yang dikandungnya, oleh karena itu format ini umumnya populer bukan untuk buku elektronik yang memiliki banyak teks akan tetapi untuk jenis buku komik atau manga yang proporsinya lebih didominasi oleh gambar

6. DOC atau DOCX

Format yang dimiliki oleh aplikasi pengolah kata Microsoft Word, aplikasi yang sering dan banyak digunakan dalam membuat suatu dokumen atau buku.

7. CHM

CHM merupakan salah satu jenis dokumen web dengan format CHM atau compressed HTML. Biasanya format jenis ini digunakan pada perangkat berbasis windows sebagai sebuah petunjuk atau panduan bantuan ketika user menemukan permasalahan dalam pengoperasiannya

Pertimbangan dalam memilih Format E-Book

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika akan memilih jenis format file e-book, yaitu :

  1. Format file tersebut telah dikenal, standar dan dapat dijalankan oleh berbagai aplikasi saat ini untuk memudahkan pengguna.
  2. Kompatibel terhadap semua jenis hardware perangkat digital
  3. Telah mendukung fitur-fitur layaknya sebuah dokumen dan dukungan penuh terhadap teknologi web
  4. Tidak membutuhkan ruang memori yang besar dalam penyimpanannya
  5. Dapat diatur konfigurasi keamanannya untuk file tersebut

Penutup

Demikian telah dijelaskan tentang Mengenal Buku Digital atau E-Book. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terima Kasih telah mampir ke website kami, dan jangan lupa untuk membaca serta meninggalkan pesan di artikel Mengenal Buku Digital atau E-Book dan artikel lainnya.

Ajunk Kalpa

-

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: