Jaringan Komputer adalah suatu sistem yang didalamnya terdiri dari dua atau lebih perangkat komputer serta perangkat-perangkat lainnya dibuat atau dirancang untuk dapat bekerja sama dengan tujuan agar dapat berkomunikasi, mengakses informasi, meminta serta memberikan layanan atau service antara komputer satu dengan yang lainnya. Jenis-jenis komputer berdasar letak geografis maupun cakupan areanya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu PAN (Personal Area Network), LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), dan WAN (Wide Area Network). Pada Artikel kali ini membahas tentang Mengenal Jaringan Personal Area Network (PAN). Sebelumnya sudah kita bahas tentang apa itu Jaringan Komputer, Fungsi maupun Jenis Jaringan Komputer.

Baca : Pengertian, Fungsi serta Jenis Jaringan Komputer

Jaringan Personal Area Network (PAN)

Tujuan dari Artikel ini adalah kita bisa memahami apa yang dimaksud dengan jaringan Komputer (PAN) dan kita dapat menganalisa tentang Jaringan Komputer PAN.

Pengertian Personal Area Network (PAN)

Personal Area Network (PAN) adalah Jaringan komunikasi satu perangkat lain dengan perangkat lainnya dalam jarak sangat dekat, hanya dalam beberapa meter saja. Personal Area Network (PAN) juga bisa disebut dengan Jaringan Area Pribadi. PAN merupakan titik akses ke berbagai perangkat pribadi, seperti komputer, telpon, ponsel, televisi, sistem keamanan rumah yang berbasis komunikasi data, maupun perangkat komunikasi publik seperti internet.

Kontrol pada PAN dilakukan dengan authoritas pribadi, dan untuk teknologi yang digunakan antara lain Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth. PAN dihubungkan melalui bus yang ada pada komputer, seperti USB dan Firewire.

Kegunaan Personal Area Network

  1. Menghubungkan perangkat-perangkat komputer
  2. Sebagai media komunikasi antara perangkat sendiri (komunikasi personal)

Contoh Penggunaan PAN

  • Menghubungkan HP dengan Laptop menggunakan Bluetooth
  • Menghubungkan Mouse dengan Laptop menggunakan Bluetooth
  • Menghubungkan Printer dengan Laptop Menggunakan Bluetooth

Disamping itu Personal Area Network (PAN) merupakan jaringan yang digunakan untuk komunikasi antara komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer perangkat (termasuk telepon dan asisten pribadi digital) dekat dari satu orang. Perangkat mungkin atau tidak milik orang tersebut.

Jaringan Personal Area Network (PAN)

Jangkauan dari PAN biasanya bebarapa meter. PANs dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi. (intrapersonal komunikasi), atau untuk menghubungkan ke tingkat yang lebih tinggi dan jaringan internet (an uplink). Personal area jaringan kabel mungkin dengan komputer bus seperti USB dan FireWire. Wireless Personal Area Network (WPAN) juga dapat dimungkinkan dengan teknologi jaringan seperti IrDA, Bluetooth, UWB, Z-Wave dan ZigbeeTeknologi untuk WPAN adalah dalam masa pertumbuhan yang cepat dan proses pembangunan. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi operasi halus di antara rumah atau bisnis perangkat dan sistem. Setiap perangat di dalam WPAN akan dapat menyambungkan ke perangkat lain yang sama dalam WPAN, asalkan berada pada perangkat yang sama.

Penutup

Demikian penjelasan singkat mengenai Jaringan Personal Area Network (PAN). Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman dalam mempelajari tentang jaringan komputer. Terima Kasih

Artikel SebelumnyaDaftar dan Login Guru Pembelajar
Artikel SelanjutnyaApa Yang Dimaksud Dengan Komputer

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini