Jumat, Agustus 12, 2022
Beranda blog

Cek Kelulusan Kelas XII SMKN 2 Negara

0
Cek Kelulusan Kelas XII SMKN 2 Negara

Hai sobat maimelajah.com, kali ini kami akan membagikan tutorial mengenai cara “Cek Kelulusan Kelas XII SMKN 2 Negara”.

#Tutorial Cek Kelulusan SMKN 2 Negara

Berikut ini kami akan jelaskan tahapan yang perlu dilakukan dalam mengecek kelulusan kelas XII di SMKN 2 Negara. Dan dalam melakukan pengecekan yang perlu disiapkan adalah NIS (Nomor Induk Siswa). NIS bisa kalian cek di rapor maupun bisa di tanyakan langsung ke bapak/ibu wali kelas

1. Langkah Pertama

  • Pertama yang perlu dilakukan adalah membuka Browser yang ada di Komputer maupun Handphone kalian. Browser yang direkomendasikan adalah menggunakan Google Chrome maupun Mozilla Firefox.
  • Pada Address Bar masukan alamat : lulus.smkn2negara.sch.id
  • Tampilan di Komputer :
Tampilan di Komputer
  • Tampilan di Handphone :
Tampilan di Handphone

2. Langkah Kedua

  • Selanjutnya masukan Username dan Password yang kalian miliki. Username maupun Password menggunakan NIS (Nomor Induk Siswa)
  • Bagi siswa/i yang belum mengetahui NIS (Nomor Induk Siswa) bisa dilihat pada rapor maupun bisa menanyakan langsung pada Bapak/Ibu Wali Kelas.
  • Tampilan Komputer :
Tampilan Login
  • Tampilan Handphone
Tampilan Login

3. Langkah Ketiga

  • Selanjutnya adalah tampilan dari halaman dashboard atau tampilan pertama setelah login. Dimana tampilan ini akan menampilkan informasi Pengumuman Kelulusan.
  • Tampilan Komputer
Tampilan Halaman Kelulusan
  • Tampilan Handphone
Tampilan Kelulusan
  • Jika muncul tampilan seperti dibawah ini, berarti pengumuman Kelulusan belum dibuka atau masih ditutup.
Pengumuman Belum dibuka

#Video

Berikut kami buatkan video tutorial mengecek kelulusan siswa SMKN 2 Negara.

#Penutup

Demikian artikel tentang tutorial cara “Cek Kelulusan Kelas XII SMKN 2 Negara”. Dan selamat untuk kalian yang sudah dinyatakan lulus, perjuangan kalian belum berakhir, setelah ini kalian akan memulai awal kehidupan kalian.

Mengenal Kompetensi Keahlian APHPi SMKN 2 Negara

0
Mengenal Kompetensi Keahlian APHPi

Hai Sobat maimelajah.com, kita kembali lagi pada pengenalan dari Kompetensi Keahlian yang ada di SMKN 2 Negara. Kali ini kami akan membahas tentang artikel “Mengenal Kompetensi Keahlian APHPi SMKN 2 Negara”. Sebelumnya sudah sempat kita bahas mengenai ke-5 Kompetensi Keahlian yang ada di SMKN 2 Negara, diantaranya : Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI), dan Agribisnis Ternak Unggas (ATU). Kompetensi Keahlian APHPi atau Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan merupakan Kompetensi Keahlian yang mempelajari tentang bagaimana mengolah hasil perikanan mulai dari pasca panen hingga menghasilkan produk perikanan berkualitas tinggi yang zero waste dan ramah lingkungan.

Untuk lebih mengenal tentang Kompetensi Keahlian APHPi, mari kita simak penjelasan berikut ini

#Apa itu Kompetensi Keahlian APHPi

Seperti penjelasan yang sudah dipaparkan di atas, Kompetensi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan atau APHPi merupakan Kompetensi Keahlian yang mempelajari bagaimana mengolah hasil perikanan mulai dari pasca panen hingga menghasilkan produk perikanan berkualitas tinggi yang zero waste dan ramah linkungan.

Selain diajarkan bagaimana mengolah produk perikanan dengan kualitas terbaik, siswa juga diajarkan bagaimana cara menjual atau memasarkan produk yang mereka buat.

#Tujuan Kompetensi Keahlian APHPi

Kompetensi Keahlian APHPi mempunyai tujuan sebagai berikut :

  1. Melakukan pekerjaan sebagai pengolah hasil perikanan secara mandiri atau wirausaha
  2. Mengembangkan pelayanan sebagai pelaksana pengolahan dan pengujian hasil perikanan yang ada di dunia usaha dan dunia industri
  3. Melakukan pekerjaan sebagai pelaksana penanganan dan pengolahan serta pengujian mutu hasil perikanan yang profesional dalam industri pengolahan hasil perikanan

#Peluang Kerja Lulusan

Lulusan Kompetensi Keahlian APHPi mempunyai peluang kerja di bidang :

  1. Teknisi penanganan dan pengolahan hasil perikanan di industri pengolahan hasil perikanan
  2. Teknisi penanganan dan pengolahan hasil perikanan di kapal penangkapan ikan
  3. Teknisi pengujian mutu hasil perikanan di laboratorium pengujian mutu hasil pengolahan hasil perikanan
  4. Staff operator dan karyawan di perusahaan perikanan
  5. Wirausaha pada bidang pengolahan hasil perikanan secara mandiri

#Penutup

Demikian pembahasan mengenai artikel “Mengenal Kompetensi Keahlian APHPi SMKN 2 Negara”. Semoga artikel ini menjadi referensi bagi adik-adik yang akan melanjutkan ke tingkat selanjutnya. Diantara pilihan adik-adik nantinya adalah Kompetensi Keahlian APHPi SMKN 2 Negara

Mengenal Kompetensi Keahlian ATPH SMKN 2 Negara

0
Mengenal Kompetensi Keahlian ATPH

Hai sahabat maimelajah.com, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membahas kembali salah satu Kompetensi Keahlian yang ada di SMKN 2 Negara. Kompetensi Keahlian yang akan kami bahas adalah Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura atau ATPH. Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) adalah kompetensi keahlian yang membekali siswa/i agar memiliki keahlian di bidang pertanian. Untuk lebih mengenal tentang Kompetensi Keahlian ATPH SMKN 2 Negara mari kita simak artikel “Mengenal Kompetensi Keahlian ATPH SMKN 2 Negara”

#Pengertian Kompetensi Keahlian ATPH

Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura adalah kompetensi keahlian yang ada di SMK khususnya mempelajari bidang Agribisnis dalam kaitannya dengan tanaman pangan dan hortikulura.

Kompetensi Keahlian ATPH memberikan bekal dasar untuk terjun di sektor agribisnis. Siswa diberikan pengetahuan dan keterampilan praktis mengenai berbagai jenis agribisnis ataupun pertanian.

Diharapkan nantinya lulusan dari ATPH bisa memproduksi seperti bawang, sayur, tanaman hias maupun lainnya.

#Tujuan Kompetensi Keahlian ATPH

Praktek SIswa/i ATPH

Tujuan Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten dalam hal-hal sebagai berikut :  

  1. Mengelola usaha agribisnis tanaman pangan dan hortikultura.
  2. Mengelola usaha penangkaran benih dan bibit tanaman pangan dan hortikultura.
  3. Mengelola usaha jasa sewa alat mesin budidaya tanaman.
  4. Mengelola usaha kios sarana produksi tanaman.
  5. Mengelola usaha pemasaran hasil-hasil tanaman pangan dan hortikultura.
  6. Melaksanakan teknik budidaya tanaman pangan dan hortikultura.

#Kultur Jaringan Kompetensi Keahlian ATPH

Penandatanganan MoU dengan Astra Honda Motor

Kompetensi Keahlian ATPH SMKN 2 Negara sudah mempunyai Laboratorium Kultur Jaringan juga telah didukung oleh Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) bersama dengan Astra Motor Bali sebagai dealer sepeda motor Honda wilayah bali. Sehingga SMKN 2 Negara menjadi Sekolah Kultur Jaringan.

Dimana Kultur Jaringan merupakan metode pengisolasian bagian tanaman agar bisa memperbanyak diri menjadi tanaman lengkap. Jenis tanaman yang bisa dikembangkan adalah anggrek putih

Karna kerjasama tersebut SMKN 2 Negara menjadi sekolah pertama di wilayah bali yang terpilih dalam program Go Green With Honda.

#Peluang Kerja Lulusan

Lulusan Kompetensi Keahlian ATPH mempunyai peluang kerja di sektor, antara lain :

  1. Petugas Program Pertanian Daerah
  2. Penyuluh Pertanian
  3. Karyawan Perusahaan Pertanian dan Perkebunan
  4. Petani Padi
  5. Petani Sayur
  6. Petani Buah
  7. Wirausaha, seperti membuka toko buah, perlengkapan pertanian
  8. Pengusaha Bunga

#Penutup

Demikian pembahasan mengenai artikel “Mengenal Kompetensi Keahlian ATPH SMKN 2 Negara”. Semoga artikel ini menjadi referensi bagi adik-adik yang akan melanjutkan ke tingkat selanjutnya. Diantara pilihan adik-adik nantinya adalah Kompetensi Keahlian ATPH SMKN 2 Negara

Sumber :

smkn2negara.sch.id

Mengenal Kompetensi Keahlian NKPI

0
Mengenal Kompetensi Keahlian NKPI

Hai sahabat maimelajah.com, kali ini kami akan membahas tentang artikel “Mengenal Kompetensi Keahlian NKPI”. Nautika Kapal Penangkap Ikan atau NKPI yang akan kami bahas adalah salah satu kompetensi keahlian SMKN 2 Negara yang satu-satunya ada di Provinsi Bali. NKPI SMKN 2 Negara merupakan satu-satunya jurusan ada di bali yang mencetak calon pelaut. Nah, mari kita simak penjelasan lebih lengkapnya tentang Kompetensi Keahlian NKPI SMKN 2 Negara di bawah ini :

#Apa itu NKPI?

Kompetensi Keahlian NKPI adalah Disiplin ilmu yang mempelajari Nautika dan Perikanan. Nautika mempelajari tentang teknik bernavigasi dengan menggunakan kapal laut serta teknik dasar keselamatan di atas kapal. Perikanan sendiri mempelajari tentang teknik dan metode dalam menangkap ikan.

Pada Kompetensi Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) siswa/i mempelajari pengetahuan dan keterampilan menjadi Anak Buah Kapal (ABK) penangkap ikan.

Kompetensi Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) salah satu Kompetensi yang direkomendasikan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, sehingga nantinya lulusan NKPI akan memperoleh beberapa ijasah diantaranya Ijasah dari sekolah, Ijasah Kompetensi Keahlian, dan Ijasah Profesi Pelaut “ANKAPIN II” (Optional bagi yang berminat)

#Keunggulan Kompetensi Keahlian NKPI SMKN 2 Negara

Adapun keunggulan Kompetensi Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) SMKN 2 Negara adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki peluang kerja yang sangat luas sehingga lulusan di harapkan akan mudah memperoleh pekerjaan sesuai bidangnya
  2. Sekolah dekat dengan pantai selatan dimana hal ini dapat memberikan manfaat untuk tempat praktek pengenalan kelautan
  3. Kompetensi Keahlian ini merupakan satu-satunya yang ada di Prov. Bali
  4. Sarana dan Prasarana pendukung praktek lengkap karna menjadi salah satu sekolah rujukan kemaritiman

#Peluang dan Prospek Kerja Lulusan NKPI

Peluang dan Prospek Lulusan Kompetensi Keahlian NKPI diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. ABK (Anak Buah Kapal)
  2. Peneliti
  3. Bekerja di Perusahaan Perikanan
  4. Quality Control
  5. Tenaga Pendidik
  6. Peternak Ikan
  7. Pembudidaya Hasil Laut
  8. BPOM
  9. Konsultan

#Penutup

Bagaimana, setelah membaca artikel “Mengenal Kompetensi Keahlian NKPI” kalian tertarik untuk bersekolah di Kompetensi Keahlian NKPI SMKN 2 Negara? jika tertarik sekarang saatnya untuk mendaftar menjadi Calon Taruna-Taruni baru dalam Kompetensi Keahlian NKPI.

Mengenal Kompetensi Keahlian TBSM SMKN 2 Negara

0
Mengenal Kompetensi Keahlian TBSM SMKN 2 Negara

Pada kesempatan kali ini maimelajah.com akan membahas mengenai artikel “Mengenal Kompetensi Keahlian TBSM SMKN 2 Negara”. TBSM atau Teknik Bisnis Sepeda Motor adalah salah satu kompetensi keahlian yang berada pada program keahlian Teknik Otomotif. Kompetensi Keahlian ini memiliki perbedaan yang signifikan dari TKRO yaitu lebih memfokuskan pada keterampilan dalam penguasaan dalam melakukan perawatan dan perbaikan mesin sepeda motor.

Untuk lebih lengkapnya tentang Kompetensi Keahlian TBSM mari kita lihat dibawah ini :

#Pengertian Kompetensi Keahlian TBSM

Mengenal Kompetensi Keahlian TBSM SMKN 2 Negara
Siswa TBSM SMKN 2 Negara

Kompetensi Keahlian TBSM atau Teknik Bisnis Sepeda Motor merupakan Kompetensi Keahlian yang mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan mengenai Sepeda Motor. Dimulai dari merancang, membuat dan menggunakan alat-alat mesin.

TBSM memfokuskan pada keterampilan dalam penguasaan dalam melakukan perawatan dan perbaikan mesin Sepeda Motor. Diantaranya seperti sistem kelistrikan sepeda motor,chasis dan kreatif dalam modifikasi sepeda motor

Mengenal Kompetensi Keahlian TBSM SMKN 2 Negara
RPS TBSM SMKN 2 Negara

Kompetensi Keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) SMKN 2 Negara sampai saat ini telah menjalin kerjasama dengan Honda Astra Motor. Jadi siswa/i yang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan bisa langsung ditempatkan di Bengkel Resmi Honda Motor. Dan peluang untuk bekerja di Bengkel Resmi Honda juda sangat besar.

#Peluang Kerja Lulusan Kompetensi Keahlian TBSM

Mengenal Kompetensi Keahlian TBSM SMKN 2 Negara
RPS TBSM SMKN 2 Negara

Lulusan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) mempunyai peluang kerja sangatlah menjamin diantaranya :

  1. Dibidang Industri Otomotif (tidak hanya di dealer saja, tetapi bisa menjadi seorang perancang body, transmisi, sasis, hingga engine)
  2. Menjadi periset
  3. Bekerja di perusahaan Multinasional
  4. Teknisi
  5. Modifikator
  6. Mampu berwirausaha (Membuka Bengkel)

Sumber :

smkn2negara.sch.id

#Materi yang diajarkan

TBSM SMKN 2 Negara materi yang diajarkan diantaranya yaitu :

  1. Gambar Teknik Otomotif
  2. Teknologi Dasar Otomotif
  3. Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif
  4. Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor
  5. Pemeliharaan Sasis Sepeda Motor
  6. Pemeliharaan Listrik Sepeda Motor
  7. Pengelolaan Bengkel Sepeda Motor
  8. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

#Penutup

Demikian penjelasan singkat dari artikel “Mengenal Kompetensi Keahlian TBSM SMKN 2 Negara”. Semoga artikel ini menjadi referensi bagi adik-adik yang ingin melanjutkan ke tingkat selanjutnya. Dan Kompetensi Keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) SMKN 2 Negara menjadi salah satu pilihan adik-adik.

Mengenal Kompetensi Keahlian ATU SMKN 2 Negara

0

SMKN 2 Negara adalah sekolah Kejuruan yang mempunyai 6 Kompetensi Keahlian yang salah satunya ATU (Agribisnis Ternak Unggas). Agribisnis Ternak Unggas (ATU) SMKN 2 Negara salah satu jurusan yang diminati siswa/i yang mendaftar ke SMKN 2 Negara. ATU mempelajari mengenai usaha peternakan unggas yang mencakup kompetensi Agribisnis Ternak Unggas Pedaging dan Petelur, Agribisnis Pakan Ternak Unggas serta Agribisnis Pembibitan Ternak Unggas. Nah lebih jelasnya mari kita simak penjelasan dari artikel “Mengenal Kompetensi Keahlian ATU SMKN 2 Negara” di maimelajah.com

#Pengertian Kompetensi Keahlian ATU

Agribisnis Ternak Unggas (ATU) merupakan kemampuan dalam melakukan pekerjaan baik secara mandiri maupun tim yang memfokuskan pada keahlian teknis budidaya dan pengelolaan usaha ternak unggas pedaging dan unggas petelur secara komersil dan profesional untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Jenis ternak yang ada di Kompetensi Keahlian ATU SMKN 2 Negara diantaranya Ternak Ayam Broiler, dan Ternak Ayam Petelur.

#Mitra Kompetensi Keahlian ATU

Kompetensi Keahlian ATU di SMKN 2 Negara telah menjalin kemitraan dengan Dinas Peternakan, Instansi Terkait, Lembaga Pendidikan maupun Peternak Lokal dalam pelaksanaan Kegiatan Praktek Kerja Lapangan. ATU SMKN 2 Negara juga menjalin kerjasama dengan Kompetensi Keahlian Charoen Phokpand, Japfa Foundation dan yang lainnya.

#Tujuan dari Kompetensi Keahlian ATU

Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Unggas memiliki Tujuan untuk membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam :

  1. Mengoperasikan peralatan agribisnis ternak unggas
  2. Menetaskan telur
  3. Melaksanakan pencegahan penyakit
  4. Merawat ternak sakit
  5. Memelihara unggas pedaging
  6. Memelihara unggas petelur
  7. Memelihara induk
  8. Membuat formulasi pakan
  9. Membuat pakan
  10. Memasarkan hasil ternak
  11. Menentukan kelayakan usaha
  12. Merancang kandang dan peralatan
  13. Mengelola ayam jantan petelur
  14. Mengelola limbah ternak (litter, faeces dll)

#Tefa Kompetensi Keahlian ATU

Salah satu Tefa yang ada di SMKN 2 Negara adalah Tefa yang ada di Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Unggas yaitu Tefa Ayam Pedaging dari Chick in sampai panen, dan Ayam Petelur.

#Peluang Kerja Lulusan ATU

Peluang kerja yang nantinya tersedia bagi Lulusan ATU adalah sebagai berikut :

  1. Bekerja di perusahaan Ternak
  2. Bekerja di perusahaan obat untuk ternak
  3. Bekerja di industri pengolahan limbah ternak
  4. Bekerja di instansi pemerintah
  5. Animal Fisiotheraphys (Fisioterapi Hewan)
  6. Wirausaha
  7. Bekerja sebagai peternakan dan pengembangbiakan hewan

#Penutup

Demikian pembahasan mengenai artikel “Mengenal Kompetensi Keahlian ATU SMKN 2 Negara”. Semoga artikel ini menjadi referensi bagi adik-adik yang akan melanjutkan ke tingkat selanjutnya. Diantara pilihan adik-adik nantinya adalah Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Unggas (ATU) SMKN 2 Negara

sumber :

https://smkn2negara.sch.id/

Mengenal Kompetensi Keahlian TKRO

0
Mengenal Kompetensi Keahlian TKRO

Pada kesempatan kali ini maimelajah.com akan membahas mengenai artikel yang berjudul “Mengenal Kompetensi Keahlian TKRO”. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) yang akan kita bahas adalah salah satu Kompetensi Keahlian yang ada di SMKN 2 Negara. SMKN 2 Negara sendiri sebelumnya sudah kita bahas pada artikel Mengenal SMKN 2 Negara. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan dibawah ini :

#Pengertian Kompetensi Keahlian TKRO

Mengenal Kompetensi Keahlian TKRO
UKK TKRO SMKN 2 Negara

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) adalah ilmu yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil yang mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil.

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) SMKN 2 Negara merupakan Kompetensi Keahlian yang berada pada Program Keahlian Teknik Otomotif (TO). TKRO menitik beratkan pada segala materi yang berhubungan dengan kendaraan terutama kendaraan roda empat (Mobil)

#Tujuan Kompetensi Keahlian TKRO

Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) mempunyai Tujuan adalah membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap agar kompeten dalam :

  • Perawatan dan Perbaikan Mesin Otomotif (Engine Automotive),
  • Perawatan dan Perbaikan Chasis dan Pemindah Tenaga Otomotif (Chasis Automotive)
  • Perawatan dan Perbaikan System Kelistrikan Otomotif (Electrical Automotive)

#Kompetensi yang dipelajari

Kompetensi Keahlian yang nantinya akan dipelajari setelah masuk ke Kompetensi Keahlian TKRO adalah sebagai berikut :

  1. Pemeliharaan mesin kendaraan ringan/otomotif (engine automotive)
  2. Pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga kendaraan ringan/otomotif (chasis automotive)
  3. Pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan/otomotif (electrical automotive)
  4. Gambar teknik
  5. Teknologi dasar otomotif
  6. Pekerjaan dasar teknik otomotif
  7. Pengembangan produk kreatif

#Prospek Lulusan TKRO

Adapun prospek dari lulusan TKRO adalah sebagai berikut :

  1. Perbengkelan dan Perawatan Otomotif
  2. Teknisi Mesin Otomotif
  3. Service/Technical Engineer
  4. Foreman
  5. SparePart Koordinator
  6. QA/QC Supervisor
  7. Bekerja di Industri Otomotif
  8. Operator Alat Berat
  9. Wirausaha Otomotif
  10. Jurnalis Otomotif
  11. Meneruskan Pendidikan ke Universitas

#Prospek Perusahaan nantinya tempat bekerja

Adapun prospek perusahaan nantinya sebagai tempat bekerja diantaranya :

  1. Industri manufaktur otomotif ATPM
  2. Industri manufaktur suku cadang otomotif
  3. Perbengkelan otomotif
  4. Perusahaan karoseri otomotif
  5. Dealer otomotif
  6. Perusahaan pengelola pusat perbaikan dan pengujian kendaraan, perawatan, perbaikan kendaraan.

#Penutup

Demikian pembahasan mengenai artikel “Mengenal Kompetensi Keahlian TKRO”. Semoga artikel ini menjadi referensi bagi adik-adik yang akan melanjutkan ke tingkat selanjutnya. Diantara pilihan adik-adik nantinya adalah Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) SMKN 2 Negara.

Mengenal SMKN 2 Negara

0
Mengenal SMKN 2 Negara

Pada kesempatan yang berbahagia seperti saat ini, kami maimelajah.com akan mencoba membahas tentang “Mengenal SMKN 2 Negara” Salah satu yang akan kami bahas adalah mengenai salah satu sekolah yang ada di Prov. Bali, Kab. Jembrana, Kec. Negara, SMKN 2 Negara. Dijembrana sendiri terdapat 5 Sekolah Menengah Kejuruan, diantaranya : SMKN 1 Negara, SMKN 2 Negara, SMKN 3 Negara, SMKN 4 Negara, dan SMKN 5 Negara.

Sekolah yang berdiri tahun 1994 ini, pada saat ini mempunyai 5 Program Keahlian dan dibagi menjadi 6 Kompetensi Keahlian. Semenjak berdiri sampai saat ini, SMKN 2 Negara selalu eksis dalam Dunia Pendidikan. Terbukti dengan banyaknya torehan prestasi baik tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional.

#Mengenal SMKN 2 Negara

smkn 2 negara

SMKN 2 Negara beralamat Jl. Kresna, Ds. Baluk, Kec. Negara, Kab. Jembrana, Prov. Bali berdiri pada Tanggal 4 Oktober 1994 sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Pendirian No. 0260/0/1994. Surat Keputusan tersebut diterbitkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada saat itu.

SMKN 2 Negara berdiri pada tahun pelajaran 1993/1994 dan awalnya bernama Sekolah Menengah Teknologi Pertanian (SMPT) Jembrana. Pertama kali jurusan yang dibuka adalah Jurusan Budidaya Tanaman, Budidaya Ternak dan Usaha Tani Terpadu. Seiring dengan perkembangan zaman. SMKN 2 Negara sampai dengan saat ini mempunyai 5 Program Keahlian dengan 6 Kompetensi Keahlian. Saat ini SMKN 2 Negara berada pada Lahan dengan Luas 8,8 Ha.

Saat ini Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMKN 2 Negara berjumlah 65 Guru dan 25 Tenaga Kependidikan.

Sumber :

smkn2negara.sch.id

#Kompetensi Keahlian

SMKN 2 Negara sampai saat ini mempunyai 5 Program Keahlian dan dibagi menjadi 6 Kompetensi Keahlian diantaranya :

1. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)

Kompetensi Keahlian pertama yang akan kami bahas adalah Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO). TKRO berada pada Program Keahlian Teknik Otomotif dimana TKRO merupakan salah satu Kompetensi Keahlian yang paling diminati oleh siswa/i yang baru tamat Sekolah Menengah Pertama. Untuk Tahun Pelajaran 2021/2022, TKRO membuka 2 Rombel.

TKRO sendiri kompetensi keahlian yang menitik beratkan segala materi yang berhubungan dengan kendaraan terutama kendaraan roda empat (Mobil).

Semakin majunya teknologi di bidang otomotif merupakan sebuah peluang yang sangat besar karna peluang kerja di bidang otomotif akan sangat banyak. Khususnya Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)

2. Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM)

TBSM

Selanjutnya Kompetensi Keahlian yang akan kami bahas adalah Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Sama dengan Kompetensi Keahlian TKRO, TBSM juga berada pada Program Keahlian Teknik Otomotif. Dimana TBSM di SMKN 2 Negara merupakan kompetensi yang juga paling diminati oleh siswa/i di kab. jembrana dan yang baru tamat Sekolah.

Kompetensi Keahlian ini memiliki perbedaan yang signifikan yaitu lebih memfokuskan pada keterampilan dalam penguasaan dalam melakukan perawatan dan perbaikan mesin sepeda motor. Diantaranya seperti Sistem Kelistrikan sepeda motor, Chasis dan Kreatif dalam modifikasi

Peluang kerja sangatlah menjamin diantaranya :

  1. Dibidang Industri Otomotif (tidak hanya di dealer saja, tetapi bisa menjadi seorang perancang body, transmisi, sasis, hingga engine)
  2. Menjadi periset
  3. Bekerja di perusahaan Multinasional
  4. Teknisi
  5. Modifikator
  6. dan Mampu berwirausaha (Membuka Bengkel)

Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) SMKN 2 Negara sudah bekerja sama dengan Honda Astra Motor. Jadi Siswa/i yang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan bisa langsung ditempatkan di Bengkel Resmi Honda. Dan peluang kerja di Bengkel Resmi juga sangat besar.

3. Agribisnis Ternak Unggas (ATU)

Kompetensi Keahlian ke-3 yang akan kami bahas adalah Agribisnis Ternak Unggas (ATU) SMKN 2 Negara. ATU adalah salah satu Kompetensi Keahlian yang ada di SMKN 2 Negara, dimana jurusan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan siswa/i agar kompeten di Bidang Peternakan baik Pengetahuan, Keterampilan maupun Menumbuhkan jiwa Kewirausahaan.

Kompetensi Keahlian ATU di SMKN 2 Negara telah menjalin kemitraan dengan Dinas Peternakan, Instansi Terkait, Lembaga Pendidikan maupun Peternak Lokal dalam pelaksanaan Kegiatan Praktek Kerja Lapangan. ATU SMKN 2 Negara juga menjalin kerjasama dengan Kompetensi Keahlian Charoen Phokpand, Japfa Foundation dan yang lainnya.

Lulusan ATU SMKN 2 Negara telah banyak membuka usaha mandiri di bidang peternakan, dan ada pula yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan program beasiswa.

4. Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura (ATPH)

Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura (ATPH) SMKN 2 Negara adalah Kompetensi Keahlian yang dimana siswa/i nya akan diberikan pengetahuan, keterampilan mengenai ilmu pertanian/agribisnis.

Lulusan ATPH banyak yang telah bekerja baik mandiri maupun direkrut oleh perusahaan. Dan ada pula yang pelanjutkan ke perguruan tinggi.

Kompetensi Keahlian ATPH SMKN 2 Negara juga mempunyai Laboratorium Kultur Jaringan yang dimana SMKN 2 Negara bekerjasama dengan PT. AHM melalui Yayasan Astra Honda Motor dalam memberikan bantuan peralatan dan bahan kultur jaringan.

5. Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI)

NKPI SMKN2 Negara merupakan disiplin ilmu yang mempelajari Nautika dan Perikanan. Nautika mempelajari tentang teknik bernavigasi dengan menggunakan kapal laut serta teknik dasar keselamatan di atas kapal. Sedangkan perikanan mempelajari teknik dan metode penangkapan ikan.

Siswa/i NKPI

NKPI merupakan program yang telah direkomendasikan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sehingga lulusan NKPI nantinya akan mendapatkan 2 Ijasah (ANKAPIN II dan Ijasah Sekolah)

6. Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPi)

Kompetensi Keahlian terakhir yang akan kami bahas adalah APHPi. Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPi) merupakan Jurusan yang mempelajari tentang bagaimana cara mengolah hasil perikanan mulai dari Pasca Panen hingga menghasilkan produk perikanan yang berkualitas tinggi yang zero waste dan ramah lingkungan.

Selain diajarkan bagaimana untuk mengolah produk perikanan, siswa juga diajarkan bagaimana cara menjual atau memasarkan produk yang mereka buat. Diharapkan dengan kegiatan tersebut siswa dapat berwirausaha secara mandiri.

#Lokasi

SMKN 2 Negara berlokasi di Jl. Kresna Ds. Baluk, Kec. Negara, Kab. Jembrana Prov. Bali.

#Video SMKN 2 Negara

#Penutup

Demikian artikel singkat tentang “Mengenal SMKN 2 Negara”. Semoga artikel ini bermanfaat bagi adik-adik SMP dalam menentukan pilihan ke tingkat selanjutnya.

Jangan lupa untuk mampir ke artikel kami yang lainnya. Dan terima kasih sudah berkunjung ke artikel “Mengenal SMKN 2 Negara”

Produk dan Layanan Google yang Perlu Kita Ketahui

2

Google adalah sebuah perusahaan raksasa yang terkenal akan Mesin Pencari atau Google Search Engine. Perusahaan yang bertempat di Mountain View, California tersebut selain mempunyai Produk yang populer Google Search Engine, juga mempunyai produk dan layanan lainnya yang tidak kalah populer. Malah produk dan layanan yang dimiliki Google sudah banyak yang menggunakan dan menjadi suatu kebutuhan di masyarakat dunia. Seperti misalnya Google Drive, Android, Youtube, Youtube Music dan lain sebagainya. Maka dari itu, maimelajah.com akan mencoba membahas mengenai “Produk dan Layanan Google yang Perlu Kita Ketahui”.

Baca Juga :

Sejarah Search Engine Google

Mari kita simak penjelasan apa saja yang termasuk Produk dan Layanan Google di bawah ini.

Produk dan Layanan Google

#Produk dan Layanan Google

Menurut penjelasan dari Link : https://about.google/intl/ALL_id/products/. Produk Google dibagi menjadi beberapa kategori diantaranya :

1. Telusuri dan Jelajahi

a. Google Search Engine (Mesin Pencari Google)

Produk satu ini merupakan produk yang paling terkenal dari Google. Google Search Engine adalah Mesin Pencari Informasi, segala informasi yang anda perlukan bisa anda cari di Google Search Engine. Google Search Engine bisa diakses melalui SmartPhone maupun PC asalkan terhubung dengan internet

b. Google Translate (Google Terjemahan)

Google Translate merupakan layanan dari Google yang berfungsi untuk melakukan penerjemahan teks dan situs web dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Bahasa yang didukung hampir 109 Bahasa yang ada di dunia.

c. Google Chrome

Google Chrome adalah sebuah aplikasi peramban yang digunakan untuk menjelajah dunia maya seperti halnya Firefox, Opera ataupun Microsoft Edge. Google Chrome sendiri lahir pada tanggal 2 September 2008.

d. Google Maps

Google Maps atau Peta Google adalah layanan pemetaan yang dijalankan oleh google. Layanan ini memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360 derajat, kondisi lalu lintas dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil maupun sepeda. (sumber : wikipedia)

2. Tonton dan Mainkan

a. Youtube Music

Youtube Music merupakan layanan dari Google Streaming Music. Layanan ini dikembangkan oleh youtube untuk aplikasi seluler.

Youtube music menyediakan antarmuka yang disesuaikan untuk layanan yang berorientasi pada streaming music, memungkinkan pengguna untuk menelusuri lagu dan video music youtube berdasarkan genre, daftar putar dan rekomendasi.

b. Chromecast

Chromecast adalah sebuah adapter atau dongle HDMI yang digunakan pada sebuah HDTV. Cromecast dibuat oleh google dengan fungsi untuk melakukan streaming video atau music serta untuk menjelajah internet. Jadi singkatnya adalah untuk membuat TV menjadi Smart TV.

c. Youtube

Youtube adalah sebuah situs web yang berfungsi untuk berbagi video. Youtube memungkinkan pengguna untuk mengunggah, menonton dan berbagi video.

d. Google Play Film dan TV

Google Play Film dan TV merupakan aplikasi on demand yang dioperasikan Google, bagian dari produk Google Play. Layanan ini menawarkan film dan acara televisi untuk pembelian atau penyewaan tergantung ketersediaan.

3. Perangkat dibuat oleh Google

a. Pixel

Pixel adalah sebuah merk perangkat elektronik yang dikembangkan oleh Google serta dijalankan menggunakan Chrome OS atau Sistem Operasi Android. Produk Pixel meliputi, Laptop, Tablet, Telepon Pintar serta beberapa aksesoris

b. Google Nest

Google Nest termasuk ke dalam perangkat smart home, yang memungkinkan kita dapat mengontrol banyak perangkat pintar dari berbagai model. Google Nest menggunakan fitur kecerdasan buatan Google Assistant dengan ciri khasnya “OK Google” untuk menjalankan fungsinya

c. Pixel Slate

Google Pixel Slate adalah tablet chrome OS pertama yang salah satu produk dari Google.

4. Gunakan di mana saja

a. Android Auto

Android auto adalah sebuah layanan aplikasi peranti yang dikembangkan oleh Google untuk membawa fitur-fitur dari sebuah perangkat Android ke Jead Unit atau dashcam sebuah mobil

b. OS Android

Operating System Android adalah sistem operasi berbasis linux yang dirancang untuk perangkat smartphone maupun tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android Inc dengan dukungan Google dan kemudian dibeli pada tahun 2005

c. Chromebook

Dikutip dari support.google.com Chromebook adalah jenis komputer yang dirancang untuk membantu menyelesaikan berbagai aktivitas dengan lebih cepat dan lebih mudah. Chromebook menjalankan Chrome OS, sistem operasi dengan penyimpanan Cloud, memiliki fitur bawaan terbaik dari google serta keamanan yang berlapis

d. Wear OS by Google

Wear OS by Google sebelumnya bernama Android Wear, berfungsi untuk menyinkronkan Smartwartch dan ponsel agar kita dapat memaksimalkan penggunaan smartwatch.

5. Telepon dan SMS

a. Gmail

Gmail adalah layanan surat elektronik atau surel yang dimiliki Google. Gmail sendiri berbentuk Web. Dengan Gmail seseorang dapat saling bertukar surat secara elektronik melalui jaringan internet

b. Pesan

Message atau Pesan merupakan aplikasi resmi google yang berfungsi untuk melakukan pengiriman pesan teks (SMS, MMS) dan melakukan chat (RCS). Kirim pesan ke semua orang dari perangkat seluler atau desktop dengan pesan teks yang andal dan chat yang kaya fitur.

c. Google Duo

Google Duo adalah aplikasi video call baru dan sederhana yang membuat anda dapat bertatap muka dengan semua orang yang anda sayangi. (sumber : duo.google.com)

d. Google Chat

Google Chat merupakan aplikasi yang diproduksi oleh Google Corporation, dimana fungsinya adalah sebagai perantara pengirim dan penerima informasi atau dengan kata lain Google Chat dapat dipergunakan untuk menerima dan mengirim pesan.

6. Tetap Teratur

a. Google Photos

Google Photos adalah aplikasi penyimpanan foto online yang berbasis cloud. Setiap Foto yang anda simpan di smartphone akan secara otomatis dipindahkan ke cloud dan dapat langsung di akses di perangkat lainnya yang terhubung dengan akun anda.

b. Google Contact

Google Contact adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh Google yang dikembangkan untuk smartphone android dengan fungsi untuk memudahkan pengguna dalam mengolah dan mengatur daftar kontak atau nomor telepon.

c. Keep

Google Keep adalah layanan dari Google yang mempunyai fungsi sebagai Buku Catatan. Catatan yang kita masukan bisa berupa teks, daftar, gambar maupun audio.

d. Kalender

Google Kalender adalah aplikasi pengelolaan waktu yang diciptakan dan dikembangkan oleh Google.

7. Bekerja lebih cerdas

a. Dokumen

Google Dokumen adalah layanan yang berfungsi untuk melakukan pengolahan kata berbasis web yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan editing berkas secara online dan dapat berkolaborasi dengan pengguna lain secara real time.

b. Slide

Google Slide adalah aplikasi presentasi online yang dikembangkan google dan aplikasi presentasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan memformat presentasi secara real time dengan pengguna lainnya

c. Drive

Google Drive adalah layanan yang dikembangkan oleh google yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan tempat untuk berbagi file secara online. Google Drive mempunyai kapasitas penyimpanan 15 Gb untuk yang free.

d. Spreadsheet

Google Spreadsheet adalah aplikasi yang dikembangkan Google untuk membuat tabel, melakukan perhitungan sederhana dan untuk melakukan pengolahan data.

8. Kembangkan bisnis

a. Google Ads

Google Ads merupakan program periklanan online Google. Dengan Google Ads, pengguna dapat membuat iklan online untuk dapat dijangkau oleh orang-orang yang tepat dan pada saat mereka tertarik pada produk dan layanan yang pengguna tawarkan

b. AdSense

Adsense adalah suatu program kerjasama periklanan melalui media internet yang dikembangkan oleh Google. Melalui Adsense pemilik situs web, blog maupun youtube yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaanya diperbolehkan memasang unit iklan yang materi dan bentuknya ditentukan oleh google dan nantinya pemilik Website, Blog maupun Youtube akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari google untuk setiap iklan.

c. Profil Bisnis

Merupakan alat yang digunakan oleh bisnis dan organisasi untuk mengelola kehadiran di internet melalui Google, termasuk Penelusuran dan Maps.

d. Analytics

Adalah tools yang memudahkan pemilik website untuk memantau trafik.

9. Produk dan Layanan Lainnya

Disamping Produk dan layanan yang sudah dijelaskan sebelumnya ada juga Produk dan Layanan yang sering kita butuhkan dalam melakukan kegiatan. Diantaranya :

a. Google Formulir

Merupakan layanan yang dikembangkan oleh google yang memungkinkan kita untuk membuat survey, kuisioner, formulir pendaftaran online dan masih banyak kegunaan lainnya

b. Google Earth

Adalah sebuah program Globe Virtual atau Memetakan Bumi dan Isinya secara Virtual.

c. Google Meet

Merupakan aplikasi video conference yang bisa digunakan lewat smartphone maupun web browser

d. Google Classroom

Merupakan platform gratis berbasis website yang dibuat dan dikembangkan untuk mempermudah kegiatan pembelajaran secara daring

e. Google Play Store

Google Play Store merupakan toko resmi khusus aplikasi, games, musik, film dan buku yang dikembangkan oleh google dan merupakan aplikasi yang ada di android.

f. Google One

Google One adalah paket langganan untuk penyimpanan yang diperbesar, yang menyertakan manfaat tambahan untuk membantu pengguna mendapatkan lebih banyak keuntungan

g. Play Game

Google Play Game adalah layanan permainan daring dan SDK yang dioperasikan oleh google untuk sistem android. Google play game juga menyimpan progres dari game yang sudah kita mainkan.

#Penutup

Demikianlah beberapa penjelasan tentang “Produk dan Layanan Google yang Perlu Kita Ketahui”. Semoga artikel ini dapat membantu rekan-rekan.

Sejarah Search Engine Google

0
Sejarah Search Engine Google

Google! siapa yang tidak mengenal Mesin Pencari/ Search Engine terbaik di Dunia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti mengenal nama besar Google. Mbah Google adalah sebutan orang-orang di Indonesia jika ingin menanyakan atau mencari sesuatu di internet. Karna dari itu maimelajah.com akan mencoba membahas mengenai “Sejarah Search Engine Google”.

google.com

#Siapa Pendiri Google?

Google didirikan oleh dua orang hebat yang merupakan Mahasiswa Pascasarjana Doktor di Standford University California, Amerika Serikat yakni Larry Page dan Sergey Brin. Pertemuan Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1995 menjadi cikal bakal berdirinya Mesin Pencari Google. Sebelum bernama Google, mereka awalnya membangun Mesin Pencari bernama BackRub.

Pendiri Google.com

BackRub sendiri merupakan sebuah proyek pertama yang dikerjakan oleh Larry Page dan Sergey Brin dan menggunakan server dari Stanford University. BackRub berasal dari sebuah Algoritma yang membentuk sebuah peringkat berdasarkan banyaknya backlink dari sebuah laman website.

Pada 1997 Mesin Pencari yang mereka buat yang sebelumnya bernama BackRub diganti dengan nama Googol. Googol merupakan istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Nama ini digunakan untuk menjelaskan misi Googol sebagai gudang informasi. Akan tetapi para investor rupanya salah mengeja nama Googol menjadi Google dan terlanjur menuliskannya ke dalam cek. Karena hal tersebut membuat Larry Page dan Sergey Brin akhirnya menggunakan Google sebagai nama Mesin Pencari mereka.

Tanggal 15 September 1997 mereka mendaftarkan Google.com sebagai mesin pencari. Tahun 1998 mereka meluncurkan Buletin Bulanan dengan Nama Google Friends Newsletter. Buletin ini memuat tentang informasi mengenai perusahaan.

Ketika awal berdiri Google mendapatkan suntikan investasi senilai 100 ribu dolar atau setara Rp. 1,3 miliar dari Co-Founder Sun, Andy Bechtolsheim dan keduanya mendapatkan kantor pertama di sebuah garasi milih Susan Wojcicki, yang sekarang menjadi CEO Youtube

Februari 1999 Google tumbuh dengan pesat dan kemudian Larry Page memindahkan kantornya yang semula berada di garasi ke sebuah kantor baru di Palo Alto, California. Berselang 7 bulan kemudian mereka pindah kantor ke Mountain View. Seiring berjalannya waktu pada paruh pertama 1999 popularitas Google melesat. Situasi ini membuat Google membutuhkan pendanaan baru untuk berinvestasi di server maupun sumber daya. Meskipun pada saat itu Google belum memperoleh penghasilan.

Selain sebagai mendiri Google, Larry Page juga pernah mencaji CEO perusahaan di tahun 2011 hingga 2015. Sementara Google masih dipimpin Page pada tahun 2015 untuk melakukan restrukturisasi dengan mendirikan perusahaan induk bernama Alphabet Inc.

Google sindiri mempunyai misi “Mengumpulkan Info Dunia dan membuatnya bisa di akses dan berguna oleh seluruh dunia”. Google juga mempunyai Slogan yang tak resmi yaitu “Don’t be evil”.

#Beberapa Produk dan Layanan Google

Selain Mesin Pencari Google atau Google Search, Google juga mempunyai banyak produk dan layanan yang terkenal di dunia dan banyak masyarakat sampai sekarang masih menggunakannya, antara lain :

  1. Google Search
  2. Android
  3. Youtube
  4. Youtube Music
  5. Blogger
  6. Gmail
  7. Google Drive
  8. Google Translate
  9. Google Map
  10. Google Books
  11. Google Docs
  12. Chrome Browser

Dan masih banyak lagi produk dan layanan dari Google yang nantinya akan maimelajah.com bahas pada kesempatan lainnya

#Penutup

Bagaimana? sudah jelas mengenai Sejarah berdirinya Google?. Mudah-mudahan dengan artikel ini dapat membuat teman-teman jadi mengenal Sejarah Search Engine Google walaupun sedikit.