Dinamika kelompok merupakan pembelajaran tentang bagaimana individu membentuk dan memfungsikan dirinya dalam suatu struktur kelompok. Dalam dinamika kelompok diharapkan terjadi interaksi antar anggota kelompok untuk mencapai suatu tujuan bersama. Dalam pelayanan keperawatan yang berkualitas diperlukan adanya interaksi kerja yang baik dalam kelompok. Pada sebuah kelompok atau tim yang solid diperlukan kerja sama dan hubungan interpersonal yang baik. Di dalam dinamika kelompok kita dapat mengetahui cara untuk mencapai keharmonisan kelompok supaya tujuan bersama dapat tercapai. Di dalam manajemen keperawatan tujuan yang dicapai adalah terciptanya lingkungan kerja yang kondusif sehingga tugas asuhan keperawatan dapat tercapai dengan efektif dan efisien — maimelajah.com

Pengertian Kelompok & Dinamika Kelompok

  • Kelompok adalah kumpulan individu yang mempunyai hubungan satu dengan yang lain, saling ketergantungan serta mempunyai norma yang sama. (Stuart dan Sundeen, 1991)
  • Dinamika kelompok merupakan pembelajaran tentang bagaimana individu membentuk dan memfungsikan dirinya dalam suatu struktur kelompok. Dalam dinmika kelompok diharapkan terjadi interaksi antar anggota kelompok untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Ciri-ciri dari kelompok

  • Anggota kelompok setidaknya mempunyai satu tujuan bersama.
  • Hubungan dalam kelompok harus memberikan suatu pengaruh kepada anggotanya.
  • Dalam kelompok selalu ada perbedaan tingkat atau status.
  • Setiap anggota kelompok mengikuti standar norma dan nilai tertentu.

Pembentukan Kelompok

Proses pembentukan kelompok dapat diawali dengan adanya perasaan atau persepsi yang sama dalam memenuhi kebutuhan. Setelah memiliki perasaan yang sama akan timbul motivasi dalam memenuhinya, kemudian menentukan tujuan yang sama dan akhirnya terjadi interaksi sehingga terwujud sebuah kelompok.

Fungsi Dinamika Kelompok

Fungsi dinamika kelompok secara umum yaitu:

  • Antara individu satu dengan yang lain akan terjadi kerja sama saling membutuhkan, karena individu akan saling membutuhkan dalam meghadapi persoalan hidup.
  • Melalui dinamika kelompok individu akan lebih memudahkan dalam segala pekerjaan dan orang akan mengetahui kelemahan dalam bekerja.
  • Segala pekerjaan yang membutuhkan pemecahan masalah dapat teratasi, mengurangi beban kerja yang terlalu besar sehingga waktu dapat diatur secara tepat, efektif, dan efisien.
  • Akan lebih meningkatkan masyarakat yang demokratis.

Pola Komunikasi dalam Kelompok

Tahap dalam proses komunikasi

Proses penerimaan pesan yang bersifat baru ini dibedakan atas lima tahap, yaitu:

  1. AwarenessInterest adalah tahap dimana seseorang yang telah menyadari adanya pesan yang disampaikan,
  2. Interest adalah tahap dimana seseorang menyadari adanya pesan yang disampaikan dan mulai merasa tertarik.
  3. Evaluation adalah tahap dimana seseorang setelah memiliki keterangan yang lengkap, mulai melakukan penilaian terhadap pesan yang disampaikan.
  4. Trial adalah tahap dimana seseorang setelah menimbang-nimbang pesan yang diterimanya, mulai melaksanakan pesan tersebut.
  5. Adoption adalah tahap dimana seseorang setelah melakukan uji coba timbul kepuasan dan karenanya akhirnya dapat menerima pesan tersebut yang dapat dilihat dari perilaku orang tersebut.

Pola komunikasi kelompok

  1. Pola berbentuk lingkaran, menghasilkan kecepatan kelompok yang lambat, keakuratan yang buruk, tidak muncul pemimpin informal, kepuasan kerja yang sangat baik, dan kelenturan yang cepat terhadap perubahan.
  2. Pola berbentuk rantai,, menghasilkan kecepatan penampilan kerja, keakuratan yang baik, meningkatnya kemungkinan akan munculnya pemimpin, kepuasan kerja yang buruk, dan kelenturan yang lambat untuk perubahan.
  3. Pola berbentuk jeruji roda, menghasilkan penampilan kerja cepat, keakuratannya baik, kepuasan kerjanya cenderung menjadi buruk, dan kelenturan untuk berubahnya lambat.

Peran Kelompok

Peran pemimpin

Perilaku pemimpin formal dalam suatu kelompok dapat bervariasi dari kontrol total sampai pendelegasian atau kontrol oleh kelompok. Ini berarti fungsi-fungsi yang diperlukan untuk menggerakkan sebuah kelompok ke arah tujuannya dapat dipegang oleh pemimpin atau dapat menjadi tanggung jawab anggota.

Pemimpin dapat berfungsi dalam mengorganisir dan mendefinisikan peran-peran serta kegiatan para anggota kelompok. Pertimbangan pemimpin dalam mengambil keputusan melibatkan komunikasi dua arah, menjawab kebutuhan kelompok melaui meminta pendapat, keinginan, dsb. Pemimpin mungkin juga dibutuhkan untuk konsultasi, memberikan pengarahan, atau untuk memberikan motivasi.

Peran anggota kelompok

  1. Leader : Peran leader ditampilkan dengan pemberian opini, membuat sugesti, memberi contoh, pengulangan, penjelasan, dan menjawab pertanyaan.
  2. Evaluator : Seorang evaluator akan memberi informasi, kritis, menyatakan ketidakpercayaan, menyebut pengecualian.
  3. Problem solve : Menanyakan untuk pengulangan, menanyakan untuk opini, memberi interpretasi, bertanya, media ketidaksepakatan.
  4. Moral supporter : Pesan yang disampaikan menenangkan, memberi pujian, memberi komentar yang tidak relevan.
  5. Idea generator : Dalam menyampaikan ide dan pendapat sebaiknya ada pada setiap anggota kelompok.

Penutup

Demikian penjelasan singkat mengenai artikel Apa itu Dinamika Kelompok?. Semoga artikel Apa itu Dinamika Kelompok? dapat membantu teman-teman dalam mempelajari tentang Dinamika Kelompok. Terima Kasih

Unduh Materi

DOWNLOAD MATERI LENGKAP DISINI : kelompok.doc

Artikel SebelumnyaTerapi Tertawa Pada Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)
Artikel SelanjutnyaCara Membuat Alinea Paragraf di Microsoft Word 2016
Salah satu Perawat di RSU yang ada di Bali dan Hobby suka Menulis

1 KOMENTAR

  1. Selama ini saya menyimpulkan yang terjadi dalam berkelompok ya yang penting bareng. Ternyata sistemnya ada dan dijelaskan gamblang di sini mulai dari teknik komunikasi dan seterusnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini