Kejang pada anak adalah gejala penyakit serius yang paling sering terjadi pada sistem persarafan. Penyebab kejang pada anak dapat karena infeksi, kerusakan jaringan otak dan faktor lain yang dapat menyebabkan gangguan pada fungsi otak. Keadaan itu dapat dijumpai pada EPILEPSI, MENINGITIS, CEREBRAL PALSY, TETANUS, & HYDROCEPHALUS. Maka dari itu maimelajah.com akan membahas tentang Askep Anak pada Sistem Persarafan

Pengertian Epilepsi

  • Epilepsi adalah suatu penyakit yang ditandai dengan kecenderungan untuk mengalami kejang berulang.
  • Epilepsi juga mempunyai pengertian yaitu lepas muatan listrik yang berlebihan dan mendadak, sehingga penerimaan serta pengiriman impuls dalam/dari otak ke bagian-bagian lain dalam tubuh terganggu.
  • 2% dari penduduk dewasa pernah mengalami kejang dan sepertiga dari kelompok tersebut mengalami Epilepsi

Pengertian Meningitis

  • Meningitis adalah suatu infeksi/ peradangan dari meninges, lapisan yang tipis/encer yang mengelilingi otak dan jaringan saraf dalam tulang punggung, disebabkan oleh bakteri, virus, riketsia, atau protozoa yang dapat terjadi secara akut dan kronis.
  • Meningitis juga diartikan sebagai inflamasi akut pada meninges dan CSF (Wong, 2003), adalah suatu reaksi keradangan yang mengenai dan sebagian atau seluruh selaput otak (meningen) yang melapisi otak dan medula spinalis, yang ditandai dengan adanya sel darah putih dalam cairan serebrospinal.
  • Jadi, Meningitis adalah infeksi pada selaput otak yang ditandai adanya sel darah putih pada LCS.

Pengertian Cerebral Palsy

Cerebral Palsy (CP) adalah terminologi yang digunakan untuk mendeskripsikan kelompok penyakit yang mengenai pusat pengendalian pergerakan dengan manifestasi klinis yang tampak pada beberapa tahun pertama kehidupan dan secara umum tidak akan bertambah memburuk pada usia selanjutnya.

Pengertian Tetanus

  • Tetanus adalah suatu toksemia akut yang disebabkan oleh neurotoksin yang dihasilkan oleh Clostridium tetani ditandai dengan spasme otot yang periodik dan berat.
  • Penyakit akut dan mematikan karena exotoxin yang dibentuk oleh kuman anaerob bentuk spora.
  • Tetanus disebut juga dengan “Seven Day Disease

Pengertian Hydrocephalus

Hydrocephalus adalah akumulasi abnormal cairan cerebrospinal di dalam otak. cairan ini sering meningkatkan tekanan sehingga dapat memeras dan merusak otak.  

Unduh Materi

Terima kasih sudah mengunjungi artikel tentang Askep Anak pada Sistem Persarafan. Dan untuk materi lengkapnya dapat di unduh pada link dibawah ini

Artikel SebelumnyaAskep Anak pada Sistem Imunologi
Artikel SelanjutnyaAskep Anak pada Sistem Pernafasan
Salah satu Perawat di RSU yang ada di Bali dan Hobby suka Menulis

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini