Praktik keperawatan kesehatan keluarga adalah perawatan kesehatan yang ditujukan atau dipusatkan pada keluarga sebagai unit atau satu kesatuan yang dirawat. Dalam praktik keperawatan kesehatan keluarga perawat berperan melakukan tindakan mandiri secara profesional atau melalui kerjasam yang bersifat kolaboratif dengan klien dan tenaga kesehatan lain. Dalam bahasan maimelajah.com dalam artikel Praktik Keperawatan Kesehatan Keluarga juga dijelaskan bagaimana tingkatan pratik keperawatan keluarga dimana keluarga sebagai konteks, keluarga sebagai kumpulan dari anggota keluarga, dan keluarga sebagai klien.

Konsep Dasar

  1. Keperawatan
    Suatu bentuk pelayanan profesional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan, yang didasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan, yang berbentuk pelayanan bio-psiko-sosio-spiritual yang komprehensif yang ditujukan kepada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat, baik sehat maupun sakit yang mencakup seluruh proses kehidupan manusia.
  2. Praktik keperawatan
    Tindakan mandiri perawat profesional melalui kerjasama yang bersifat kolaboratif dengan klien dan tenaga kesehatan lain dalam memberikan asuhan keperawatan sesuai lingkup, wewenang, dan tanggung jawabnya.
  3. Keperawatan Kesehatan Keluarga
    Perawatan kesehatan yang ditujukan atau dipusatkan pada keluarga sebagai unit atau satu kesatuan yang dirawat, dengan sehat sebagai tujuannya yang dilakukan oleh seorang perawat profesional dengan proses keperawatan yang berpedoman pada standart praktik keperawatan dengan berlandaskan etik dan etika keperawatan dalam lingkup dan wewenang serta tanggung jawab keperawatan.

Praktik Keperawatan Kesehatan di Tingkat Masyarakat

Dalam perawatan kesehatan masyarakat yang menerima pelayanan keperawatan dibagi dalam 3 tingkat :

  1. Tingkat individu
    Perawat memberi pelayanan keperawatan kepada individu dengan kasus-kasus tertentuyang dijumpai di klini yang kadang-kadang ditindak lanjuti perawatan di rumah, tetapi yang menjadi perhatian utama adalah individu yang bersangkutan sehingga yang paling sering adalah individu yang kontrol ke rumah sakit atau pelayanan terdekat.
  2. Tingkat keluarga Di tingkat ini sasaran pelayanan adalah keluarga dimana salah satu dari anggota keluarga menderita sakit.
  3. Tingkat masyarakat Pada tingkat ini pelayanan kesehatan masih tetap ditujukan kepada individu atau keluarga tetapi dilihat dalam satu kesatuan masyarakat, maka penanggulangan yang direncanakan dan dilaksanakan adalah dalam tingkat masyarakat.

Peran Perawat dalam Asuhan Keperawatan Keluarga

Dalam memberikan asuhan keperawatan kesehatan keluarga, ada beberapa peranan yang dapat dilakukan oleh perawat antara lain adalah :

  1. Pengenal kesehatan (health monitor)
  2. Pemberi pelayanan pada anggota yang sakit
  3. Koordinator pelayanan kesehatan dan keperawatan kesehatan keluarga
  4. Fasilitator
  5. Pendidik kesehatan
  6. Penyuluh dan konsultan

Tanggung Jawab Perawat dalam Perawatan di Rumah

  1. Memberikan pelayanan secara langsung
  2. Dokumentasi
  3. Koordinasi antara pelayanan dan manajemen kasus
  4. Menentukan frekuensi dan lama pelayanan
  5. Advocacy

Batasan Keahlian Perawatan Kesehatan Keluarga

Bentuk pelayanan yang dapat dilakukan oleh perawat keluarga adalah perawatan kesehatan dirumah dan tingkat praktik keperawatan keluarga dapat dibagi menjadi 3 tingkat, yaitu :

  1. Tingkat I (keluarga sebagai konteks)
  2. Tingkat II (keluarga sebagai kumpulan dari anggota keluarga)
  3. Tingkat III (keluarga sebagai klien)
Artikel SebelumnyaKonsep Asuhan Keperawatan Keluarga
Artikel SelanjutnyaMengenal Daripada Konsep Keluarga
Salah satu Perawat di RSU yang ada di Bali dan Hobby suka Menulis

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini