Acquired Immune Deficiency Sindrome (AIDS)

Pada kesempatan kali ini maimelajah.com akan membahas mengenai Acquired Immune Deficiency Sindrome (AIDS). AIDS merupakan kumpulan gejala penyakit akibat menurunnya system kekebalan tubuh oleh virus yang disebut HIV. Dalam bahasa Indonesia dapat dialih katakan sebagai Sindrome Cacat Kekebalan Tubuh Dapatan. AIDS diartikan sebagai bentuk paling hebat dari infeksi HIV, mulai dari kelainan ringan dalam respon imun tanpa tanda dan gejala yang nyata hingga keadaan imunosupresi dan berkaitan dengan pelbagai infeksi yang dapat membawa kematian dan dengan kelainan malignitas yang jarang terjadi (Center for Disease Control and Prevention).

AIDS disebabkan oleh adanya penekanan system kekebalan tubuh karena adanya infeksi virus HIV. HIV pertama kali ditemukan pada tahun 1983 sebagai retrovirus dan disebut HIV-1. Pada tahun 1986 di Afrika ditemukan lagi retrovirus baru yang diberi nama HIV-2. HIV-2 dianggap sebagai virus kurang pathogen dibandingkaan dengan HIV-1. Maka untuk memudahkan keduanya disebut HIV.

Transmisi AIDS

  1. Kontak seksual
  2. Penyuntikan intavena obat dengan jarum yang tercemar
  3. Pemberian darah atu produk darah yang terkintaminasi
  4. Masuknya virus melalui ibu yang terjangkit
  5. Pemajanan mukosa, termasuk kena cipratan pada mata, mulut dan hidung

Patofisiologi

Perjalanan HIV-AIDS dibagi menjadi 2 fase :

Fase infeksi awal

  • HIV masuk ke dalam tubuh serta melacak beberapa sel CD4 positif, kemudian virus ini masuk ke sel CD4 positif, melumpuhkan serta menguasainya dengan cara memperbanyak dirinya didalam sel CD4 positif ini.
  • Beberapa sel HIV yang baru yang sudah menjadi banyak ini keluar serta melacak beberapa sel CD4 positif yang lain serta mengulangi sistem yang sama.
  • Beberapa sel penyerang datang dan menghancurkan sel CD4 positif yang sudah terinfeksi virus HIV, tetapi beberapa sel HIV yang baru sudah menjadi banyak dan dengan cepat melacak beberapa sel CD4 positif serta memperbanyak diri lagi didalamnya.

Fase infeksi lanjut

  • Seiring waktu makin banyak tubuh kehilangan beberapa sel cd4 positif serta sistem kekebalan tubuh jadi melemah, karena tugas beberapa sel cd4 positif yaitu mengenali beberapa sel asing yang masuk ke didalam tubuh serta mengirim info supaya tubuh membentuk serta mengirim beberapa sel penyerang untuk melumpuhkan sel asing tersebut, maka dengan amat menyusut nya beberapa sel cd4 positif didalam tubuh, tubuh tidak menerima info yang cukup untuk bisa membentuk beberapa sel penyerang yang di perlukan.
  • Didalam situasi layaknya inilah beragam type penyakit bisa masuk ke tubuh tanpa bisa di ketahui serta di lawan, hingga selanjutnya akan membawa pada kematian.

Unduh Materi

Terima kasih sudah mampir di artikel Acquired Immune Deficiency Sindrome (AIDS). Untuk materi tentang Acquired Immune Deficiency Sindrome (AIDS) dapat di unduh pada link berikut ini : hiv_aids.ppt dan LP hiv aids.pdf

Dexta

Salah satu Perawat di RSU yang ada di Bali dan Hobby suka Menulis

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “Acquired Immune Deficiency Sindrome (AIDS)

  1. Someone necessarily assist to make critically articles I would state. This is the very first time I frequented your website page and thus far? I amazed with the analysis you made to create this particular put up incredible. Great process!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: