Google! siapa yang tidak mengenal Mesin Pencari/ Search Engine terbaik di Dunia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti mengenal nama besar Google. Mbah Google adalah sebutan orang-orang di Indonesia jika ingin menanyakan atau mencari sesuatu di internet. Karna dari itu maimelajah.com akan mencoba membahas mengenai “Sejarah Search Engine Google”.

google.com

#Siapa Pendiri Google?

Google didirikan oleh dua orang hebat yang merupakan Mahasiswa Pascasarjana Doktor di Standford University California, Amerika Serikat yakni Larry Page dan Sergey Brin. Pertemuan Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1995 menjadi cikal bakal berdirinya Mesin Pencari Google. Sebelum bernama Google, mereka awalnya membangun Mesin Pencari bernama BackRub.

Pendiri Google.com

BackRub sendiri merupakan sebuah proyek pertama yang dikerjakan oleh Larry Page dan Sergey Brin dan menggunakan server dari Stanford University. BackRub berasal dari sebuah Algoritma yang membentuk sebuah peringkat berdasarkan banyaknya backlink dari sebuah laman website.

Pada 1997 Mesin Pencari yang mereka buat yang sebelumnya bernama BackRub diganti dengan nama Googol. Googol merupakan istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Nama ini digunakan untuk menjelaskan misi Googol sebagai gudang informasi. Akan tetapi para investor rupanya salah mengeja nama Googol menjadi Google dan terlanjur menuliskannya ke dalam cek. Karena hal tersebut membuat Larry Page dan Sergey Brin akhirnya menggunakan Google sebagai nama Mesin Pencari mereka.

Tanggal 15 September 1997 mereka mendaftarkan Google.com sebagai mesin pencari. Tahun 1998 mereka meluncurkan Buletin Bulanan dengan Nama Google Friends Newsletter. Buletin ini memuat tentang informasi mengenai perusahaan.

Ketika awal berdiri Google mendapatkan suntikan investasi senilai 100 ribu dolar atau setara Rp. 1,3 miliar dari Co-Founder Sun, Andy Bechtolsheim dan keduanya mendapatkan kantor pertama di sebuah garasi milih Susan Wojcicki, yang sekarang menjadi CEO Youtube

Februari 1999 Google tumbuh dengan pesat dan kemudian Larry Page memindahkan kantornya yang semula berada di garasi ke sebuah kantor baru di Palo Alto, California. Berselang 7 bulan kemudian mereka pindah kantor ke Mountain View. Seiring berjalannya waktu pada paruh pertama 1999 popularitas Google melesat. Situasi ini membuat Google membutuhkan pendanaan baru untuk berinvestasi di server maupun sumber daya. Meskipun pada saat itu Google belum memperoleh penghasilan.

Selain sebagai mendiri Google, Larry Page juga pernah mencaji CEO perusahaan di tahun 2011 hingga 2015. Sementara Google masih dipimpin Page pada tahun 2015 untuk melakukan restrukturisasi dengan mendirikan perusahaan induk bernama Alphabet Inc.

Google sindiri mempunyai misi “Mengumpulkan Info Dunia dan membuatnya bisa di akses dan berguna oleh seluruh dunia”. Google juga mempunyai Slogan yang tak resmi yaitu “Don’t be evil”.

#Beberapa Produk dan Layanan Google

Selain Mesin Pencari Google atau Google Search, Google juga mempunyai banyak produk dan layanan yang terkenal di dunia dan banyak masyarakat sampai sekarang masih menggunakannya, antara lain :

  1. Google Search
  2. Android
  3. Youtube
  4. Youtube Music
  5. Blogger
  6. Gmail
  7. Google Drive
  8. Google Translate
  9. Google Map
  10. Google Books
  11. Google Docs
  12. Chrome Browser

Dan masih banyak lagi produk dan layanan dari Google yang nantinya akan maimelajah.com bahas pada kesempatan lainnya

#Penutup

Bagaimana? sudah jelas mengenai Sejarah berdirinya Google?. Mudah-mudahan dengan artikel ini dapat membuat teman-teman jadi mengenal Sejarah Search Engine Google walaupun sedikit.

Artikel SebelumnyaPenutupan Bulan Bahasa Bali Ke-4 SMKN 2 Negara
Artikel SelanjutnyaProduk dan Layanan Google yang Perlu Kita Ketahui

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini