Pada kesempatan kali ini maimelajah.com akan membahas Artikel tentang Askep Anak pada Sistem Hematologi tentang mengenai Penyakit Darah pada anak yang sering ditemukan. Mari kita simak tentang penyakit darah pada anak pada penjelasan dibawah ini :

Dengue Hemoragic Fever (DHF)

Adalah suatu  infeksi  arbovirus akut yang masuk ke dalam tubuh melalui gigitan nyamuk spesies aides. Penyakit ini sering menyerang anak, remaja, dan dewasa yang ditandai dengan demam, nyeri otot dan sendi. Demam Berdarah Dengue sering disebut pula Dengue Haemoragic Fever ( DHF ).

Anemia

Adalah Penurunan kualitas/kuantitas eritrosit dlm sirkulasi darah

Leukemia

Adalah istilah umum yang digunakan untuk keganasan pada sumsum tulang dan sistem limpatik (Wong, 1995).   Leukemia adalah neoplasma ganas sel induk hematopoesis yang ditandai oelh penggantian secara merata sumsum tulang oleh sel neoplasi. (Robbins & Kummar,1995).

Thalasemia

Adalah penyakit anemia hemolitik dimana terjadi kerusakan sel darah merah didalam pembuluh darah sehingga umur erirosit menjadi pendek.

Idiopatik Trombositopenia Purpura (ITP)

Adalah suatu penyakit perdarahan yang didapat (acquired) sebagai akibat dari penghancuran trombosit yang berlebihan, yang ditandai dengan trombositopenia (TR < 150000/mm). Purpura gambaran darah tepi yang umumnya normal dan tidak ditemukan penyebab trombositopeni lainnya

Unduh Materi

Terima Kasih telah mampir ke artikel Askep Anak Pada Sistem Hematologi. Dan untuk materi selengkapnya bisa di Unduh pada link dibawah ini :

Artikel SebelumnyaAsuhan Keperawatan Bayi Baru Lahir
Artikel SelanjutnyaAskep Anak pada Sistem Imunologi
Salah satu Perawat di RSU yang ada di Bali dan Hobby suka Menulis

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini