Kentang Sehat Manfaat dan Olahan

Umumnya umbi – umbian miskin akan kandungan vitamin berbeda dengan kentang, selain kaya karbohidrat juga kaya dengan vitamin C dan mineral esensial. Saat ini masyarakat kita masih tergantung dengan beras dan terigu sebagai sumber kalori. Padahal beragam umbi – umbian juga merupakan  alternative sumber kalori. Citarasa kentang yang netral, serta tekstur yang lunak dan rasa yang empuk sangat memungkinkan diolah menjadi sumber makanan utama atau bahan baku kue dan kudapan. Maka kali ini maimelajah.com akan membahas mengenai Kentang Sehat Manfaat dan Olahan.

Aneka Jenis Kentang Sehat

Kentang mempunyai banyak varietas. Di pasaran dijual aneka jenis kentang, agar tidak salah ayo kita kenali beberapa jenis kentang karena setiap jenisnya mempunyai karakteristik dan fungsi sendiri – sendiri.

a. Russet

Kentang jenis ini berbentuk bulat panjang. Warna kulit kemerahan. Jenis kentang ini lebih cocok digoreng dan dijadikan hidangan panggang.

b. Yellow flesh

Bentuknya bulat, warna kuning muda agak kecoklatan, cocok diolah menjadi pure kentang dan kentang panggang.

c. Tolangi

Warna kulit dan daging kentang berwarna ungu. Cocok direbus, diolah menjadi salad dan dimasak menggunakan mikrowave.

d. Round white

Bentuknya bulat, warna kulit kuning dan daging berwarna keputihan. Cocok direbus

e. Kentang ceri (kentang rendang)

Warna kulit kuning kecoklatan, bentuknya bulat dan ukurannya kecil. Cocok diolah menjadi rendang kentang, dibuat kentang ongklok atau isi sup

Kandungan Nutrisi Kentang Sehat

Selain sumber kalori di dalam kentang juga kaya akan vitamin, mineral, protein, dan lemak. Kentang merupakan satu – satunya umbi yang kaya akan kandungan vitamin C. Setiap 100 gram kentang kadar kandungan vitamin C mencapai mencapai 31 mg. Sedangkan kecukupan harian tubuh akan vitamin C sekitar 60 mg/hari. Artinya dengan mengkonsumsi 200 gram kentang maka kebutuhan harian akan vitamin C sudah terpenuhi. Kentang juga kaya akan karbohidrat sangat cocok menjadi sumber kalori pengganti nasi yang relatif leih murah. Setiap 100 gr kentang mengandung 80 kkal, dan 19,1 gr karbohidrat. Nutrisi lain yang tidak kalah penting adalah protein 2 gr, lemak 0,1, kalsium 1,1 mg, kalsium 2,6 mg, besi 1,1 mg dan fosfor 56 mg.

Kentang merupakan bahan pangan yang memiliki tekstur keras, perlu diolah dengan baik agar menjadi hidangan yang menggugah selera. Mengolah kentang bisa dilakukan dengan cara menggoreng, direbus, dikukus,maupun dipanggang di dalam oven. Jangan mengolah kentang terlalu lama karena akan merusak nilai gizi terutama kandungan vitamin dan mineral esensial yang tidak tahan pada suhu tinggi. Namun menurut penelitian mengolah kentang dengan cara menggoreng masih mempertahankan kandungan vitamin C hingga 84,6 persen. Artinya kadar vitamin C pada kentang goreng masih cukup tinggi, sehingga masih bisa diandalkan sebagai sumber vitamin C yang penting bagi tubuh. Selain dimasak dalam bentuk utuh, kentang juga bisa dibuat menjadi tepung. Caranya dengan mengupas kulit kentang, selanjutnya diiris tipis dan dijemur hingga kering. Proses selanjutnya tinggal digiling dan diayak sehingga menghasilkan tepung yang lembut. Dengan diolah menjadi tepung kentang dapat mudah diaplikasikan dalam berbagai hidangan seperti cake, bolu, bronis, kue kering dll.

Mengandung Racun

Memilih kentang sebaiknya yang baru, biasanya ditandai dengan kentang yang terlihat segar, kulit berwarna kuning bersih, tidak ada tunas, tidak berwarna kehijauan dan tidak ada luka pada permukaan kulit kentang. Kentang yang terlalu lama disimpan dan terkena sinar matahari langsung biasanya akan merubah warna kulit kentang menjadi kehijauan. Warna hijau ini merupakan indikasi adanya zat bernama glikoalkaloid, zat ini bersifat racun. Kadar glikoalkaloid dalam kentang yang aman bagi tubuh adalah 20 mg/100 gr kentang. Gejala keracunan glikoalkaloid ditandai dengan adanya gangguan pencernaan, seperti rasa mual, muntah, diare, lemah, depresi dan kadang dibarengi dengan pingsan. Gejala ini akan muncul 8 – 12 jam setelah mengkonsumsi kentang beracun. Pencegahan keracunan zat ini dapat dilakukan dengan tidak mengkonsumsi kentang yang sudah berwarna kehijauan. Atau dengan mengupas kulit kentang agak tebal hingga tidak ada lagi bagian kulit kentang yang kehijauan.

Tips Menyimpan Kentang Sehat

Seperti buah apel, kentang akan berubah warna menjadi kecoklatan ketika dibiarkan di udara bebas. Hal ini disebabkan karena adanya aktivitas enzim perioksidase dan katalase di dalam kentang yang bereaksi dengan oksigen. Proses reaksi ini namanya browning enzimatic. Untuk menginaktifkan enzim perioksidase dan katalase bisa dilakukan dengan beragam cara, yaitu :

  • Dilakukan blanching. Caranya dengan merebus kentang selama 1 menit di dalam air mendidih. Lalu rendam di dalam air dingin. Selanjutnya tinggal dikupas. Dengan blanching maka proses browning dapat dicegah.
  • Merendam potongan kentang menggunakan larutan natrium bisulfit dengan dosis 1 gr/ 1 liter air. Rendam potongan kentang selama 1 jam dan bilas dengan air bersih. Cara ini sangat efektif untuk mencegah reaksi browning pada kentang.
  • Merendam dengan larutan garam dapur dan air kapur sirih. Campur 2 sendok makan garam halus dan 1 sendok makan air kapur sirih. Larutkan di dalam 1 liter air. Rendam potongan kentang selama 1 jam. Bilas dan tiriskan, cara ini lebih murah dan menghasilkan kentang lebih gurih selain untuk mencegah reaksi browning.
  • Kentang mentah sebaiknya disimpan dalam suhu ruangan yang sejuk, kering dan tidak terkena sinar matahari langsung. Jangan menyimpan kentang mentah di dalam kulkas karena akan menyebabkan kentang bertunas.
  • Untuk kentang yang telah dikupas, lakukan proses blanching terlebih dahulu. Setelah dingin disimpan dalam di dalam wadah tertutup rapat dan simpan di dalam kulkas. Menyimpan kentang kupas di dalam kulkas akan memperpanjang daya simpan hingga 7 hari
  • Menyimpan kentang kupas yang telah diblanch bisa diletakkan di dalam freezer. Menyimpan kentang kupas di dalam frezeer akan memperpanjang daya simpan hingga 2 – 6 bulan.
  • Jika hanya mengolah sedikit kentang untuk keperluan sekali masak. Cukup rendam potongan kentang di dalam air dan kentang tidak akan berubah warna.
  • Kentang mentah yang disimpan lama, apalagi jika kentang terkena sinar matahari langsung bisa merubah warna kulit kentang menjadi kehijauan. Jangan mengolah kentang yang sudah berubah menjadi kehijauan karena kentang ini terkadang sudah mengandung racun yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Resep Olahan Kentang Sehat

1. Cake Kentang Pandan 

Bahan-bahan dan bumbu-bumbu dalam resep kue Cake Kentang Pandan diatas adalah sebagai berikut :

  • 250 gram margarin
  • 75 gram gula pasir halus
  • 100 gram kentang kukus, dihaluskan 5 kuning telur
  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sendok makan baking powder
  • 50 gram maizena dan 50 ml susu cair hangat, dilarutkan 25 ml air daun suji, dari 25 lembar daun suji dan 3 lembar daun pandan 10 tetes pasta pandan
  • 5 putih telur
  • 1/2 sendok teh garam
  • 75 gram gula pasir

Bahan Isi:

  • 75 gram kentang kukus, dihaluskan 125 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 40 gram gula pasir
  • 1/8 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan, diikat 50 gram krim bubuk dan 75 ml susu cair dingin, dikocok hingga mengembang

Bahan Hiasan :

  • 25 gram cokelat masak pekat, dilelehkan 25 gram kenari, diiris panjang

Cara membuat :

Kocok margarin dan gula pasir halus sampai lembut. Masukkan kentang. Kocok rata. Tambahkan kuning telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata. Masukkan sisa tepung terigu dan baking powder bergantian dengan larutan maizena, air daun suji, dan pasta pandan sambil diayak dan dikocok rata. Sisihkan.

Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang. Tuang sedikit-sedikit ke campuran margarin sambil diaduk perlahan. Tuang adonan ke dalam  loyang 24x10x7 cm cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Oven dengan api bawah suhu 180 derajat Celsius 45 menit sampai matang. Belah 3 bagian cake. Isi, campur kentang kukus, santan, gula pasir, garam, dan daun pandan. Masak sambil diaduk hingga kalis. Dinginkan. Masukkan kocokkan krim ke dalam campuran kentang sambil dikocok perlahan. Ambil selembar cake. Oleskan isi. Tutup dengan cake. Lakukan hingga lapisan cake terakhir. Hias dengan sisa isi, cokelat, dan kenari. Untuk 12 potong

2. Roti Pizza Kentang

Bahan-bahan dan bumbu-bumbu dalam resep kue Roti Pizza Kentang diatas adalah sebagai berikut :

  • 350 gram tepung terigu protein tinggi
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 200 gram kentang kukus, haluskan (dari 220 gram kentang mentah) 1 bungkus ragi instan
  • 75 gram gula pasir
  • 2 sendok teh oregano
  • 1 butir telur
  • 150 ml susu cair
  • 50 gram margarin
  • 1/2 sendok teh garam
  • 50 gram keju parut

Bahan Topping :

  • 3 1/2 sendok makan saus tomat
  • 1/4 buah paprika merah , potong kotak
  • Pizza seringkali menjadi kering dan keras setelah dingin. Dengan tambahan kentang, kulit pizza bisa bertahan lebih lama kelembutannya. Panaskan kembali roti pizza kentang menjelang disajikan agar kejunya kembali elastis.

Cara membuat Roti Pizza Kentang, resep kue :

  • Campur rata tepung terigu, kentang, ragi, gula, dan oregano. Tambahkan telur dan susu sedikit – sedikit sambil diuleni sampai kalis. Masukkan margarin, garam, dan keju parut. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit. Kempiskan adonan. Giling setebal 1 cm. Letakkan di 2 buah loyang 26 x 26 x 4 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Tusuk-tusuk dengan garpu. Diamkan 30 menit. Oven 20 menit dengan suhu 190 derajat Celsius. Oles saus tomat. Tabur topping. Oven 10 menit sampai keju meleleh. Potong-potong dan sajikan. Untuk 36 potong

Penutup

Demikian artikel kami yang berjudul Kentang Sehat Manfaat dan Olahan, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Terima Kasih

Dexta

Salah satu Perawat di RSU yang ada di Bali dan Hobby suka Menulis

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: