Mengenal Vitamin A (Retinol) untuk Retina Mata, Vitamin A adalah sebuah vitamin yang larut lemak yang berperan penting dalam penglihatan, tumbuh kembang, kesehatan kulit, rambut, mukosa membran, sistim imun dan reproduksi. Vitamin A membantu regulasi sistim imun, yang mencegah atau melawan infeksi dengan membuat sel darah putih yang hancurkan bakteri dan virus dan juga membantu limposit dalam melawan infeksi. Juga mempertahankan kualitas kulit dan mukosa membrane yang berfungsi sebagai barier bakteri. Provitamin A carotenoid seperti beta carotene pada umunya aman karena tidak spesifik efek yang mengganggu kesehatan jika terlalu banyak karena konversinya menjadi vitamin A akan berkurang jika tempat penyimpatan tubuh penuh. Diet provitamin A yang tinggi dapat membuat kulit menjadi kuning, tapi tidakmembahayakan tubuh — maimelajah.com

Mengenal Vitamin A (Retinol) untuk Retina Mata

Bagaimana Mendapat Vitamin A (Retinol) yang Cukup

Memakan bermacam-macam makanan yang terdiri dari vitamin A (dan carotene) adalah cara terbaik untuk mendapat jumlah yang adekuat. Orang yang sehat yang diet nya seimbang sangat jarang sekali butuh suplemen. Namun jika terlalu banyak dapat bersifat toksik bagi tubuh. Berikut ini adalah piramida yang menunjukkan sumber – sumber dimana vitamin A atau retinol didapat.    

Mengenal Vitamin A (Retinol) untuk Retina Mata

Bagaimana Cara Mendapat Vitamin A Yang Baik?

Vitamin A dapat hilang dari makanan selama persiapan, pemasakan, atau dalam penyimpanan. Untuk mencegahnya :

  • Gunakan buah-buahan dn sayuran yang masih segar
  • Simpan sayuran dan buah-buahan dalam keadaan terbungkus dan simpan dalam kulkas

Kontroversi dan Isu Tentang Vitamin A

Penelitian membandingkan pada perokok yang ditambah diet 20 mg betacarotene dengan perokok yang ditambah diet tokoferol ternyata ditemukan perokok yang diberi diet beta carotene punya 46% lebih tinggi meninggal akibat kangker paru. Ada pernyataan bahwa beta carotene suplemen tidak dianjurkan untuk masyarakat umum, juga ini tidak termasuk penggunaan suplemen beta carotene sebagai suimber provitamin A untuk mencegah defisiensi pada masyarakat yang inadekuat nutrisi vitamin A.

Vitamin A and osteoporosis

Penelitian pada hewan, manusia, dan laboratorium menunjukan bahwa terdapat hubungan peningkatan intake vitamin A  dengan kelemahan tulang. Karena ada studi ada yang menunjukan vitamin A dapat melemahkan kemampuan vitamin D untuk membantu dalam penyerapan kalsium. Diet vitamin A yang lebih dari 1,500 mc g/day (lebih dari 2x yang dianjurkan pada wanita) terdapat pengurangan mineral tulang dan peningkatan risiko fraktur pinggang dibanding yang mengkonsumsi kurang dari 500 mc g/day, efeknya mengurangi estrogen. Pada laki laki tidak terdapat hubungan yang jelas.

Risiko Kelebihan Vitamin A

Hipervitaminosis A mengacu pada penyimpanan vitamin A yang berlebihan dalam tubuh yang mengarah pada ke gejala toksik. Efek yang tersering : kelainan hati, pengurangan mineral tulang dan disorder cns. Tandanya nausea, vomit, sakit kepala, pusing, pandangan kabur dan inkoordinasi otot. Kasus yang sering terjadi diet yang berlebih pada suplemen.

Kekurangan Vitamin A

Kekurangan vitamin A sering dihubungkan dengan diet keras dan alkoholik. Kekurangan zinc yang bermakna juga sering menyertai kekurangan vitamin A. Zinc dibutuhkan untuk sintesa retinol binding protein (RBP) yang berguna dalam transport vitamin A. oleh karena itu kekurangan zinc dapat hambat kemampuan tubuh dalam menangkut vitamin A ke jaringan tubuh dan penyimpananya dalam hati.

Nutrisi yang diperlukan seharusnya terpenuhi melalui konsumsi makanan. Dalam beberapa kasus penggunaan suplemen retinol akan menyebabkan kelebihan vitamin A. Bagaimanapun diet suplemen kecuali dalam beberapa kasus tidak dapat menggantikan diet yang sehat. Konsumsi makanan mengandung vitamin A akan lebih bermanfaat dalam rangka memenuhi vitamin A dalam tubuh

Penutup

Demikian penjelasan singkat mengenai artikel Mengenal Vitamin A (Retinol) untuk Retina Mata. Terima Kasih

Artikel SebelumnyaMengenal Low Back Pain (LBP) atau Penyakit Nyeri Pinggang
Artikel SelanjutnyaAsuhan Keperawatan Kamar Bedah
Salah satu Perawat di RSU yang ada di Bali dan Hobby suka Menulis

2 KOMENTAR

  1. Bagaimana mengobati kencing nanah tanpa obat?

    Mengobati kencing nanah tanpa obat mungkin sangat kecil kemungkinan yang bisa dilakukan dengan cara ini. Karena jika anda menderita penyakit maka anda harus melakukan pemeriksaan dan pengobatan dengan dokter yang tentunya akan diberikan obat yang sesuai dengan penyebabnya.
    Apa yang anda rasakan jika anda terkena atau terinfeksi penyakit menular seksual ini?

    1. Stress, Malu, Takut di Kucilkan
    2. Putus asa
    3. Malu untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter

    "Jika anda merasakan gejala atau tanda2 kencing nanah, jangan merasa malu untuk melakukan pemeriksaan. segera lakukan pengobatan secepat mungkin untuk membantu anda agar terhindar dari infeksi penyakit lain yang dapat di timbulkan dari penyakit kencing nanah."
    Silahkan konsultasikan keluhan yang anda rasakan pada kami. Klinik apollo merupakan salah satu klinik sepesialis kulit dan klamin terbaik di jakata. Ditunjang tekhnologi modern serta dokter yang sudah berpengalaman dibidangnya, kami dapat membantu memberikan solusi untuk keluhan penyakit kelamin yang anda rasakan.

    Kunjungi halaman facebook kami di : Klinik Spesialis Kelamin Apollo

    Kulup panjang | Kulup bermasalah tidak usah mau sunat

    Ejakulasi dini bisa sembuh | Sunat dewasa di klinik apollo

    Chat | Klini chat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini