Format Blangko Denver (DDST)

Pada kesempatan kali ini maimelajah.com akan membagikan Format Blangko Denver (DDST). Tes Denver II merupakan alat skrining untuk menemukan penyimpangan perkembangan pada anak pasca kelahiran hingga pada usia 6 tahun. Tes Denver ini bukan bagian dari Tes IQ sehingga tidak digunakan untuk menganalisis kemampuan intelektual, adaptif perkembangan anak di masa datang. DDST (Denver Developmental Screening Test) merupakan suatu metode pengkajian yang digunakan untuk menilai perkembangan anak usia 0-6 tahun.

Manfaat dari DDST adalah untuk menilai tingkat perkembangan anak seuai umurnya dan memantau anak yang diperkirakan memiliki kelainan dalam berkembang (Adriana, 2011)

Manfaat DDST

Denver II dapat digunakan dengan tujuan untuk menilai perkembangan anak yang tampak sehat dan anak yang tidak menunjukan adanya masalah pekembangan sesuai dengan rentang usia

Isi DDST

Denver II terdiri atas 125 item tugas perkembangan yang sesuai dengan umur anak antara 0 s.d 6 tahun dan dibagi kedalam beberapa aspek yaitu kepribadian/ tingkah laku sosial (personal sosial), gerakan motorik halus (fine motor adaptive), perkembangan motorik kasar (gross motor), dan perkembangan bahasa (language). Dalam perkembangan bahasa, anak diukur kemampuan untuk berbicara spontan, memberikan respon terhadap suara, dan mengikuti perintah. Bahasa meliputi segala bentuk komunikasi, baik secara lisan, isyarat, ekspresi, bahasa tubuh, tulisan atau seni. Bahasa merupakan aspek paling penting dan sering digunakan

Tujuan

Tujuan dari dilakukan tes ini adalah untuk menilai tingkat perkembangan bayi atau anak dengan resiko tinggi. Dengan demikian untuk memudahkan dalam pengelolaan data dan pelaksanaan Denver II, maka dibangun Sistem Informasi Kesehatan Tes Denver II. Sistem ini diharapkan mampu menjadi alat bantu dalam pelaksanaan tes Denver sehingga mampu mendeteksi sejak dini adanya ketergangguan.

Formulir DDST

Formulir DDST terdiri dari atas satu lembar kertas, pada bagian depan terdapat tentang test dan pada halaman belakang terdapat petunjuk
pelaksanaan.

  1. Pada halaman depan terdapat skala umur dalam bulan dan tahun pada garis horizontal atas dan bawah.
  2. Pada halaman depan kiri atas terdapat neraca umur yang menujukan 25%, 50%, 75% dan 90%.
  3. Pada kanan bawah terdapat kotak kecil berisi tes perilaku untuk membandingkan perilaku anak selama tes dengan perilaku pada keseharian.
  4. Pada bagian tengah terdapat 125 item yang di gambarkan dalam neraca umur 25%, 50%, 75%, dan 90% dari seluruh sample standar anak normal yang dapat melaksanakan tugas tersebut.

Blangko Denver II

Demikian penjelasan singkat tentang Format Blangko Denver (DDST). Terima kasih sudah berkunjung ke artikel kami.

Dexta

Salah satu Perawat di RSU yang ada di Bali dan Hobby suka Menulis

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: