Pasti diantara kalian sudah banyak mendengar tentang jaringan komputer, apalagi yang sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan. Kali ini maimelajah.com akan mengulas mengenai Pengertian Fungsi Jenis Jaringan Komputer itu sendiri, kita langsung saja ya?

Pengertian Fungsi Jenis Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah suatu sistem yang didalamnya terdiri dari dua atau lebih perangkat komputer serta perangkat-perangkat lainnya dibuat atau dirancang untuk dapat berkerja sama dengan tujuan agar dapat berkomunikasi, mengakses informasi, meminta serta memberikan layanan atau service antara komputer satu dengan yang lainnya.

Fungsi dan Manfaat Jaringan Komputer

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan apabila kita mempunyai jaringan komputer diantaranya :  

  1. Dapat Menghemat Biaya, dengan jaringan komputer kita dapat menekan biaya untuk kebutuhan perangkat-perangkat periperal, karena sumber daya yang ada bisa dibagi dan digunakan bersama-sama. Contohnya, kita mempunyai satu buah printer, printer tersebut dapat digunakan oleh banyak User atau Pengguna, jadi kita tidak perlu menyediakan satu printer untuk satu komputer.
  2. Mempercepat Proses Sharing Data (Berbagi Data). Biasanya untuk berbagi data kita menggunakan perangkat tambahan seperti Flashdisk, akan tetapi dengan adanya jaringan komputer, transfer data akan lebih cepat bahkan dapat menjangkau jarak yang cukup jauh sekalipun. Hal tersebut dapat mempermudah pengguna untuk mendapatkan file data yang diperlukan.
  3. Menjaga Informasi agar tetap up-to-date dan andal. Dengan kita membuat jaringan komputer dengan sistem penyimpanan data yang terpusat serta dikelola dengan sangat baik pada komputer server, maka pengguna dapat mengakses dari berbagai tempat yang berbeda dan dapat membatasi akses ke data tertentu sewaktu data tersebut sedang diproses.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

1. Berdasarkan Letak Geografis atau Jangkauan

  • PAN (Personal Area Network) adalah jaringan komunikasi satu perangkat lain dengan perangkat lainnya dalam jarak sangat dekat. Contoh, menghubungkan HP dengan Laptop menggunakan Bluetooth, menghubungkan Mouse dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
  • LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencangkup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.
  • MAN (Metropolitan Area Network) adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan dan sebagainya.
  • WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau negara, atau dapat diidefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. Internet merupakan contoh dari jaringan WAN.

Untuk lebih lengkap mengenai jenis Jaringan berdasarkan Letak Geografis maimelajah.com akan mengulasnya lebih jauh pada artikel berikutnya  

Baca :
Jaringan Komputer PAN (Personal Area Network)
Jaringan Komputer LAN (Local Area Network)
Jaringan Komputer MAN (Metropolitan Area Network)

2. Berdasarkan Fungsinya

  • Jaringan Komputer Peer to Peer merupakan kodel jaringan komputer dimana dalam jaringan komputer tersebut, setiap komputer dapat difungsikan sebagai Client dan juga sebagai Server
  • Jaringan Komputer Client Server merupakan sebuah jaringan komputer dimana salah satu dari komputer difungsikan sebagai Server yang bertugas melayani komputer lain yang difungsikan sebagai Client

3. Berdasarkan Topologinya

  • Topologi Ring
  • Topologi Bus
  • Topologi Star
  • Topologi Mesh
  • Topologi Tree

Untuk lebih lengkap mengenai jenis Jaringan berdasarkan Topologinya maimelajah.com akan mengulasnya lebih jauh pada artikel berikutnya  

4. Berdasarkan Media Transmisi

  • Jaringan Komputer Menggunakan Media Kabel (Wired Network)
  • Jaringan Komputer Tanpa Menggunakan Media Kabel (Nirkable)

Untuk lebih lengkap mengenai jenis Jaringan berdasarkan Media Transmisinya maimelajah.com akan mengulasnya lebih jauh pada artikel berikutnya  

5. Berdasarkan Distribusi Sumber Transmisi Datanya

  • Jaringan Komputer Terpusat (Host Based Network)
  • Jaringan Komputer Terdistribusi (Distributed Network)

Untuk lebih lengkap mengenai jenis Jaringan berdasarkan Distribusi Sumber Datanya maimelajah.com akan mengulasnya lebih jauh pada artikel berikutnya

Penutup

Demikian penjelasan singkat mengenai Pengertian Fungsi Jenis Jaringan Komputer. Terima Kasih

Artikel SebelumnyaJenis Software Pendukung Kelas Maya
Artikel SelanjutnyaJaringan Dasar Komputer Semester 1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini