Pijat Kaki Pasien Hipertensi merupakan salah satu tindakan alternatif yang dilakukan untuk mengendalikan tekanan darah pasien. Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi merupakan suatu gangguan pada pembuluh darah yang mengakibatkan penurunan suplai oksigen dan nutrisi . Hipertensi juga sering diartikan sebagai suatu keadaan dimana tekanan darah sistolik lebih dari 120 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 80 mmHg. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pijat kaki terhadap hipertensi. Studi literature review adalah cara yang dipakai untuk mengumpulkan data atau sumber yang berhubungan pada suatu topik tertentu yang didapat dari sumber, jurnal, buku dan pustaka lain, dengan jumlah refrensi yang digunakan adalah 9 jurnal. Dari 9 review jurnal yang telah dilakukan didapatkan bahwa adanya pengaruh pijat kaki terhadap penurunan tekanan darah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi lebih siginifkan setelah melakukan pijat kaki dibandikan sebelum melakukan pijat kaki

#Pengertian Hipertensi

Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi merupakan suatu gangguan pada pembuluh darah yang mengakibatkan penurunan suplai oksigen dan nutrisi . Hipertensi juga sering diartikan sebagai suatu keadaan dimana tekanan darah sistolik lebih dari 120 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 80 mmHg (Sari, 2017). Hipetensi dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu hipertensi primer dan sekunder. 90% dari semua kasus hipertensi adalah primer. Tidak ada penyebab yang jelas tentang hipertensi primer, namun ada beberapa teori yang menunjukkan bahwa faktor genetik dan perubahan hormon bisa menjadi fakor pendukung. Hipertensi sekunder merupakan hipertensi yang diakibatkan oleh penyakit tertentu. Komplikasi hipertensi meningkat setiap tahunnya.

WHO pada tahun 2013, menyebutkan bahwa di dunia terdapat 17.000 orang per tahun meninggal akibat penyakit kardiovaskuler dimana 9.400 orang diantaranya disebabkan oleh komplikasi dari hipertensi. Prevalensi hipertensi dunia mencapai 29.2% pada laki-laki dan 24.8% pada perempuan . Prevalensi hipertensi ini akan terus meningkat dan diprediksi pada tahun 2025 sebanyak 29 % orang dewasa di seluruh dunia menderita hipertensi . Di Indonesia sendiri, survey Kesehatan Rumah Tangga Departemen Kesehatan RI 2013 menyebutkan sekitar 16-31% dari populasi masyarakat Indonesia di berbagai provinsi menderita hipertensi. Pengobatan non farmakologis dapat digunakan sebagai pelengkap untuk mendapatkan efek pengobatan pada saat obat anti hipertensi diberikan. Pengobatan non farmakologis yang dapat dilakukan pada penderita hipertensi meliputi: teknik mengurangi stres, penurunan berat badan, pembatasan alkohol, natrium dan tembakau, olahraga atau latihan, relaksasi, dan akupresur merupakan intervensi yang bisa dilakukan pada terapi hipertensi .

Intervensi lain yang dapat dilakukan untuk menurunkan hipertensi adalah pijat refleksi .Pijat refleksi adalah suatu praktik memijat titik-titik tertentu pada tangan dan kaki. Manfaat pijat refleksi untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Salah satu khasiatnya yang paling populer adalah untuk mengurangi rasa sakit pada tubuh(Chania, 2018). Manfaat lainnya adalah mencegah berbagai penyakit, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mengatasi stress, meringankan gejala migrain, membantu penyembuhan penyakit kronis, dan mengurangi ketergantungan terhadap obat- obatan. Teknik-teknik dasar yang sering dipakai dalam pijat refleksi diantaranya: teknik merambatkan ibu jari, memutar tangan dan kaki pada satu titik, serta teknik menekan dan menahan. Rangsangan-rangsangan berupa tekanan pada tangan dan kaki dapat memancarkan gelombang- gelombang relaksasi ke seluruh tubuh. Berdasarkan latar belakang diatas peneliti ingin melakukan studi literature, maka peneliti ingin melakukan tindakan pijat kaki terhadap penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi.

#Unduh Materi

Download materi Pijat kaki pada pasien hipertensi selengkapnya disini : Literatur review

#Penutup

Demikian penjelasan singkat tentang artikel kami yang berjudul Pijat Kaki Pasien Hipertensi, Intip Infonya yukk!. Penjelasan lengkap bisa kalian download pada link diatas. Semoga artikel kami bermanfaat bagi teman-teman yang sudah membaca artikel kami. Dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya.

Sampai Jumpa di artikel kami selanjutnya terima kasih

Artikel SebelumnyaHUT Ke-28 SMKN 2 Negara di Meriahkan Oleh Made Gimbal
Artikel SelanjutnyaBalon Blowing Pasien PPOK
Salah satu Perawat di RSU yang ada di Bali dan Hobby suka Menulis

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini