Asparagus Diet dan Nutrisi (Resep Praktis dan Sehat)

Pada kesempatan kali ini maimelajah.com akan membahas mengenai artikel Asparagus Diet dan Nutrisi (Resep Praktis dan Sehat). Dulunya Asparagus adalah tanaman liar yang tumbuh di hutan. Kini asparagus merupakan sayuran bergengsi dengan harga relative mahal. Asparagus adalah tanaman semak berumpun yang tumbuh menjalar. Tingginya bisa mencapai 3 meter, berbatang silinder dengan bentuk daun menyerupai jarum. Tunas tanaman baru yang menyerupai rebung inilah yang dikonsumsi sebagai sayuran.

Kandungan Asparagus

Dilihat dari sisi nutrisi, asparagus mengandung beragam zat gizi yang sangat tinggi. Dilihat dari sisi nutrisi, asparagus mengandung beragam zat gizi yang sangat tinggi. Berbagai mineral dan juga vitamin terkandung di dalam asparagus ini. Jika anda mengkonsumsi sekitar 100 gram asparagus, maka anda akan terpenuhi kebutuhan akan vitamin K. Vitamin K ini berfungsi sebagai pembentuk dan perbaikan tulang. Vitamin K juga berguna untuk pengeluaran protrombin, zat yang diperlukan untuk pembekuan darah. Selain vitamin K, asparagus juga tinggi akan kandungan vitamin C, setiap 100 gram asparagus mengandung vitamin C sekitar 6,9 mg. Sedangkan vitamin A sekitar 905 IU. Ini artinya jika anda mengkonsumsi 100 gram asparagus setiap hari, maka anda akan tercukupi 32% kebutuhan vitamin C dan 19% kebutuhan vitamin A harian.

Kelebihan Asparagus

kelebihan lain dari asparagus adalah kandungan asam folat yang tinggi, yaitu 134 mcg/100 gram. Asam folat menjadi salah satu vitamin yang sangat penting bagi ibu hamil. Sintesis DNA dan pematangan sel darah merah sangat tergantung dari asupan asam folat. Kekurangan folat dapat menyebabkan anemia. Ketika seorang ibu hamil, simpanan folat dalam tubuh akan dimanfaatkan secara maksimal. Karena kehamilan, tubuh ibu memerlukan asam folat lebih banyak daripada biasanya untuk keperluan tumbuh – kembang janin. Bila kadar asam folat rendah maka akan menyebabkan bayi lahir cacat, mengalami gangguan syaraaf (spina bifida) atau retardasi mental. Karenanya sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi asparagus agar kebutuhan akan asam folat terpenuhi.

Asparagus merupakan sayuran yang rendah kalori dan tinggi serat. Sangat baik dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalani terapi diet. Kandungan serat dalam asparagus mampu mengikat zat karsinogen penyebab kanker. Serat juga membantu lancarnya proses pencernaan tubuh sehingga anda terbebas dari gangguan sembelit atau susah buang air besar. Beberapa lembaga ilmiah telah melakukan uji klinis terhadap asparagus. Terbukti sayuran ini mampu meningkatkan kesuburan pria. Kandungan asam amino asparagines merangsang ginjal membuang zat sisa metabolism tubuh. Zat aktif lain dipercaya meningkatkan sirkulasi darah dan membantu melepaskan deposit lemak dalam dinding pembuluh darah.

Baik dikonsumsi bagi penderita

Sangat baik dikonsumsi bagi anda yang berjerawat, penderita eksim, gangguan ginjal dan prostat. Bagi anda yang mengalami gangguan insomnia atau susah tidur, sangat dianjurkan mengkonsumsi asparagus. Di dalam asparagus mengandung tiptofan, triptofan merupakan asam amino penghasil serotonin. Serotonin merupakan hormone yang dapat mengendurkan saraf pusat otak dan bersifat menenangkan sehingga dapat menimbulkan rasa nyaman dan kantuk. Asparagus juga bersifat diuretic, ini disebabkan kandungan asam amino aspargin. Sifat diuretic ini dapat dimanfaatkan untuk membuang komponen yang bersifat toksik dari dalam tubuh melalui urine. namun perlu diingat, bagi penderita asam urat, disarankan untuk tidak berlebihan mengkonsumsi asparagus. Kandungan purin di dalam asparagus cukup tinggi sehingga dapat memicu kambuhnya asam urat.

Jenis Asparagus

Di pasaran dijual dua jenis asparagus, yaitu asparagus putih dan hijau. Asparagus putih diperoleh dari tunas batang muda yang masih terpendam di dalam tanah, sedangkan asparagus hijau adalah tunas muda yang sudah muncul dari dalam tanah.   

Asparagus Diet dan Nutrisi

Asparagus putih maupun hijau, masing – masing memiliki karateristik yang berbeda. Asparagus putih bercitarasa lembut, lebih renyah dan lebih mudah masak. Jangan memasak terlalu lama untuk jenis ini karena tekstur akan menjadi lunak. Cocok diolah sebagai salad, tumisan, soup, setup sayuran atau dimasak dengan seafood dan saus putih/keju.

Asparagus hijau kulitnya lebih liat sehingga perlu dikupas bagian pangkal batangnya sebelum diolah. Cocok menjadi bahan baku soup, salad, pelengkap main course, tumisan atau campuran olahan daging. Agar warna hijau asparagus tetap segar, tambahkan garam dapur pada air rebusan, angkat dan siram dengan air dingin matang. Selain dijual segar, asparagus juga bisa diperoleh dalam bentuk olahan dalam kaleng. Asparagus kalengan sudah dimasak dan dibumbui, Anda tidak perlu memasak lagi agar tekstur tidak menjadi lembek dan hancur. Gunakan asparagus ini sebagai bahan baku salad, pelengkap hidangan atau isi sandwich yang tidak perlu dimasak lagi.   Berikut ini adalah pilihan resep asparagus yang praktis dan sehat, selamat mencoba  

TUMIS JAMUR ASPARAGUS

Bahan :

  • 200 gram asparagus, potong – potong
  • 100 gram jamur kancing, potong – potong
  • 60 gram paprika merah, potong dadu
  • 150 ml kaldu ayam- 2 sdm minyak goreng 

Bumbu :

  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 2 sdm bawang bombay cincang
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap asin
  • ½ sdt garam halus
  • ¼ sdt lada halus

Cara Membuat :

  1. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang Bombay hingga harum. Tuang kaldu dan semua bumbu – bumbu. Masak hingga mendidih
  2. Masukkan asparagus, paprika dan jamur. Masak sambil sesekali diaduk – aduk hingga semua bahan matang. Angkat, tuang ke dalam piring saji dan kemuadian hidangkan (untuk 4 porsi).  

SUP ASPARAGUS

Asparagus Diet dan Nutrisi

Bahan :

  • 1500 ml kaldu ayam
  • 150 gram asparagus, potong – potong
  • 60 gram daging kepiting, rebus, suwir – suwir/kepiting sintetis
  • 1 sdt tepung kanji, larutkan dengan sedikit air

Bumbu :

  • 4 siung bawang putih cincang
  • 3 sdm bawang Bombay cincang
  • ½ sdt lada halus
  • 1 sdt gula pasir
  • ½ sdt garam halus

Cara membuat :

  1. Didihkan kaldu ayam. Bumbui dengan bawang putih, bawang Bombay, lada, garam, gula pasir. Masak hingga mendidih.
  2. Masukkan potongan asparagus dan daging kepiting. Tambahkan larutan tepung kanji. Masak hingga mendidih dan matang. Angkat, tuang ke dalam mangkuk saji. Masakan siap dihidangkan. (untuk 4 porsi)  

SANDWICH ASPARAGUS

Asparagus Diet dan Nutrisi

Bahan :

  • 400 gram French bread, potong – potong
  • 100 gram asparagus, rebus, tumis sebentar dengan sedikit minyak
  • 100 gram daging salmon asap, potong – potong
  • 100 gram mayonnaise
  • ½ sdt lada halus

Cara membuat :

  1. Campur mayonnaise dengan lada halus, aduk rata. Siapkan satu potong French bread, belah menjadi dua bagian
  2. Olesi permukaan French bread dengan mayonnaise. Masukkan daging salmon asap, irisan bawang Bombay merah dan asparagus. Tutup dengan potongan French bread yang lainnya
  3. Atur sandwich di dalam piring saji. Masakan siap disajikan. (untuk 4 porsi)

Penutup

Demikian penjelasan singkat mengenai artikel Asparagus Diet dan Nutrisi (Resep Praktis dan Sehat). Semoga artikel Asparagus Diet dan Nutrisi (Resep Praktis dan Sehat) dapat menjadi referensi dalam mendapatkan makanan yang sehat. Terima Kasih

Dexta

Salah satu Perawat di RSU yang ada di Bali dan Hobby suka Menulis

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: