Google adalah sebuah perusahaan raksasa yang terkenal akan Mesin Pencari atau Google Search Engine. Perusahaan yang bertempat di Mountain View, California tersebut selain mempunyai Produk yang populer Google Search Engine, juga mempunyai produk dan layanan lainnya yang tidak kalah populer. Malah produk dan layanan yang dimiliki Google sudah banyak yang menggunakan dan menjadi suatu kebutuhan di masyarakat dunia. Seperti misalnya Google Drive, Android, Youtube, Youtube Music dan lain sebagainya. Maka dari itu, maimelajah.com akan mencoba membahas mengenai “Produk dan Layanan Google yang Perlu Kita Ketahui”.

Baca Juga :

Sejarah Search Engine Google

Mari kita simak penjelasan apa saja yang termasuk Produk dan Layanan Google di bawah ini.

Produk dan Layanan Google

#Produk dan Layanan Google

Menurut penjelasan dari Link : https://about.google/intl/ALL_id/products/. Produk Google dibagi menjadi beberapa kategori diantaranya :

1. Telusuri dan Jelajahi

a. Google Search Engine (Mesin Pencari Google)

Produk satu ini merupakan produk yang paling terkenal dari Google. Google Search Engine adalah Mesin Pencari Informasi, segala informasi yang anda perlukan bisa anda cari di Google Search Engine. Google Search Engine bisa diakses melalui SmartPhone maupun PC asalkan terhubung dengan internet

b. Google Translate (Google Terjemahan)

Google Translate merupakan layanan dari Google yang berfungsi untuk melakukan penerjemahan teks dan situs web dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Bahasa yang didukung hampir 109 Bahasa yang ada di dunia.

c. Google Chrome

Google Chrome adalah sebuah aplikasi peramban yang digunakan untuk menjelajah dunia maya seperti halnya Firefox, Opera ataupun Microsoft Edge. Google Chrome sendiri lahir pada tanggal 2 September 2008.

d. Google Maps

Google Maps atau Peta Google adalah layanan pemetaan yang dijalankan oleh google. Layanan ini memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360 derajat, kondisi lalu lintas dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil maupun sepeda. (sumber : wikipedia)

2. Tonton dan Mainkan

a. Youtube Music

Youtube Music merupakan layanan dari Google Streaming Music. Layanan ini dikembangkan oleh youtube untuk aplikasi seluler.

Youtube music menyediakan antarmuka yang disesuaikan untuk layanan yang berorientasi pada streaming music, memungkinkan pengguna untuk menelusuri lagu dan video music youtube berdasarkan genre, daftar putar dan rekomendasi.

b. Chromecast

Chromecast adalah sebuah adapter atau dongle HDMI yang digunakan pada sebuah HDTV. Cromecast dibuat oleh google dengan fungsi untuk melakukan streaming video atau music serta untuk menjelajah internet. Jadi singkatnya adalah untuk membuat TV menjadi Smart TV.

c. Youtube

Youtube adalah sebuah situs web yang berfungsi untuk berbagi video. Youtube memungkinkan pengguna untuk mengunggah, menonton dan berbagi video.

d. Google Play Film dan TV

Google Play Film dan TV merupakan aplikasi on demand yang dioperasikan Google, bagian dari produk Google Play. Layanan ini menawarkan film dan acara televisi untuk pembelian atau penyewaan tergantung ketersediaan.

3. Perangkat dibuat oleh Google

a. Pixel

Pixel adalah sebuah merk perangkat elektronik yang dikembangkan oleh Google serta dijalankan menggunakan Chrome OS atau Sistem Operasi Android. Produk Pixel meliputi, Laptop, Tablet, Telepon Pintar serta beberapa aksesoris

b. Google Nest

Google Nest termasuk ke dalam perangkat smart home, yang memungkinkan kita dapat mengontrol banyak perangkat pintar dari berbagai model. Google Nest menggunakan fitur kecerdasan buatan Google Assistant dengan ciri khasnya “OK Google” untuk menjalankan fungsinya

c. Pixel Slate

Google Pixel Slate adalah tablet chrome OS pertama yang salah satu produk dari Google.

4. Gunakan di mana saja

a. Android Auto

Android auto adalah sebuah layanan aplikasi peranti yang dikembangkan oleh Google untuk membawa fitur-fitur dari sebuah perangkat Android ke Jead Unit atau dashcam sebuah mobil

b. OS Android

Operating System Android adalah sistem operasi berbasis linux yang dirancang untuk perangkat smartphone maupun tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android Inc dengan dukungan Google dan kemudian dibeli pada tahun 2005

c. Chromebook

Dikutip dari support.google.com Chromebook adalah jenis komputer yang dirancang untuk membantu menyelesaikan berbagai aktivitas dengan lebih cepat dan lebih mudah. Chromebook menjalankan Chrome OS, sistem operasi dengan penyimpanan Cloud, memiliki fitur bawaan terbaik dari google serta keamanan yang berlapis

d. Wear OS by Google

Wear OS by Google sebelumnya bernama Android Wear, berfungsi untuk menyinkronkan Smartwartch dan ponsel agar kita dapat memaksimalkan penggunaan smartwatch.

5. Telepon dan SMS

a. Gmail

Gmail adalah layanan surat elektronik atau surel yang dimiliki Google. Gmail sendiri berbentuk Web. Dengan Gmail seseorang dapat saling bertukar surat secara elektronik melalui jaringan internet

b. Pesan

Message atau Pesan merupakan aplikasi resmi google yang berfungsi untuk melakukan pengiriman pesan teks (SMS, MMS) dan melakukan chat (RCS). Kirim pesan ke semua orang dari perangkat seluler atau desktop dengan pesan teks yang andal dan chat yang kaya fitur.

c. Google Duo

Google Duo adalah aplikasi video call baru dan sederhana yang membuat anda dapat bertatap muka dengan semua orang yang anda sayangi. (sumber : duo.google.com)

d. Google Chat

Google Chat merupakan aplikasi yang diproduksi oleh Google Corporation, dimana fungsinya adalah sebagai perantara pengirim dan penerima informasi atau dengan kata lain Google Chat dapat dipergunakan untuk menerima dan mengirim pesan.

6. Tetap Teratur

a. Google Photos

Google Photos adalah aplikasi penyimpanan foto online yang berbasis cloud. Setiap Foto yang anda simpan di smartphone akan secara otomatis dipindahkan ke cloud dan dapat langsung di akses di perangkat lainnya yang terhubung dengan akun anda.

b. Google Contact

Google Contact adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh Google yang dikembangkan untuk smartphone android dengan fungsi untuk memudahkan pengguna dalam mengolah dan mengatur daftar kontak atau nomor telepon.

c. Keep

Google Keep adalah layanan dari Google yang mempunyai fungsi sebagai Buku Catatan. Catatan yang kita masukan bisa berupa teks, daftar, gambar maupun audio.

d. Kalender

Google Kalender adalah aplikasi pengelolaan waktu yang diciptakan dan dikembangkan oleh Google.

7. Bekerja lebih cerdas

a. Dokumen

Google Dokumen adalah layanan yang berfungsi untuk melakukan pengolahan kata berbasis web yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan editing berkas secara online dan dapat berkolaborasi dengan pengguna lain secara real time.

b. Slide

Google Slide adalah aplikasi presentasi online yang dikembangkan google dan aplikasi presentasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan memformat presentasi secara real time dengan pengguna lainnya

c. Drive

Google Drive adalah layanan yang dikembangkan oleh google yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan tempat untuk berbagi file secara online. Google Drive mempunyai kapasitas penyimpanan 15 Gb untuk yang free.

d. Spreadsheet

Google Spreadsheet adalah aplikasi yang dikembangkan Google untuk membuat tabel, melakukan perhitungan sederhana dan untuk melakukan pengolahan data.

8. Kembangkan bisnis

a. Google Ads

Google Ads merupakan program periklanan online Google. Dengan Google Ads, pengguna dapat membuat iklan online untuk dapat dijangkau oleh orang-orang yang tepat dan pada saat mereka tertarik pada produk dan layanan yang pengguna tawarkan

b. AdSense

Adsense adalah suatu program kerjasama periklanan melalui media internet yang dikembangkan oleh Google. Melalui Adsense pemilik situs web, blog maupun youtube yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaanya diperbolehkan memasang unit iklan yang materi dan bentuknya ditentukan oleh google dan nantinya pemilik Website, Blog maupun Youtube akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari google untuk setiap iklan.

c. Profil Bisnis

Merupakan alat yang digunakan oleh bisnis dan organisasi untuk mengelola kehadiran di internet melalui Google, termasuk Penelusuran dan Maps.

d. Analytics

Adalah tools yang memudahkan pemilik website untuk memantau trafik.

9. Produk dan Layanan Lainnya

Disamping Produk dan layanan yang sudah dijelaskan sebelumnya ada juga Produk dan Layanan yang sering kita butuhkan dalam melakukan kegiatan. Diantaranya :

a. Google Formulir

Merupakan layanan yang dikembangkan oleh google yang memungkinkan kita untuk membuat survey, kuisioner, formulir pendaftaran online dan masih banyak kegunaan lainnya

b. Google Earth

Adalah sebuah program Globe Virtual atau Memetakan Bumi dan Isinya secara Virtual.

c. Google Meet

Merupakan aplikasi video conference yang bisa digunakan lewat smartphone maupun web browser

d. Google Classroom

Merupakan platform gratis berbasis website yang dibuat dan dikembangkan untuk mempermudah kegiatan pembelajaran secara daring

e. Google Play Store

Google Play Store merupakan toko resmi khusus aplikasi, games, musik, film dan buku yang dikembangkan oleh google dan merupakan aplikasi yang ada di android.

f. Google One

Google One adalah paket langganan untuk penyimpanan yang diperbesar, yang menyertakan manfaat tambahan untuk membantu pengguna mendapatkan lebih banyak keuntungan

g. Play Game

Google Play Game adalah layanan permainan daring dan SDK yang dioperasikan oleh google untuk sistem android. Google play game juga menyimpan progres dari game yang sudah kita mainkan.

#Penutup

Demikianlah beberapa penjelasan tentang “Produk dan Layanan Google yang Perlu Kita Ketahui”. Semoga artikel ini dapat membantu rekan-rekan.

Artikel SebelumnyaSejarah Search Engine Google
Artikel SelanjutnyaMengenal SMKN 2 Negara

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini