Pada kesempatan yang berbahagia seperti saat ini, kami maimelajah.com akan mencoba membahas tentang “Mengenal SMKN 2 Negara” Salah satu yang akan kami bahas adalah mengenai salah satu sekolah yang ada di Prov. Bali, Kab. Jembrana, Kec. Negara, SMKN 2 Negara. Dijembrana sendiri terdapat 5 Sekolah Menengah Kejuruan, diantaranya : SMKN 1 Negara, SMKN 2 Negara, SMKN 3 Negara, SMKN 4 Negara, dan SMKN 5 Negara.

Sekolah yang berdiri tahun 1994 ini, pada saat ini mempunyai 5 Program Keahlian dan dibagi menjadi 6 Kompetensi Keahlian. Semenjak berdiri sampai saat ini, SMKN 2 Negara selalu eksis dalam Dunia Pendidikan. Terbukti dengan banyaknya torehan prestasi baik tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional.

#Mengenal SMKN 2 Negara

smkn 2 negara

SMKN 2 Negara beralamat Jl. Kresna, Ds. Baluk, Kec. Negara, Kab. Jembrana, Prov. Bali berdiri pada Tanggal 4 Oktober 1994 sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Pendirian No. 0260/0/1994. Surat Keputusan tersebut diterbitkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada saat itu.

SMKN 2 Negara berdiri pada tahun pelajaran 1993/1994 dan awalnya bernama Sekolah Menengah Teknologi Pertanian (SMPT) Jembrana. Pertama kali jurusan yang dibuka adalah Jurusan Budidaya Tanaman, Budidaya Ternak dan Usaha Tani Terpadu. Seiring dengan perkembangan zaman. SMKN 2 Negara sampai dengan saat ini mempunyai 5 Program Keahlian dengan 6 Kompetensi Keahlian. Saat ini SMKN 2 Negara berada pada Lahan dengan Luas 8,8 Ha.

Saat ini Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMKN 2 Negara berjumlah 65 Guru dan 25 Tenaga Kependidikan.

Sumber :

smkn2negara.sch.id

#Kompetensi Keahlian

SMKN 2 Negara sampai saat ini mempunyai 5 Program Keahlian dan dibagi menjadi 6 Kompetensi Keahlian diantaranya :

1. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)

Kompetensi Keahlian pertama yang akan kami bahas adalah Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO). TKRO berada pada Program Keahlian Teknik Otomotif dimana TKRO merupakan salah satu Kompetensi Keahlian yang paling diminati oleh siswa/i yang baru tamat Sekolah Menengah Pertama. Untuk Tahun Pelajaran 2021/2022, TKRO membuka 2 Rombel.

TKRO sendiri kompetensi keahlian yang menitik beratkan segala materi yang berhubungan dengan kendaraan terutama kendaraan roda empat (Mobil).

Semakin majunya teknologi di bidang otomotif merupakan sebuah peluang yang sangat besar karna peluang kerja di bidang otomotif akan sangat banyak. Khususnya Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)

2. Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM)

TBSM

Selanjutnya Kompetensi Keahlian yang akan kami bahas adalah Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Sama dengan Kompetensi Keahlian TKRO, TBSM juga berada pada Program Keahlian Teknik Otomotif. Dimana TBSM di SMKN 2 Negara merupakan kompetensi yang juga paling diminati oleh siswa/i di kab. jembrana dan yang baru tamat Sekolah.

Kompetensi Keahlian ini memiliki perbedaan yang signifikan yaitu lebih memfokuskan pada keterampilan dalam penguasaan dalam melakukan perawatan dan perbaikan mesin sepeda motor. Diantaranya seperti Sistem Kelistrikan sepeda motor, Chasis dan Kreatif dalam modifikasi

Peluang kerja sangatlah menjamin diantaranya :

  1. Dibidang Industri Otomotif (tidak hanya di dealer saja, tetapi bisa menjadi seorang perancang body, transmisi, sasis, hingga engine)
  2. Menjadi periset
  3. Bekerja di perusahaan Multinasional
  4. Teknisi
  5. Modifikator
  6. dan Mampu berwirausaha (Membuka Bengkel)

Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) SMKN 2 Negara sudah bekerja sama dengan Honda Astra Motor. Jadi Siswa/i yang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan bisa langsung ditempatkan di Bengkel Resmi Honda. Dan peluang kerja di Bengkel Resmi juga sangat besar.

3. Agribisnis Ternak Unggas (ATU)

Kompetensi Keahlian ke-3 yang akan kami bahas adalah Agribisnis Ternak Unggas (ATU) SMKN 2 Negara. ATU adalah salah satu Kompetensi Keahlian yang ada di SMKN 2 Negara, dimana jurusan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan siswa/i agar kompeten di Bidang Peternakan baik Pengetahuan, Keterampilan maupun Menumbuhkan jiwa Kewirausahaan.

Kompetensi Keahlian ATU di SMKN 2 Negara telah menjalin kemitraan dengan Dinas Peternakan, Instansi Terkait, Lembaga Pendidikan maupun Peternak Lokal dalam pelaksanaan Kegiatan Praktek Kerja Lapangan. ATU SMKN 2 Negara juga menjalin kerjasama dengan Kompetensi Keahlian Charoen Phokpand, Japfa Foundation dan yang lainnya.

Lulusan ATU SMKN 2 Negara telah banyak membuka usaha mandiri di bidang peternakan, dan ada pula yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan program beasiswa.

4. Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura (ATPH)

Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura (ATPH) SMKN 2 Negara adalah Kompetensi Keahlian yang dimana siswa/i nya akan diberikan pengetahuan, keterampilan mengenai ilmu pertanian/agribisnis.

Lulusan ATPH banyak yang telah bekerja baik mandiri maupun direkrut oleh perusahaan. Dan ada pula yang pelanjutkan ke perguruan tinggi.

Kompetensi Keahlian ATPH SMKN 2 Negara juga mempunyai Laboratorium Kultur Jaringan yang dimana SMKN 2 Negara bekerjasama dengan PT. AHM melalui Yayasan Astra Honda Motor dalam memberikan bantuan peralatan dan bahan kultur jaringan.

5. Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI)

NKPI SMKN2 Negara merupakan disiplin ilmu yang mempelajari Nautika dan Perikanan. Nautika mempelajari tentang teknik bernavigasi dengan menggunakan kapal laut serta teknik dasar keselamatan di atas kapal. Sedangkan perikanan mempelajari teknik dan metode penangkapan ikan.

Siswa/i NKPI

NKPI merupakan program yang telah direkomendasikan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sehingga lulusan NKPI nantinya akan mendapatkan 2 Ijasah (ANKAPIN II dan Ijasah Sekolah)

6. Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPi)

Kompetensi Keahlian terakhir yang akan kami bahas adalah APHPi. Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPi) merupakan Jurusan yang mempelajari tentang bagaimana cara mengolah hasil perikanan mulai dari Pasca Panen hingga menghasilkan produk perikanan yang berkualitas tinggi yang zero waste dan ramah lingkungan.

Selain diajarkan bagaimana untuk mengolah produk perikanan, siswa juga diajarkan bagaimana cara menjual atau memasarkan produk yang mereka buat. Diharapkan dengan kegiatan tersebut siswa dapat berwirausaha secara mandiri.

#Lokasi

SMKN 2 Negara berlokasi di Jl. Kresna Ds. Baluk, Kec. Negara, Kab. Jembrana Prov. Bali.

#Penutup

Demikian artikel singkat tentang “Mengenal SMKN 2 Negara”. Semoga artikel ini bermanfaat bagi adik-adik SMP dalam menentukan pilihan ke tingkat selanjutnya.

Jangan lupa untuk mampir ke artikel kami yang lainnya. Dan terima kasih sudah berkunjung ke artikel “Mengenal SMKN 2 Negara”

Artikel SebelumnyaProduk dan Layanan Google yang Perlu Kita Ketahui
Artikel SelanjutnyaMengenal Kompetensi Keahlian TKRO

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini