Jika kalian familiar dalam jaringan komputer dan juga internet, pastinya kalian mengenal istilah Mikrotik. Mikrotik adalah salah satu sistem operasi yang tertanam pada perangkat yang digunakan dalam membangun jaringan komputer dan internet, begitu juga saat kita ingin membangun sebuah RT/RW Net pasti kita menggunakan perangkat yang tertanam sistem operasi ini. Pengusaha RT/RW Net maupun Warnet hampir semuanya menggunakan Mikrotik. Nah maka dari itu kali ini maimelajah.com akan mencoba membahas tentang artikel Mengenal Lebih Lengkap tentang Mikrotik.

Mari kita simak penjelasan berikut ini

#Pengertian Mikrotik

Apa itu Mikrotik? Mikrotik adalah sebuah sistem operasi berupa perangkat lunak yang digunakan dalam sebuah komputer, dimana nantinya komputer tersebut menjadi sebuah router jaringan. Mikrotik ini sangat cocok untuk membangun sebuah sistem jaringan komputer dengan skala kecil maupun besar.

Perangkat komputer ini memiliki banyak fitu unggulan yang dimana tidak dimiliki oleh router umumnya, seperti IP Network jaringan Wireless, Web Proxy Monitoring, dan Hotspot. Mikrotik juga menggunakan Sistem Operasi Linux.

Mengenal Lebih Lengkap tentang Mikrotik
Winbox

Walaupun Mikrotik memiliki fungsi sebagai jaringan internet, akan tetapi Mikrotik tidaklah sama dengan Perangkat Keras Router lainnya. Salah satu yang membedakannya dengan Router diantaranya Mikrotik memiliki Fitur tambahan seperti :

  • Firewall dan NAT
  • Caching DNS Client
  • Point to Point Tunneling Protocol
  • Routing Static Routing
  • UpnP
  • IPsec
  • SNMP
  • Monitoring
  • MNDP
  • NTP
  • M3P
  • Hotspot

Dan masih banyak fitu lainnya yang terdapat pada Mikrotik

#Fungsi Mikrotik

Mikrotik mempunyai fungsi sebagai berikut :

1. Menjadi Hotspot

Mikrotik digunakan oleh provider atau pengusaha warnet maupun RT/RW Net sebagai Hotspot untuk memberikan layanan ke pada pelanggan. Dimana dengan mikrotik kita dapat mengatur pembagian atau management bandwidth pada layanan yang kita berikan pada pelanggan.

2. Mengelola Sistem Jaringan Komputer

Semua konfigurasi sistem jaringan pada Mikrotik dilakukan secara terpusat dan tertata. Ini yang memungkinkan Admin suatu jaringan untuk dapat mengelola sistem dengan lebih mudah dan efisien

3. Menjadi Internet Gateway Lokal

Mikrotik juga digunakan untuk menghubungkan dan mengelola arus lalu lintas beberapa Jaringan LAN lokal (Local Area Network) di internet

4. Memberikan Otentikasi

Selain untuk pendistribusi dan pengelola jaringan, Mikrotik juga bisa digunakan untuk memberikan berbagai macam autentikasi pada jaringan. Salah satu fitur autentikasi user dalam mengakses internet adalah melalui login page yang ada hotspot. Mikrotik juga dapat digunakan untuk memblokir konten-konten yang berbahaya di internet.

#Jenis Mikrotik

Perusahaan mikrotik mengembangkan 2 produk mikrotik, bernama RouterBoard dan RouterOS. Berikut penjelasan dari kedua produk tersebut :

1. Mikrotik RouterOS

Mikrotik Jenis ini merupakan sistem operasi yang berbasis UNIX dan mampu menjadikan sebuah komputer biasa menjadi sebuah Router Mikrotik yang dimana memiliki fitur seperti bridge, hotspot, router, firewall, proxy server dan sebagainya. Dengan hanya RouterOS saja kita sudah mampu untuk membangun sebuah router sendiri dengan Spesifikasi Hardware yang sesuai dengan keinginan kita.

2. RouterBoard Mikrotik

Mikrotik jenis ini memanfaatkan Sistem Operasi yang sudah tertanam pada Perangkat Keras Router yang dikembangkan oleh perusahaan Mikrotik sendiri. RouterBoard jenis kita tidak perlu lagi melakukan instalasi pada perangkat keras, tinggal kita melakukan konfigurasi saja. RouterBoard jenis ini berukuran kecil, dan harganya juga terjangkau, dan banyak digunakan dalam membangun sebuah jaringan pada warnet, RT/RW Net maupun usaha internet lainnya.

#Penutup

Demikian penjelasan singkat tentang artikel kami yang berjudul Mengenal Lebih Lengkap tentang Mikrotik. Semoga artikel kami bermanfaat bagi teman-teman yang sudah membaca artikel kami. Dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya.

Sampai Jumpa di artikel kami selanjutnya terima kasih

Artikel SebelumnyaBenigna Prostat Hiperplasia atau BPH, Apa itu?
Artikel SelanjutnyaNANDA NIC NOC dalam Ilmu Keperawatan Kritis

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini