Perbedaan Fungsi dari Warna Kabel Jaringan UTP

Pada kesempatan kali ini maimelajah.com akan membahas tentang Perbedaan Fungsi dari Masing-Masing Warna pada Kabel Jaringan UTP. Dimana Kabel UTP tidak asing lagi bagi orang yang bergerak di bidang IT. UTP atau Unshielded Twisted Pair adalah kabel sebagai salah satu media transmisi dalam jaringan Local Area Network (LAN). Kabel UTP terbuat dari bahan penghantar tembaga, isolasi dari plastik serta terbungkus oleh bahan isolasi yang bisa melindungi dari api serta kerusakan fisik

Kabel ini terdiri dari empat pasang yang saling berbelit, yang masing-masing pasangnya mempunyai warna berbeda-beda. Kabel ini tidak mempunyai pelindung dari interferensi elektromagnetik, akan tetapi kabel ini banyak dipakai sebab harganya yang murah serta fungsinya yang sesuai dengan standar yang diterapkan.

Setiap warna pada kabel ini tersimpan kegunaan yang berbeda-beda sebagai media transmisi data. Kebanyakan orang sudah mengetahui bahwa fungsi kabel UTP sebagai media pengantar informasi dalam sebuah jaringan komputer yang menghubungkan antara komputer dengan Modulator Demulator (modem) maupun antara komputer satu dengan komputer lainnya dalam satu area jaringan.

Terdapat 8 warna pada kabel UTP yang dimana masing-masing warna mempunyai perbedaan fungsi. Berikut ini merupakan fungsi dan kegunaan dari setiap warna pada kabel UTP :

Fungsi Warna Kabel UTP

  • Orange : Kabel berwarna Orange berfungsi sebagai media penghantar paket data
  • Putih Orange : Kabel berwarna Putih Orange berfungsi sebagai media penghantar paket data
  • Hijau : Kabel berwarna Hijau berfungsi sebagai media penghantar paket data
  • Putih Hijau : Kabel berwarna Putih Hijau sebagai media penghantar paket data
  • Biru : Kabel berwarna Biru sebagai media penghantar paket suara
  • Putih Biru : Kabel berwarna Putih Biru sebagai penghantar paket suara
  • Cokelat : Kabel berwarna Cokelat berfungsi untuk menghantarkan tegangan DC
  • Putih Cokelat : Kabel berwarna Putih Cokelat berfungsi untuk menghantarkan tegangan DC

Demikian pembahasan singkat tentang Perbedaan Fungsi dari Masing-Masing Warna pada Kabel Jaringan UTP semoga aritkel ini dapat membantu dalam memahami tentang jaringan komputer terutama mengenai perbedaan dan fungsi dari warna kabel UTP.

Ajunk Kalpa

-

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: