Tahukah Kamu Manfaat dari Coklat

Cokelat, siapa yang  tidak mengenal coklat? Apa manfaat cokelat? Maka dari itu maimelajah.com akan mencoba membahas artikel yang berjudul “Tahukah Kamu Manfaat dari Coklat”. Kelezatan cokelat memang sudah dikenal ribuan tahun yang lalu. Dahulu cokelat adalah makanan mewah yang hanya dikonsumsi oleh raja maupun bangsawan dan dalam mitologi Yunani cokelat dikenal dengan nama “ Theobroma Cacao” yang berarti makanan para dewa. Awalnya coklat berasal dari kata “cacao” bahasa Indian suku olmek.

Kata ini kemudian dikembangkan oleh suku Aztec menjadi “xocolate” yang berarti pahit. Konon suku ini telah mengkonsumsi cokelat sejak 300 tahun sesudah masehi. Mereka mengeringkan biji cokelat secara tradisional, dihaluskan dan dikonsumsi sebagai minuman. Dalam perkembangannya cokelat hadir dalam beragam bentuk seperti cokelat bubuk, cokelat batangan hingga essen

Manfaat Cokelat

Meskipun cokelat memiliki beragam manfaat kita harus cermat dalam mengkonsumsi cokelat. Biasanya cokelat dibuat dengan menambah gula, susu, dan lemak. Bahan – bahan inilah yang membuat cokelat menjadi tinggi kalori dan bisa menyebabkan kegemukan, apalagi bila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Dipasaran banyak juga olahan cokelat seperti cookies cokelat, cake cokelat, brownies. Kudapan ini bisa saja menjadi tidak sehat karena cokelat diramu dengan bahan – bahan lain seperti tepung, gula, dan lemak yang semuanya tinggi kalori. Cara cermat mengkonsumsi cokelat adalah dengan bijak di dalam memilih bahan olahan cokelat.

Seperti cokelat batangan yang tanpa tambahan gula, cokelat blok rendah kalori atau cokelat yang divariasikan dengan buah segar atau susu rendah kalori sehingga tercipta hidangan yang sehat. Jika Anda ingin menikmati hidangan cokelat yang sehat cobalah kreasikan hidangan cokelat. Misalnya membuat cake cokelat rendah kalori dengan menggunakan tepung jagung, gandum utuh, atau tepung ubi sebagai pengganti terigu. Gunakan buah – buahan manis sebagai pengganti gula, sehingga kue tetap lezat meskipun hanya sedikit menambah gula. Mencelupkan potongan buah  ke dalam cokelat tim, merupakan cara yang tepat menikmati cokelat yang sehat.  Dilihat dari nutrisi terkandung cokelat merupakan sumber lemak nabati  yang baik. Mineral seperti kalsium dan fosfor juga cukup tinggi. Meskipun dalam jumlah kecil, kandungan protein di dalam cokelat cukup berarti. Bisa dilihat tabel kandungan nutrisi aneka jenis cokelat.

Cokelat merupakan makanan yang sempurna selain rasa yang lezat cokelat juga memiliki segudang manfaat yaitu :  

Manfaat cokelat 1 : Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut American Health Foundation mengkonsumsi cokelat dalam jangka panjang tidak meningkatkan kadar total kolesterol jahat atau LDL. Justru kandungan flavonoid pada cokelat dapat menjaga kesehatan jantung karena dapat menghambat oksidasi kolesterol LDL. Flavonoid juga meningkatkan kadar prostasiklin, substansi yang diproduksi endothelium pembuluh darah yang dapat mengahambat masuknya LDL ke pembuluh darah.  

Manfaat cokelat 2 : Antioksidan

Selain fungsi di atas, flavanoid juga berfungsi sebagai antioksidan pencegah kanker, procyanidin membersihkan senyawa radikal bebas di dalam tubuh dan membantu menghambat oksidasi enzim seperti lipoxygenase.  

Manfaat cokelat 3 : Meningkatkan libido seksual  

Mengkonsumsi cokelat juga terbukti dapat menimbulkan perasaan senang. Kandungan phenylethylamine juga membantu meningkatkan gairah seksual. Zat ini juga dapat memperbaiki suasana hati (mood). Zat theobromine dapat meningkatkan rasa waspada dan ketenangan jiwa.  

Hasil Olahan Cokelat

Cocoa butter/ mentega cokelat

Sebagian orang menyebitnya pasta cokelat. Bentuknya seperti pasta kental, terbuat dari lemak cokelat 50% ditambah gula, flavour dan bahan pengental. Biasanya digunakan untuk bahan es krim atau aneka dessert.  

Chocolate powder/ cokelat bubuk

Dibuat dari bungkil/ ampas biji cokelat setelah dipisahkan lemak cokelatnya. Bungkil ini dikeringkan dan digiling halus sehingga terbentuk tepung cokelat. Banyak digunakan sebagai campuran kue kering atau cake.

Dark cooking chocolate/ cokelat masak hitam

Terbuat dari cocoa butter, cocoa liquer, gula, lecithhin dan flavour. Jika komposisi ini ditambah dengan susu maka menjadi milk cooking chocolate. Penggunaannya untuk campuran aneka kue, seperti black forest, cookies, cake maupun wafer.

Muisjes/ rice chocolate

Bentuknya butiran menyerupai beras dengan aneka warna. Jika bentuknya bulat pipih disebut dengan cokelat chips. Biasanya digunakan untuk hiasan atau campuran kue, roti, cake dan biscuit. Cokelat jenis ini dibuat dari bungkil biji cokelat dan lemak yang diperkaya dengan gula, susu, minyak cokelat dan essen.

Resep Sehat Hidangan Cokelat

Pancake Cokelat

Bahan-Bahan  

  1. 2 butir telur
  2. 13 sendok makan tepung terigu serbaguna
  3. 5 sendok makangula pasir
  4. 4 sendok makan cokelat bubuk
  5. 1/2 sendok teh baking soda
  6. 3 sendok makan mentega
  7. 200 ml air minum  

Langkah Kerja

  1. Campur bahan kering, aduk rata.  
  2. Lelehkan mentega, Saya pake cara di tim, dan Sisihkan.  
  3. Kocok telur sampai berbusa, tambahkan air, aduk rata.  
  4. Campurkan telur dengan bahan kering, aduk rata sampai tidak ada gumpalan-gumpalan.  
  5. Tambahkan mentega cair, aduk rata.  
  6. Panggang adonan diatas teflon dengan api kecil, sesendok demi sesendok, gunakan sendok sayur. *teflon tdk perlu diberi margarin.  
  7. Tunggu sampai bersarang, balik, tunggu sebentar lalu angkat. 
  8. Beri toping sesuai kesukaan.

Kue Lapis Cokelat Labu

Bahan-Bahan

  1. 350 gr labu kuning, kukus dan haluskan
  2. 800 ml santan, dr 1 butir kelapa/santan kara
  3. 250 gr tepung beras
  4. 75 gr tepung kanji
  5. 200 gr gula pasir
  6. 1/2 sdt garam
  7. 1/2 sdt vanili bubuk
  8. 1/2 sdm pasta coklat/dcc dilumerkan

Langkah Kerja

  1. Didihkan santan, angkat, tunggu agak dingin.
  2. Campurkan labu halus ke dlm santan, aduk rata  
  3. Aduk jd satu; tep beras, tep kanji, gula, garam, vanili.
  4. Campurkan adonan labu ke dlmnya.
  5. Aduk rata, saring  
  6. Bagi adonan jd 2 bagian.
  7. Sebagian aduk dgn pasta coklat  
  8. Kukus lapis per lapis

Penutup

Demikian penjelasan singkat mengenai artikel Tahukah Kamu Manfaat dari Coklat. Semoga artikel Tahukah Kamu Manfaat dari Coklat bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih

Dexta

Salah satu Perawat di RSU yang ada di Bali dan Hobby suka Menulis

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: