Pada kesempatan kali ini maimelajah.com akan membahas mengenai Askep Anak pada Sistem Pernafasan. Dimana Pengertian dari penyakit saluran pernafasan merupakan salah satu penyebab kesakitan dan kematian yang paling serius pada anak karena saluran nafasnya masih sempit dan daya tahan tubuhnya masih rendah. Dengan mengetahui etiologi, patofisiologi, dan penanganan secara tepat akan meminimalkan risiko yang terjadi.

Dalam artikel Askep Anak pada Sistem Pernafasan akan dibahas tentang ASMA, Tuberkulosis (TBC), Infeksi Saluran Akut (ISPA).

Pengertian ASMA

Asma adalah terjadinya penyempitan saluran nafas akibat suatu proses peradangan (Inflamasi). Juga berarti suatu penyakit dengan ciri meningkatnya respon trakhea & bronkus terhadap berbagai rangsangan dengan manifestasi adanya penyempitan jalan nafas yang luas & derajadnya dapat berubah-ubah baik secara spontan maupun hasil pengobatan. 

Pengertian Tuberkulosis (TBC)

Tuberkulosis adalah suatu infeksi menular dan bisa berakibat fatal, yang disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosis, Mycobacterium Bovis atau Mycobacterium Africanum. Penyakit infeksi kronis dengan karakteristik terbentuknya tuberkel granuloma pada paru disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberkulosis. Bakteri ini berbentuk batang dan bersifat tahan asam sehingga di kenal juga sebagai “Batang Tahan Asam (BTA)”

Pengertian Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA)

ISPA merupakan singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut. Infeksi adalah masuknya kuman atau mikro organisma ke dalam tubuh manusia dan berkembang biak sehingga menimbulkan gejala penyakit.
Saluran Pernafasan adalah organ mulai dari hidung hingga alveoli beserta organ adneksanya seperti sinus-sinus, rongga telinga tengah dan pleura. ISPA secara anatomis mencakup saluran pernafasan bagian atas, saluran pernafasan bagian bawah (termasuk jaringan paru-paru) dan organ adneksa saluran pernapasan. Dengan batasan ini, jaringan paru termasuk dalam saluran pernapasan (Respiratory Tract)

Unduh Materi

Terima kasih sudah mampir ke artikel Askep Anak pada Sistem Pernafasan. Semoga artikel ini dapat membantu rekan-rekan semua dalam memahami materi ASMA, Tuberkulosis (TBC), Infeksi Saluran Akut (ISPA), dan untuk artikel lengkapnya dapat diunduh pada link berikut ini :

Artikel SebelumnyaAskep Anak pada Sistem Persarafan
Artikel SelanjutnyaAskep Anak pada Sistem Perkemihan
Salah satu Perawat di RSU yang ada di Bali dan Hobby suka Menulis

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini