Mengenal Istilah Post Partum

Pada kesempatan kali ini maimelajah.com akan membahas mengenai Mengenal Istilah Post Partum. Masa Nifas / puerperium adalah masa setelah persalinan yang diperlukan untuk pulihnya kembali alat-alat reproduksi yang lamanya kurang lebih sekitar 6 minggu. Nifas / puerperium adalah peroide waktu atau masa dimana organ-organ reproduksi kembali pada keadaan tidak hamil. Masa ini membutuhkan waktu sekitar 6 minggu. Proses perubahan pada organ-organ tersebut dinamakan “involusi”. Periode postpartum adalah waktu transisi selama pasangan beralih konsep dari tidak memiliki anak ke permulaan menjadi orangtua.

postpartm

Fase – Fase Post Partum

Reva Rubin (1972) membagi fase postpartum menjadi 3 fase, antara lain :

  1. Taking in (dependent)
    Berlangsung 2 – 3 hari postpartum , merupakan waktu refleksi bagi ibu. Ibu cenderung pasif, membutuhkan bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini disebabkan karena ibu mengalami ketidaknyamanan fisik setelah persalinan, seperti nyeri perineum, hemoroid, afterpains. Pada akhirnya, ibu tidak memiliki keinginan untuk merawat bayinya. Ibu masih focus pada pengalaman persalinan dan merasa kagum dengan bayinya.
  2. Taking Hold (dependent – independent)
    Dapat berlangsung hingga minggu ke-4 atau 5. Ibu memulai fase aktifnya, dimulai dengan memenuhi kebutuhan sehari-hari dan dapat mengambil keputusan. Selama fase taking hold, ibu mulai tertarik untuk merawat bayinya. Pada fase ini, ibu dapat diberikan pendidikan kesehatan tentang perawatan bayi dan mempraktikkan dengan pengawasan, seperti : mendukung kepala bayi, menyusui dengan benar atau menyendawakan bayi.
  3. Letting Go (interdependent)
    Pada fase ketiga ini, ibu mulai mendefinisikan kembali perannya. Ibu mulai melepaskan perannya yang dulu, dari mempersiapkan kelahiran menjadi ibu yang mempunyai anak. Ibu mampu menerima anak tanpa membandingkan dengan harapan terhadap anak pada saat menanti kelahiran. Ibu yang berhasil melewati fase ini akan mudah melakukan peran barunya.

Perawatan pada Ibu Post Partum

  1. Mobilisasi
    Ibu harus istirahat dan tidur terlentang 8 jam pasca persalinan. Kemudian boleh miring kiri-kanan. Pada hari ke-2 boleh duduk, hari ke-3 berjalan. Mobilitas yang dilakukan tergantung pada komplikasi persalinan, nifas dan sembuhnya luka.
  2. Diet
    Sebaiknya makan yang mengandung protein, banyak cairan, sayur dan buah-buahan.
  3. Miksi
    Bila bladder penuh dan tidak dapat miksi dapat dilakukan kateterisasi.
  4. Defekasi
    Bila sulit BAB, terjadi obstipasi dan berak keras dapat dilakukan laksans peroral atau rectal. Jika masih tidak bisa, dapat dilakukan klisma.
  5. Perawatan Payudara
    Perawatan seperti ketika hamil.
  6. Vulva Hygiene

Unduh Materi

Materi Lengkap tentang Mengenal Istilah Post Partum bisa di unduh pada link sebagai berikut : postpartum

Dexta

Salah satu Perawat di RSU yang ada di Bali dan Hobby suka Menulis

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: