3 Komponen Utama Sistem Komputer

Setelah kemarin kita membahas tentang Pengertian Komputer. Kali ini maimelajah.com akan membahas tentang 3 Komponen Utama Sistem Komputer. Ketiga Sistem Komputer antara lain Hardware, Software dan Brainware, kenapa kita harus mengenal 3 Komponen Utama Sistem Komputer ini, karena ketiganya memiliki peran yang sangat penting, jika kurang satu saja dari 3 komponen ini, maka bisa dipastikan komputer tidak akan pernah bisa dioperasikan. Dengan kata lain, ketiga komponen ini tidak bisa dipisahkan dan memiliki peran yang saling mengikat antara komponen satu dengan yang lainnya.

3 Komponen Utama Sistem Komputer

Baca Juga : Pengertian Komputer

Ketiga komponen yang dimaksud adalah Perangkat Keras (Hardware), Perangkat Lunak (Software), dan Pengguna/User (Brainware). Berikut ini adalah penjelasan tentang ketiga komponen tersebut.

Hardware (Perangkat Keras)

3 Komponen Utama Sistem Komputer

Hardware atau Perangkat Keras merupakan komponen dalam sistem komputer yang secara fisik dapat dilihat, diraba keberadaanya dan bertindak untuk menjalankan intruksi dari perangkat lunak (Software). Perangkat Keras (Hardware) ini terdiri atas perangat input/output, perangkat penyimpanan, perangkat pemroses. Contoh perangkat tersebut antara lain keyboard, mouse, monitor, harddisk, RAM, ROM, CPU, flashdisk dan lain sebagainya. Perangkat-perangkat keras tersebut saling membentuk satu kesatuan sehingga dapat difungsikan.

Software (Perangkat Lunak)

3 Komponen Utama Sistem Komputer

Software atau perangkat lunak merupakan suatu program yang digunakan dalam komputer berupa intruksi-intruksi (perintah) yang dapat dimengerti oleh komputer. Software juga bisa diartikan sebagai jembatan penghubung antara Hardware dengan Brainware. Software inilah yang berfungsi untuk mengoperasikan perangkat keras yang ada pada komputer. Tanpa adanya software, perangkat keras komputer tidak bisa dioperasikan.
Dengan adanya software, kita dapat meminta komputer untuk melakukan berbagai macam pekerjaan, seperti mengetik, mendengarkan lagu, menonton video, mengedit gambar, dan lain sebagainya.

Brainware (Pengguna/User)

Brainware merupakan pemakai atau pengguna komputer, dengan kata lain adalah orang yang mengoperasikan perangkat keras komputer melalui software yang ada di komputer tersebut. Secanggih apapun komputer tersebut, jika tidak ada pengguna yang mengoperasikan (Brainware) maka komputer tersebut akan tidak bisa digunakan, karena komputer tersebut tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa dioperasikan oleh pemakainya.   Yang termasuk ke dalam golongan Brainware antara lain : Operator, Programer, System Analyst Ketiga komponen Hardware, Software, dan Brainware memiliki fungsi dan peran yang mengikat antara komponen satu dengan yang lainnya. Jika satu komponen saja tidak terpenuhi maka komputer tersebut tidak akan pernah bisa dioperasikan. Karena komputer hanyalah sebuah rangkaian elektronik yang hanya berfungsi jika didukung dengan komponen yang lainnya, yaitu software dan brainware.

Ajunk Kalpa

-

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: