Kelebihan utama aplikasi Microsoft Excel adalah kemampuan melakukan penghitungan dengan rumus matematika antar sel. Maka dari itu maimelajah.com pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai artikel yang berjudul “Beberapa Formula atau Rumus Excel yang Wajib Dikuasai”. Dalam penulisan rumus atau formula ke dalam sel atau cell pertama yang harus di ketik adalah dengan tanda sama dengan (=).

Jenis Operator Matematika yang Terdapat di Excel

Operator adalah simbol atau tanda yang memiliki fungsi tertentu dan digunakan untuk melakukan pemrosesan atau perhitungan data. Operator pada Excel menentukan tipe perhitungan yang ingin kita jalankan pada elemen sebuah rumus excel seperti penambahan, pengurangan, pembagian, perkalian dan lain sebagainya. Secara umum penggunaan operator matematika di excel mengikuti urutan aturan perhitungan matematika pada umumnya. Misal operator perkalian dan pembagian didahulukan daripada operator penjumlahan dan pengurangan. Namun kita dapat mengubah urutan ini dengan menggunakan tanda kurung “(………)”.

Terdapat 7 atau 8 operator matematika saja yang berlaku dalam excel dengan tingkat urutan tinggi ke rendah sebagaimana yang sudah sering dikenal sebagai berikut :

  1. Pangkat (^)
  2. Persen (%)
  3. Perkalian (*)
  4. Pembagian (/)
  5. Penjumlahan (+)
  6. Pengurangan (-)
  7. Penggabungan String teks (&)
  8. Pengelompokan atau Grouping dengan kurung “(…)”

Pada Excel dikenal empat macam tipe operator perhitungan yakni operator aritmatika, operator perbandingan, operator teks dan operator referensi.

1. Operator Matematika pada Excel

Digunakan untuk melakukan operasi matematika dasar.

Beberapa Formula atau Rumus Excel yang Wajib Dikuasai

2. Operator Perbandingan pada Excel

Jenis operator ini sering digunakan dalam fungsi-fungsi logika, contoh : fungsi IF, fungsi OR, fungsi AND, dan fungsi NOT. Saat dua nilai dibandingkan dengan operator perbandingan hasilnya adalah menyatakan nilai logika TRUE dan FALSE.

Beberapa Formula atau Rumus Excel yang Wajib Dikuasai

3. Operator Teks di Excel

Gunakan ampersand (&) untuk menggabungkan satu atau beberapa string teks untuk menghasilkan sebuah teks tunggal. Operator ini juga bisa digunakan untuk menggabungkan 2 teks atau lebih dengan Fungsi CONCANTENATE.

Beberapa Formula atau Rumus Excel yang Wajib Dikuasai

4. Operator Referensi Excel

Operator referensi secara umum digunakan untuk membuat sebuah referensi sel atau range pada excel

Yang termasuk operator referensi excel adalah :

  1. Titik dua “:” menunjukkan rentang sel atau cell range. Contoh B5:B9 (menunjukkan rentang antara sel B5 sampai dengan B9)
  2. Koma “,” untuk regional setting default english atau titik koma “;” untuk regional setting indonesia menunjukkan gabungan rentang sel. Contoh B5:B7;D5:D7, menunjukkan rentang sel B5,B6,B7 dan D5,D6,D7
  3. Spasi ” ” menunjukkan irisan rentang sel. Seringkali dalam penggunaanya operator ini menimbulkan error.
Beberapa Formula atau Rumus Excel yang Wajib Dikuasai

Formula atau Rumus pada Excel

1. SUM (syntax : =SUM(number1,[number2],…))

Selain menggunakan operator plus (+), penjumlahan di excel juga bisa dilakukan dengan menggunakan fungsi SUM yang telah disediakan oleh excel. Sebagai contoh untuk menjumlahkan data angka pada range C3 sampai C5 rumus excel yang digunakan adalah : =SUM(C3:C5)

Beberapa Formula atau Rumus Excel yang Wajib Dikuasai

2. AVERAGE (syntax : =AVERAGE(number1,[number2],…))

Average memiliki fungsi untuk mencari nilai rata-rata dari suatu veriabel. Sebagai contoh untuk menghitung nilai rata-rata dari data pada range A2 sampai dengan A7 rumus excel yang digunakan adalah =AVERAGE(A2:A7)

Beberapa Formula atau Rumus Excel yang Wajib Dikuasai

3. COUNT (syntax : =COUNT(value1,[value2],…))

Count memiliki fungsi untuk menghitung jumlah data atau cell yang berisi angka dari daftar argumen. Jadi fungsi count pada excel digunakan untuk mendapatkan jumlah entri atau banyak kemunculan data angka (number) dari sebuah range atau array.

Pada contoh diatas rumus Count digunakan untuk menghitung jumlah cell yang berisi angka pada range A2:A8. Hasilnya adalah 4. Pada range tersebut, sel yang berisi teks tidak ikut dihitung sebab fungsi Count pada excel menghitung data numeric atau angka saja.

4. MAX (syntax : =MAX(number1,[number2],…))

Max digunakan untuk mencari nilai/angka tertinggi dari sekumpulan data. Sebagai contoh : mencari nilai tertinggi dari sel A2 sampai dengan A15 menggunakan rumus =MAX(A2:A15)

5. MIN (syntax : =MIN(number1,[number2],…))

MIN digunakan untuk mecari nilai/angka paling rendah dari sekumpulan data. Sebagai contoh : mencari nilai terkecil atau terendah dari sel A2 sampai dengan A15 menggunakan rumus =MIN(A2:A15)

6. RANK (syntax : =RANK(Angka;Referensi;[order]))

Fungsi Rank adalah rumus yang digunakan untuk menentukan rangking atau peringkat sebua nilai pada sekelompok daftar nilai tertentu. Sederhananya Fungsi Rank adalah fungsi untuk merangking sebuah nilai.

Keterangan syntax :

  • Angka : nilai angka yang akan kita cari rangking atau peringkatnya
  • Referensi : sekumpulan nilai angka dapat berbentuk array, referensi sel atau daftar angka sebagai acuan perangkingan atau pemeringkatan.
  • [order] : diberi dengan angka 0 atau 1 sebagai acuan pengurutan daftar nilai. Jika 0 atau dikosongkan maka daftar nilai seolah-olah akan diurutkan secara descending atau menurun. Dan jika diberi nilai 1 daftar nilai akan diurutkan secara ascending atau dalam urutan naik.

Dalam penulisan rumus pada gambar diatas =RANK(C11,$C$2:$C$11,0), jadi ranking 1 ada pada nilai 90. Kenapa ada tanda $ pada penulisan rumus diatas? ini bertujuan agar saat kita copykan ke bawah rumus tersebut, range data atau daftar nilai tersebut tidak berubah.

7. IF (syntax : =IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false]))

Fungsi IF digunakan untuk mengembalikan atau menampilkan suatu nilai jika ada sebuah kondisi atau pernyataan bernilai BENAR, dan menampilkan nilai lain jika kondisi atau pernyataan bernilai SALAH.

Keterangan Syntax :

  • logical_test : Argumen ini berisi ekspresi logika yang bisa dievaluasi ke dalam nilai TRUE atau FALSE. Argumen ini merupakan kriteria acuan untuk menentukan nilai yang akan dihasilkan oleh rumus excel IF
  • [value_if_true] : Nilai yang akan dihasilkan jika hasil evaluasi Tes Logika bernilai TRUE. Argumen ini merupakan nilai yang akan dihasilkan jika kondisi terpenuhi
  • [value_if_false] : (Opsional) Nilai yang ingin kita hasilkan jika argumen Tes Logika mengevaluasi FALSE. Argumen ini merupakan nilai jika hasil tes logika tidak terpenuhi.

Contoh sederhana dari penulisan rumus IF :

IF Tunggal

Contoh rumus IF lulus tidak lulus sebagai contoh penggunaan rumus IF tunggal pada excel :

IF Ganda

Fungsi atau rumus IF bisa juga dimasukkan ke dalam fungsi IF yang lainnya. IF jenis ini sering disebut IF Ganda, IF Bertingkat, IF Bersarang, IF Bercabang atau bisa juga disebut Nested IF Function

Cara menggunakan rumus if ganda adalah dengan memasukkan fungsi IF lain ke dalam argumen “Kondisi Terpenuhi” atau argumen “Kondisi Tidak Terpenuhi” atau pada keduanya sekaligus.

Contoh IF Ganda dengan Kondisi Terpenuhi :

syntax : =IF(TesLogika1;IF(TesLogika2; KondisiTerpenuhi2; [KondisiTidakTerpenuhi2]);[KondisiTidakTerpenuhi1])

Contoh IF Ganda dengan Kondisi Tidak Terpenuhi :

syntax : =IF(TesLogika1; KondisiTerpenuhi1; IF(TesLogika2; KondisiTerpenuhi2; [KondisiTidakTerpenuhi2]))

8. LOOKUP (syntax : =LOOKUP(lookup_value,array))

Fungsi LOOKUP digunakan untuk mencari sebuah nilai data pada suatu kolom maupun suatu row. Fungsi LOOKUP ini sebenarnya sudah jarang digunakan karna sudah beralih ke 2 fungsi yaitu VLOOKUP dan HLOOKUP

9. VLOOKUP (syntax : =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup]))

Fungsi VLOOKUP digunakan untuk mecari suatu nilai data pada sebuah range atau tabel, kemudian setelah nilai tersebut ditemukan, akan memanggil atau menampilkan nilai di kolom yang lain dari tabel tersebut berdasarkan urutan kolom (index kolom) yang diinginkan.

10. DATE (syntax : =DATE(year,month,date)

Date digunakan untuk menampilkan nomor seri sekuensial yang merepresentasikansuatu tanggal tertentu.

Penutup

Demikian penjelasan yang cukup panjang dari artikel Beberapa Formula atau Rumus Excel yang Wajib Dikuasai. Mungkin artikel Beberapa Formula atau Rumus Excel yang Wajib Dikuasai belumlah lengkap, tetapi artikel ini sudah hampir memenuhi dari Formula atau Rumus yang harus dikuasai dalam penggunaan Microsoft Excel. Akhir Kata Terima Kasih.

Artikel SebelumnyaCara Membuat Grafik pada Excel 2016
Artikel SelanjutnyaPengertian PowerPoint Fungsi Serta Manfaatnya

18 KOMENTAR

  1. Rumus oh rumus… Sering lupa2 jadi bikin pusing.. liat penjelasan dari artikel ini jadi lbh ngerti skrg. Makasih infonya..😁👍

  2. Lagi kursus excel ehh nemu artikel ini jadi bisa tambah ilmu belajar nya deh. Karena excel bakal berguna banget di dunia kerja

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini