Pada kesempatan kali ini maimelajah.com akan membahas mengenai artikel Dragon Fruit si Buah Eksotis Tahukah Kamu?. Dragon Fruit atau di Indonesia dikenal dengan nama Buah Naga buah ini sekarang gampang dijumpai dan sudah menjadi familiar dengan masyarakat. Bicara masalah harga, buah ini pun tergolong relatif murah karena bisa dijangkau oleh lapisan masyarakat menengah ke bawah. Bahkan kalau Anda ingin mendapat buah naga tanpa harus mengeluarkan biaya, itupun bisa dilakukan dengan menanam buah Naga di halaman rumah. Buah Naga tidak menghabiskan banyak tempat dan mudah untuk hidup pada iklim tropis seperti di Indonesia. Dibalik kemudahan – kemudahan untuk memperoleh buah Naga ternyata tidak semua orang menyukai buah ini karena belum mengetahui khasiat dibalik buah Naga

Bila diamati sekilas bentuk dari buah Naga atau Dragon fruit  memang terlihat aneh. Padahal bentuk buah Naga yang berbeda dari buah – buah lainnya justru memiliki banyak manfaat dan merupakan salah satu buah yang memiliki gizi yang baik. Dalam mitologi masyarakat Cina buah Naga dianggap lebih dari sekedar buah yang mempunyai manfaat lebih, buah Naga biasanya dijadikan sebagai pendamping dua patung di altar persembahan. Setiap tahun baru Imlek buah Naga dijadikan sajian karena diyakini akan membawa berkah pada tahun – tahun mendatang.

Bentuk kulit buah Naga yang menyerupai sisik binatang Naga dalam bahasa Latin disebut Hylocereus. Buah yang termasuk dalam tumbuhan kaktus ini berasal dari Mexico, Amerika Latin dimana kemudian dikembangkan di Vietnam dan sekarang sudah dikembangkan di Indonesia bahkan sudah di ekspor ke mancanegara. Di Vietnam buah Naga kerap disebut thanh long atau clever dragon sedangkan masyarakat Cina menyebutnya dengan feuy long kwa. Di daerah Meksiko buah Naga hadir dengan sebutan Pitahaya. Buah Naga sendiri memiliki warna kulit yang menyala dan tidak mulus. Kulitnya bersisik seperti Naga dan memiliki warna buah putih, merah atau unggu dengan taburan biji – biji berwarna hitam.

Kandungan buah naga atau dragon fruit

Daging buah naga yang berwarna ungu mengandung fitosianin yang tinggi sedangkan daging buah yang warnanya putih mengandung fitoalbumin. Kedua zat tersebut merupakan antioksidan yang berkhasiat mencegah kerusakan pembuluh darah dari pengaruh radikal bebas. Biji buah Naga memiliki khasiat untuk mencegah penyakit pembuluh darah misalnya hipertensi, stroke, penyakit jantung koroner dll. Biji buah Naga berwarna hitam, kecil, pipih, dan keras. Sekilas biji buah Naga ini seperti wijen, setiap buah mengandung lebih dari 1000 buah biji yang berwarna hitam. Berbeda dengan buah lainnya biji buah Naga ini bisa dikonsumsi bersama dengan daging buahnya.

Secara umum, buah Naga memiliki kandungan yang bermanfaat sebagai antioksidan karena kaya akan vitamin C, fitosianin, dan fitoalbumin. Ketiga zat ini berfungsi untuk mengangkat radikal bebas yang akan merusak pembuluh darah dan organ tubuh. Bila tidak diangkat radikal bebas itu  bisa mempercepat proses  degenerasi dan proses penuaan. Penyakit karena kerusakan pembuluh darah seperti Diabetes Mellitus, stroke dan juga kanker. Selain itu juga bermanfaat pada mata agar penglihatan menjadi lebih baik. Selain kandungan gizi yang disebutkan diatas daging buah Naga juga mengandung vitamin C, B1, B2, B3 serta mineral seperti kalsium, phospor, dan trace elemen seperti mangan dan zink, sehingga bagus untuk penderita osteoporosis. Di samping itu buah Naga juga mengandung serat yang berfungsi untuk menyerap lemak di dalam usus dan juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan atau diet.

Dalam 100 gram daging buah Naga terkandung 1.3 mg niasin, 9 mg vitamin C, 0.69 gram fiber, 0.61 gram lemak tumbuh – tumbuhan, 36.1 mg phospor, 8.8 mg kalsium dan 0.22 gr protein. Jadi pada dasarnya buah Naga memiliki kandungan yang kaya mineral, vitamin, asam amino, dll yang berguna untuk kesehatan tubuh. Karena buah Naga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan, maka buah Naga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi, kolesterol tinggi, DM tipe II, osteoporosis, stroke, jantung dan wanita yang sudah menopause.Bukan hanya untuk penderita tersebut saja tapi bagi Anda yang sehat mari konsumsi buah Naga untuk mengurangi radikal bebas tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Penutup

Demikian penjelasan singkat mengenai Dragon Fruit si Buah Eksotis Tahukah Kamu?. Terima Kasih sudah membaca artikel di maimelajah.com, jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Artikel SebelumnyaTerapi Fisik Penderita Vertigo
Artikel SelanjutnyaMenghadapi Buah Hati Susah Makan
Salah satu Perawat di RSU yang ada di Bali dan Hobby suka Menulis

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini