Maimelajah.com akan membagikan Buku Teks Jaringan Dasar Komputer Semester 1 adalah buku teks yang digunakan untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Bidang Studi Teknik Komputer dan Informatika (TKI). Penerapan kurikulum 2013 mengacu pada paradigma belajar abad 21. Menyebabkan terjadinya perubahan, yakni dari pengajaran (teaching) menjadi belajar (learning), dari pembelajaran yang berpusat pada guru (teachers-centered) menjadi pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik (student-centered). Dari pembelajaran pasif (pasive learning) ke cara belajar peserta didik aktf (active learning) atau Student Active Learning.

Jaringan Dasar Komputer Semester 1

Buku Jaringan Dasar Komputer Semester 1

Pada Buku Jaringan Dasar Komputer semester 1 topik materi pembelajaran menekankan pada konsep Jaringan Komputer yakni model OSI dalam Jaringan Komputer, Topologi Jaringan, Media yang sesuai dalam Komunikasi Data Jaringan, dan Protokol Jaringan. Buku ini disusun berdasarkan kurikulum 2013 yang mempunyai ciri khas penggunaan metode scientifik. Buku ini terdiri dari 2 bab yaitu :

  • Bab 1 Pendahuluan, dan
  • Bab 2 Pembelajaran.

Bab 1 Pendahuluan

Beberapa yang harus dipelajari peserta didik adalah diskripsi mata pelajaran yang berisi informasi umum, rasionalisasi dan penggunaan metode scientifik. Selanjutnya pengetahuan tentang persyaratan, tujuan yang diharapkan, kompetensi inti dan dasar yang akan dicapai serta test kemampuan awal.

Bab 2 Pembelajaran

Menuntun peserta didik untuk memahami diskripsi umum tentang topik yang akan dipelajari dan rincian kegiatan belajar sesuai dengan kompetensi dan tujuan yang akan dicapai. Setiap kegiatan belajar terdiri dari tujuan dan uraian materi topik pembelajaran, tugas serta test formatif. Uraian pembelajaran berisi tentang diskripsi pemahaman topik materi untuk memenuhi kompetensi pengetahuan. Uraian pembelajaran juga menjelaskan diskripsi unjuk kerja atau langkah-langkah logis untuk memenuhi kompetensi skill

Tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik dapat berupa tugas praktek, eksperimen atau pendalaman materi pembelajaran. Setiap tugas yang dilakukan melalui beberapa tahapan scientifik yaitu :

  1. Melakukan pengamatan setiap tahapan kerja
  2. Melakukan praktek sesuai dengan unjuk kerja
  3. Mengumpulkan datayang dihasilkan setiap tahapan
  4. Menganalisa hasil data menggunakan analisa diskriptif
  5. Mengasosiasikan beberapa pengetahuan dalam uraian materi pembelajaran untuk membentuk suatu kesimpulan
  6. Mengkomunikasikan hasil dengan membuat laporan portofolio.

Penutup

Demikian penjelasan singkat mengenai artikel Jaringan Dasar Komputer Semester 1.

Unduh Materi

File E-Book dapat diunduh pada link berikut ini : Download Buku Jaringan Dasar Kelas X Semester 1 (pdf)

Artikel SebelumnyaPengertian Fungsi Jenis Jaringan Komputer
Artikel SelanjutnyaPengertian Keyboard dan Fungsinya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini