Pada kesempatan kali ini maimelajah.com akan membahas mengenai artikel Apa itu Komputasi Cloud. Komputasi Cloud merupakan teknologi yang berkembang pesat berkat adanya jaringan internet. Komputasi Cloud mempunyai banyak manfaat yang bisa didapatkan seperti kapasitas penyimpanan data, fleksibel dan aksesibilitas kapan pun dan dimana pun. Jadi apa itu Komputasi Cloud?

Dalam artikel ini kami akan mencoba membahas mengenai Pengertian Cloud Computing, Cara Kerjanya sampai dengan Manfaat dari Cloud Computing itu sendiri. Nah, mari kita simak penjelasan tentang Komputasi Cloud dibawah ini sampai selesai.

#Apa itu Cloud Computing

Cloud Computing (Komputasi Cloud atau Komputasi Awan) adalah teknologi yang mengolah sumber daya komputasi lewat jaringan internet, sehingga dapat menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya.

Cloud Computing dapat memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya, seperti kemudahan mengakses informasi dan data melalui internet serta kemudahan menjalankan program tanpa harus melakukan pemasangan terlebih dahulu. Cloud Computing sendiri dibagi menjadi 3 Hak Akses yaitu Public Cloud, Private Cloud, dan Community Cloud. Adapun penjelasan dari ke 3 Hak Akses tersebut adalah :

  • Public Cloud
    Public Cloud dapat diakses oleh siapa saja dan tidak membutuhkan biaya, kamu bisa menggunakan semua fitur dan layanannya asalkan ada akses internet.
    Contoh Public Cloud seperti Microsoft azure, AWS (Amazon Web Service) dan Google Cloud
  • Private Cloud
    Jenis ini biasanya digunakan di sebuah organisasi atau perusahaan yang membutuhkan tingkat keamanan data tinggi. Itulah mengapa disebut dengan Private, karena cuman bisa diakses oleh user yang didaftarkan atau terdapat dalam organisasi tersebut
  • Community Cloud
    Hampir sama dengan private cloud, akan tetapi community cloud hanya dapat diakses oleh pihak yang masih memiliki hubungan dengan institusi terkait. Community Cloud juga dapat diakses oleh publik

#Layanan Cloud Computing

Ada beberapa model layanan yang terdapat pada Cloud Computing (Komputasi Cloud) diantaranya :

1. Software-as-a-Service (SaaS)

SaaS merupakan model pelayanan yang memberikan lisensi aplikasi perangkat lunak kepada penggunanya melalui metode langganan atau subscription. Setelah mendapatkan lisensi, pengguna sudah dapat menggunakan seluruh fitur yang tersedia. Contoh : Microsoft Office 365, Dropbox, Adobe Creative Cloud dan masih banyak yang lainnya

2. Platform-as-a-Service (PaaS

PaaS adalah model layanan yang hampir mirip dengan SaaS. Perbedaanya terletak pada cara mendapatkan lisensi perangkat lunak dan melalui PaaS pengguna dapat membuat perangkat lunak atau aplikasi di platform yang sudah disediakan. Contohnya Amazon Web Service (AWS) dan Microsoft Azure

3. Infrastructure-as-a-Service (IaaS)

IaaS merupakan server baik itu fisik maupun virtual dari cloud computing. Artinya seluruh keperluan yang dibutuhkan oleh pengguna sudah tersedia di dalam sistem cloud. Contoh Virtual Data Center (VDC) dari Cloudmatika

Apa itu Virtual Data Center (VDC)? Virtual Data Center adalah teknologi cloud computing yang digunakan untuk menyimpan data secara aman dan terjaga. Dengan teknologi ini kita bisa memiliku sebuah server virtual mulai dari ukuran kecil hingga besar, untuk menunjang infrastruktur yang lebih kompleks dengan fungsi, sistem operasi, dan spesifikasi virtual mesin yang berbeda.

#Cara Kerja Cloud Computing

Seperti halnya dengan komputer dekstop milik kita, cloud computing menggunakan tiga komponen utama yaitu komputer server, sistem operasi, dan software. Ketiga komponen tersebut tentunya didukung oleh koneksi internet untuk dapat mengaksesnya.

Penyedia Cloud sendiri akan membagi sumber daya sesuai dengan paket yang dipilih oleh penggunanya. Biasanya pembagian tersebut tidak dilakukan secara fisik akan tetapi melalui virtualisasi

Server juga membutuhkan sistem operasi seperti Windows maupun Linux. Menariknya kita tidak perlu menginstal sistem operasi sendiri seperti layanan SaaS dan PaaS. Pada layanan IaaS pengguna bisa menginstal sistem operasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Cara kerja Cloud yang paling sederhana dimana penyedia layanan sudah mengatur semua infrastruktur termasuk software yang digunakan. Jadi, pengguna hanya tinggal menggunakan layanan tersebut, contohnya adalah Layanan yang dimiliki Google (Google Sheets, Google Form, Google Docs dan layanan lainnya milik Google)

#Kelebihan Cloud Computing

Kelebihan utama dari Cloud Computing sendiri adalah potensi dalam penghematan biaya. Maka dari itu banyak perusahaan-perusahaan baik skala bisnis kecil maupun besar memanfaatkan jasa cloud ini

Cloud Computing juga mampu memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk dapat memakai layanan sesuai kebutuhan pengguna dan membayar sesuai dengan pemakaian, jadi akan menjadi lebih fleksibel. Dan tentu saja dengan memakai Komputasi Awan perusahaan tidak menghabiskan banyak sumber internal dalam menjalankan dan mengoperasikannya

Selain kelebihan yang telah disebutkan tadi, ada juga beberapa kelebihan lainnya yang diantaranya :

  • Menurunkan biaya infrastruktur IT seperti komputer server dan perangkat lainnya
  • Meningkatkan kinerja atau performa kerja
  • Menurunkan resiko perawatan yang sering dan mahal karena jarang ada masalah
  • Mendapatkan pembaharuan instan terhadap software yang ada
  • Meningkatkan kompatibilitas antar sistem operasi yang dipakai
  • Menyediakan cadangan/backup dan juga pemulihannya
  • Meningkatkan skalabilitas
  • Meningkatkan keamanan data

#Manfaat Cloud Computing

Berikut ini beberapa manfaat dari Cloud Computing atau Komputasi Cloud

1. Mempermudah pengelolaan data

Setelah menggunakan layanan Cloud, secara otomatis semua data maupun file akan tersimpan secara virtual di internet. Karna disimpan di Cloud maka kita tidak perlu lagi menyimpan ke dalam Flashdisk, dan jika ingin membagikannya kita tinggal bagikan link penyimpanan data yang ada di cloud.

Cloud Computing juga memudahkan kita untuk melakukan penyimpanan serta melakukan backup dan restore data.

Salah satu layanan Cloud adalah Google Photos. Jadi dengan Google Photos kita bisa mencadangkan Foto yang ada di Handphone kita ke Cloud yang terhubung langsung dengan Akun Google kita.

Google Drive juga salah satu layanan cloud milik google yang memungkinkan kita untuk menyimpan File seperti Dokumen, Film, Aplikasi dan lain sebagainya.

Baca Juga : Produk dan Layanan Google yang Perlu Kita Ketahui

2. Menghemat biaya infrastruktur

Karena data disimpan secara virtual, maka kamu bisa lebih menghemat biaya. Kita tidak lagi memerlukan biaya untuk pengadaan perangkat keras karena kita tidak perlu lagi membeli harddisk atau perangkat penyimpanan lainnya. Serta kita tidak lagi dipusingkan dengan pembelian server, karena kita sudah menyewa layanan cloud.

3. Meningkatkan Mobilitas Kerja

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, layanan cloud dapat diakses dari mana saja. Kita tidak perlu lagi ke suatu tempat untuk dapat mengakses datanya. Sehingga hal itu dapat meningkatkan mobilitas kerja kita.

Salah satunya adalah Google Drive. Dimana Google Drive merupakan layanan cloud milik google yang memungkinkan kita untuk menyimpan File seperti Dokumen, Film, Aplikasi dan lain sebagainya.

4. Mempermudah Kolaborasi

Karena kita bisa akses secara online, jadi layanan cloud memungkinkan kita bekerja di manapun. Manfaat ini semakin terasa apabila dikerjakan dalam Tim. Masing-masing anggota tim tidak perlu berada pada tempat yang sama untuk dapat berkolaborasi.

#Penutup

Itulah penjelasan singkat dari kami pada artikel Apa itu Komputasi Cloud. Jika ada sesuatu yang ditanyakan atau sampaikan, silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ini. Kalau artikel ini bermanfaat mohon dibagikan ke sosial media anda supaya lebih berguna dan bermanfaat.

Terima kasih, dan selamat membaca!

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini